Es Lontrong, Minuman Legendaris Yang Menyegarkan Dari Slawi

Kalau kawan-kawan sedang mencari minuman yang cocok untuk pelepas dahaga, baik itu karena terik matahari, ataupun untuk menu berbuka puasa, Es Lontrong ini lah salah satu yang harus dipertimbangkan.

Es Lontrong ini adalah minuman legendaris dari Slawi, di Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Umumnya es lontrong ini terdiri dari cincau hitam dan bubur kacang hijau, lalu di atasnya diberi tambahan es serut hingga penuh. Dan terakhir sebagai pemanisnya, minuman asli Slawi ini disiram kuah santan dan sirup pandan berwarna merah menggoda. Bisa juga ditambahkan irisan roti tawar didalamnya. Biar lebih membuat kenyang.

Hmmmmmm, ketika sampai di mulut dan masuk ke tenggorokan, pastinya dingin, segar, gurih dan manis yang dirasakan. Karenanya banyak warga Slawi yang menjadikan es Lontrong ini sebagai salah satu menu untuk berbuka ataupun minuman ketika cuaca sedang panas.

Lalu kenapa namanya es lontrong? Nama ini konon berasal dari tempat dijualnya es tersebut, yaitu di dalam lontrong. Lontrong sendiri dalam bahasa Indonesia artinya adalah Gang. Jadi maksud arti es Lontrong adalah es yang dijual di dalam gang.

Resep Es Lontrong Khas Slawi Yang Menyegarkan


Konon penjual es slontrong kuliner khas Slawi ini hanya bisa dijumpai di Slawi dan sangat jarang bisa ditemui di luar Slawi. Bagi kawan-kawan asli Slawi yang lagi merantau atau kawan-kawan di luar Slawi yang kangen dan penasaran dengan rasa dari Es Lontrong, baik untuk menu berbuka puasa ataupun untuk diminum bersama keluarga bisa mencoba membuat sendiri di rumah dengan resep di bawah ini.

Bahan-Bahan Untuk Es Lontrong Khas Slawi


Berikut adalah bahan-bahan untuk membuat es slontrong sendiri di rumah untuk sekitar 4 porsi:

  • 200 gr kacang hijau.
  • 100 gr Cincau Hitam, sudah dibersihkan dan dipotong dadu.
  • 2 lembar Roti Tawar, potong dadu.
  • 10 ml  Sirup Merah Cocopandan.
  • 2sdm Gula Merah.
  • Es Batu secukupnya, hancurkan
  • Kuah santan, dengan bahan-bahan:
    • 200 ml Air Matang
    • 100 ml Santan Instan
    • 1 lembar Daun Pandan
    • 1/4 sdt Garam Halus
    • 1 batang Kayu Manis

Cara Membuat Es Lontrong Khas Slawi


  1. Buat bubur kacang hijau. Rebus kacang hijau dengan air sampai empuk. Tambahkan garam dan gula merah. Diamkan sampai gula larut dan airnya menyusut habis.
  2. Untuk membuat kuah santannya rebus semua bahan hingga berbuih, angkat dan dinginkan.
  3. Masukkan bubur kacang hijau, cincau hitam, roti tawar yang telah dipotong kedalam gelas saji. Kemudian tambahkan es batu, lalu siram dengan santan dan sirup cocopandan di atasnya.

Itulah tadi bahan-bahan dan cara membuat es Lontrong khas Slawi, yang sangat cocok untuk menu berbuka puasa, karena rasanya yang manis, gurih dan juga menyegarkan. Selain itu dengan adanya isian es Lontrong yang berupa bubur kacang hijau, cincau hitam dan juga roti tawar, tentunya akan membantu mengatasai rasa lapar setelah 1 hari berpuasa di bulan Ramadhan ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url