Es Selendang Mayang, Minuman Khas Betawi Yang Segar Dan Menunda Lapar

Sebentar lagi umat muslim akan segera menyambut kedatangan bulan Ramadhan 2022 atau bertepatan dengan tahun 1443 H. Lalu apa sih salah satu kegiatan yang menarik dan tentunya juga berpahala? 

Waktu berbuka puasa adalah sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh kawan-kawan yang telah seharian berpuasa. Umumnya waktu berbuka puasa kawan-kawan pasti menginginkan minum yang manis dan juga menyegarkan.

Es Selendang Mayang Minuman Yang Segar, Gurih, Manis dan Dapat Menunda Rasa Lapar


Salah satu minuman yang cocok untuk berbuka puasa adalah Es Selendang Mayang. Minuman tradisional khas Betawi ini mempunyai cita rasa yang segar, gurih, manis dan juga mengenyangkan. Dengan ciri khas tersebut, tentunya Es Selendang Mayang tersebut sangat cocok untuk menu berbuka puasa.

Kenapa dinamakan selendang mayang? Menurut beberapa literatur disebutkan bahwa kata selendang karena isi minuman segar ini berupa kue kenyal yang berwarna-warni seperti warna selendang. Sedangkan nama mayang merujuk pada arti manis dan kenyal.

Minuman yang segar sehingga cocok untuk berbuka puasa ini memadukan kue selendang mayang yang kenyal dan berwarna-warni yang terbuat dari tepung hunkwe yang disiram dengan kuah santan yang direbus dengan daun pandan dan gula merah. Dengan adanya isian es selendang mayang yang terbuat dari hunkwe tersebut tentunya juga bisa mengurangi rasa lapar, dan ini sangat cocok sebagai menu buka puasa bulan Ramadhan kali ini.


Resep dan Bahan Bahan Untuk Membuat Es Selendang Mayang Khas Betawi


Jika kawan-kawan belum pernah membuat es selendang mayang minuman khas betawi tersebut, silahkan menyimak catatan mengenai bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat ea selendang mayang dan juga cara mudah untuk membuat es selendang mayang.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Es Selendang Mayang


Resep untuk membuat Es Selendang Mayang berikut ini adalah untuk 4 porsi. Jika Kawan-kawan ingin membuat es selendang mayang dengan porsi yang lebih banyak dapat menyesuaikannya.

Bahan-Bahan Untuk Isian Selendang Mayang


  • 100 gr tepung sagu tani
  • 100 gr tepung hunkwe
  • 1 liter air
  • 4 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt garam
  • Daun pandan 3 lembar
  • Pewarna makanan warna merah dan hijau secukupnya
  • Es batu secukupnya 

Bahan-Bahan Untuk Kuah Gula Merah


  • 200 ml air
  • 200 gr gula merah
  • Daun pandan 1 lembar

Bahan-bahan Untuk Kuah Santan


  • 500 ml santan
  • 1 sdt garam
  • Daun pandan 1 lembar

Cara Membuat Es Selendang Mayang Yang Menyegarkan


Untuk membuat es selendang mayang ini diperlukan waktu kurang lebih 60 menit.

  1. Siapkan loyang dan jangan lupa permukaannya dilapisi dengan plastik. Kemudian sisihkan.
  2. Campur bahan-bahan untuk membuat selendang mayang, kecuali es batu dan juga pewarna makanan dan kemudian aduk sampai rata. Bagi adonan yang sudah tercampur rata tersebut menjadi 3 bagian lalu satu bagian diberi pewarna hijau, satu bagian diberi pewarna merah, dan satu bagiannya tanpa pewarna sehingga tetap berwarna putih.
  3. Masak adonan selendang mayang yang bewarna merah dengan api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup dan adonan terlihat jadi bening. Tuang ke dalam loyang. Kemudian dengan cara yang sama masak adonan berwarna putih sampai matang dan adonan terlihat jadi bening. Tuang ke dalam loyang di atas adonan merah. Untuk adonan warna hijau masak juga dengan cara yang sama, kemudian tuang ke dalam loyang di atas adonan putih. Sisihkan dan biarkan mengeras.
  4. Untuk membuat kuah gula merahnya, campur semua bahan kuah gula merah dan kemudian masak hingga mendidih dan gula larut. Angkat dan sisihkan.
  5. Untuk membuat kuah santannya, campur semua bahan kuah santan, kemudian masak hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk. Angkat dan sisihkan.
  6. Untuk cara penyajiannya, keluarkan selendang mayang dari loyang, kemudian potong-potong kotak selendang mayang dengan pisau tajam sesuai selera. Kemudian tata potongan selendang mayang di dalam mangkuk. Terakhir siram dengan kuah gula merah, santan dan jangan lupa es batu.

Itulah tadi catatan tentang es selendang mayang khas Jakarta dan juga bahan-bahan serta cara membuat es selendang mayang. Es selendang mayang minuman tradisional khas dari Ibuk Kota yang gurih, manis dan menyegarkan siap dinikmati untuk berbuka puasa bersama keluarga tercinta.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url