Resep Es Pleret, Kuliner Legendaris Dari Blitar

Jika sedang berjalan jalan ke Blitar jangan lupa untuk menikmati kuliner legendarisnya, yaitu es pleret. Tentu bagi sebagian orang, nama kuliner ini masih terdengar asing.

Kota Blitar terkenal berkat keberadaan beberapa destinasi wisata sejarahnya, seperti Makam Bung Karno, Istana Gebang dan juga Candi Penataran. Selain itu juga banyak wisata alamnya, terutama pantai, karena secara geografis Blitar berbatasan langsung dengan pantai selatan. Di samping itu, kota ini juga menghadirkan ragam makanan bagi pecinta kuliner.

Selain pecel, kuliner khas Blitar adalah es pleret. Tidak sedikit yang mengaku ketagihan setelah mencoba menikmati es lagendaris dari Blitar ini.

Apa Itu Es Pleret?

Es Pleret merupakan salah satu kuliner legendaris dari Blitar yang telah ada sejak dulu. Es pleret memiliki cita rasa manis dari gula Jawa, lalu ditambah gurihnya santan membuat rasa es ini benar-benar nikmat. Apalagi ditambah dengan potongan es batu sangat cocok untuk menemani siang anda ketika berkunjung di Kota Blitar.

Minuman ini biasanya disajikan dengan pleret yang terbuat dari tepung beras, lalu ditambah serabi, dawet, cendol, mutiara, atau janggelan.

Selain rasanya yang segar, bentuk dan tampilannya unik dari Es Pleret ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmat kuliner khas Blitar.

Memiliki nama yang unik, sebutan pleret konon berasal dari Bahasa Jawa yaitu ‘dipleret’, yang menggambarkan proses pembuatan olahan ini. Pleret dibentuk menyerupai bulatan bakso namun tidak diberi isian alias kopong.

Dalam versi lainnya, konon kata pleret ini diambil dari nama sesepuh masyarakat blitar yang bernama Kyai Pleret. Namun tidak ada yang tahu siapa penemu es pleret ini untuk pertama kali. Harga dari es pleret ini juga sangat terjangkau dan dapat mudah ditemukan di kota blitar.

Resep dan Cara Membuat Es Pleret

Es Pleret ini dapat dengan mudah Anda temui di sejumlah titik seperti Alun-alun Kota Blitar, wilayah Kebonrojo dan beberapa tempat lainnya di Blitar Raya. Tetapi jika tidak sempat atau sulit untuk mencarinya, tidak salah jika anda mencoba membuat es pleret sendiri di rumah.

Berikut adalah bahan bahan dan cara membuat es pleret sendiri di rumah.

Bahan-bahan Es Pleret untuk 3 porsi

Bahan untuk pleretnya

  • 175 ml air putih didihkan
  • 1/4 sdt Garam
  • 1 1/2 sdm tepung kanji
  • 175 grm tepung beras


Bahan untuk kuah pleretnya:

  • 25 grm gula pasir
  • Garam secukupnya
  • 100 gram Gula merah
  • 1 lembar daun pandan
  • 250 ml santan (bisa juga menggunakan santan instant 1 bungkus kemasan 250 ml)
  • Es batu (bila suka yang dingin dingin)

Cara memasak es pleret khas Blitar

  • Pertama tama campur tepung beras dengan garam, kemudian tuangkan air mendidih sembari adonan diaduk aduk supaya rata.
  • Kemudian uleni tepung beras taburkan tepung kanji di atasnya sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket di tangan.
  • Setelah itu bentuk adonan sebesar kelereng dengan cara "dipleret" (seperti membuat bulatan bakso), lalu silakan ditekan setiap bulatan dengan ibu jari hingga adonan menjadi pipih dan cekung di bagian tengahnya.
  • Rebus adonan hingga matang dan mengapung (tandanya sudah matang).Lalu angkat sisihkan

Cara Membuat Kuah Pleret : pertama tama masak santan lalu masukan daun pandan garam gula merah dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut jaga jangan sampai santannya pecah ya Kemudian setelah mendidih baru baru diangkat.

Untuk penyajian masukan pleret kedalam mangkok, tambahkan kuah santan pleret. Tambahkan es batu sesuai selera. Anda dapat juga menambahkan mutiara, dawet, atau cendol sesuai selera. Bagi yang kurang suka manis, porsi gulanya bisa dikurangi.

Selamat menikmati segar dan gurihnya es pleret, kuliner legendaris dari Blitar.

Next Post Previous Post
1 Comments
  • Unknown
    Unknown 7 Februari 2021 pukul 05.24

    Keliatannya seger.. Ntar mau nyoba buat ah....

Add Comment
comment url