Cara Bayar Pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 Melalui Bank BTN

Setelah mendapat kode pembayaran UTBK SBMPTN dari portal LTMPT, kawan-kawan dapat melakukan pembayaran melalui berbagai channel Bank BTN, seperti melalui ATM BTN, dan Internet Banking Bank BTN.

Untuk pendaftaran di portal LTMPT, bagi kawan-kawan yang ikut jalur UTBK SNMPTN 2022, saat ini belum tersedia menu pendaftaran UTBK SBMPTN 2022, dan baru diperbolehkan melakukan pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 setelah pengumuman hasil seleksi jalur SNMPTN 2022 jika tidak lolos jalur SNMPTN.

Sementara bagi kawan-kawan peserta yang sudah dinyatakan lulus di jalur SNMPTN maka akunnya akan dikunci sehingga tidak bisa  mendaftar ke SBMPTN. Jika tidak lulus jalur SNMPTN maka Kawan-kawan dapat melakukan pendaftaran mulai 29 Maret 2022 pukul 15:01:00 WIB.

Jadwal UTBK SBMPTN Tahun 2022


Berdasarkan info yang didapat dari portal LTMPT, disebutkan bahwa jadwal pelaksanaan UTBK SBMPTN 2022 adalah sebagai berikut:
  1. Registrasi Akun LTMPT : 14 Februari – 17 Maret 2022
  2. Sosialisasi UTBK-SBMPTN : 01 Desember 2021 - 15 April 2022
  3. Pendaftaran UTBK-SBMPTN : 23 Maret - 15 April 2022
  4. Pelaksanaan UTBK Gelombang I : 17 - 23 Mei 2022
  5. Pelaksanaan UTBK Gelombang II : 28 Mei - 03 Juni 2022
  6. Pengumuman Hasil SBMPTN : 23 Juni 2022
  7. Masa Unduh Sertifikat UTBK : 25 Juni - 31 Juli 2022

Seluruh kegiatan pada hari yang sudah ditentukan diakhiri pada pukul 15.00 WIB.

Cara Bayar UTBK SBMPTN 2022 Melalui Bank BTN


Bank BTN merupakan salah satu mitra yang melayani pembayaran pendaftaran UTBK SBMPTN 2022. Selain bank BTN ada juga bank BRI, bank Mandiri dan bank BNI.

Untuk pembayaran melalui bank BTN tersedia berbagai channel dari bank BTN, yaitu ATM bank BTN, Mobile Banking BTN, dan Internet Banking BTN. Khusus untuk wilayah Provinsi DI Aceh dimana hanya terdapat Kantor Cabang Syariah BTN, kawan-kawan dapat melakukan pembayaran melalui Teller di seluruh loket Bank BTN Syariah Ex-Konvensional di wilayah Banda Aceh.

1. Cara Bayar UTBK SBMPTN 2022 Melalui ATM Bank BTN


Bagi kawan-kawan yang sudah mendapatkan slip pembayaran dari portal LTMPT dapat segera melakukan pembayaran melalui ATM BTN terdekat. Karena dalam waktu 2x24 jam, kode pembayaran akan hangus jika tidak dilakukan pembayaran. 

Berikut adalah cara bayar pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 melalui ATM bank BTN: 

  1. Masukkan kartu ATM ke mesin ATM bank BTN.
  2. Masukkan PIN ATM bank BTN.
  3. Pilih menu 'TRANSAKSI LAINNYA'. 
  4. Pada menu TRANSAKSI LAINNYA, pilih menu 'PEMBAYARAN'.
  5. Pada menu PEMBAYARAN, pilih menu 'MULTIPAYMENT'.
  6. Pada menu MULTIPAYMENT, pilih menu 'MULTIBILLER'.
  7. Pada menu MULTIBILLER, masukkan Kode Biller  UTBK 2020 : 00001. Pilih tombol 'Benar'
  8. Masukkan Kode Bayar ditambah NISN(18 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran biaya UTBK yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran di portal LTMPT. Pilih tombol 'Benar'.
  9. Akan ditampilkan Konfirmasi Pembayaran di layar ATM. Cek kembali detail pembayaran (NAMA, KODE BAYAR, NISN dan NOMINAL).Bila sudah sesuai, pilih tombol 'YA'. 
  10. Tunggu sebentar sampai mesin ATM mengeluarkan struk bukti pembayaran UTBK SBMPTN.
  11. Simpan struk bukti pembayaran.

2. Cara Bayar UTBK SBMPTN 2022 Melalui Mobile Banking Bank BTN


Cara selanjutnya untuk bayar pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 di bank BTN adalah melalui aplikasi BTN Mobile (Mobile Banking Bank BTN). Pastikan kawan-kawan sudah install dan terdaftar di aplikasi BTN Mobile, sehingga dapat melakukan transaksi finansial.

Berikut adalah cara bayar pendaftaran UTBK SBMPTN 2022 menggunakan BTN Mobile:

  1. Buka dan Login di aplikasi BTN Mobile.
  2. Pada halaman awal, pilih menu 'Pembayaran'. 
  3. Kemudian pilih menu 'Multibiller'.
  4. Pada halaman multibiller pilih rekening sumber, kemudian pada biller tujuan pilih 'UTBK-LTMPT' kemudian masukkan kode bayar ditambah NISN (total 18 digit angka) pada kolom 'IDPEL/Kode Bayar'. Kemudian klik/tekan 'KIRIM'. 
  5. Muncul halaman konfirmasi berupa Kode Bayar, NISN, Nama, Tanggal Lahir dan Nominal Pembayaran. Apabila telah sesuai, masukkan PIN BTN Mobile  dan dilanjutkan dengan pilih 'KIRIM'.
  6. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan bahwa Transaksi telah sukses. Bukti transaksi ini dapat disimpan / di-download.

3. Cara Bayar UTBK SBMPTN 2022 Melalui Internet Banking Bank BTN


Cara berikutnya untuk bayar UTBK SBMPTN 2022 di bank BTN adalah menggunakan Internet Banking Bank BTN dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka Web BTN Internet Banking melalui browser.
  2. Login di Internet Banking bank BTN dengan memasukan User ID dan Password. 
  3. Pilih menu 'Transfer & Pembayaran', dengan sub menu 'Pembayaran'. 
  4. Pada Kategori Institusi pilih 'Multi Biller'. 
  5. Pada Institusi pilih '00001-UTBK', kemudian isi Nama dan IDPEL/No.MHS. ID PEL/No MHS adalah 8 digit Kode Bayar ditambah 10 digit NISN (total 18 digit angka) yang tercetak pada slip pembayaran pendaftaran UTBK SBMPTN yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran di portal LTMPT.
  6. Akan ditampilkan data-data untuk dikonfirmasi. Pastikan kembali data yang tampil sudah sesuai dengan yang input pada laman pendaftaran UTBK LTMPT. Jika sudah sesuai, pilih 'Konfirmasi'. 
  7. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan bahwa transaksi berhasil dan akan ditampilkan e-Struk bukti transaksi. Selain itu kawan-kawan juha akan menerima notifikasi email bahwa transaksi pada internet banking telah berhasil.

4. Cara Bayar UTBK SBMPTN 2022 Melalui Teller Bank BTN


Pembayaran melalui Teller di loket Bank BTN ini adalah khusus untuk kawan-kawan yang berada di Provinsi DI Aceh dimana hanya terdapat Kantor Cabang Syariah BTN.

Calon peserta UTBK SBMPTN 2022 dapat membayar biaya UTBK SBMPTN 2022 melalui counter teller di seluruh loket Bank BTN Syariah Ex-Konvensional di wilayah Banda Aceh dengan menyerahkan slip pembayaran biaya UTBK 2022 (berisi Kode Bayar dan NISN) yang diperoleh setelah melakukan pendaftaran Portal LTMPT.

Setelah melakukan pembayaran, bukti cetak pembayaran yang diserahkan petugas teller dapat disimpan sebagai bukti pembayaran biaya UTBK. Daftar Outlet BTN Syariah Ex-Konvensional yang dapat melayani pembayaran UTBK LTMPT 2022 adalah Banda Aceh; Unsyiah; Lhokseumawe; Langsa dan Meulaboh

Itulah tadi cara bayar biaya UTBK SBMPTN 2022 di bank BTN yang dapat dilakukan melalui ATM bank BTN, BTN Mobile, Internet Banking Bank BTN dan juga Teller Bank BTN khusus untuk wilayah Daerah Istimewa Aceh. Semoga bermanfaat, dan kawan-kawan diterima di Perguruan Tinggi Negeri idaman.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url