Cara Mengatasi E22: Smart Card Is Out Of Date Pada Nex Parabola

Kalau tayangan televisi menggunakan receiver Nex Parabola milik kawan-kawan mynotes.my.id tiba-tiba gelap dan muncul kode error E22: Smart card is out of date jangan panik. Karena kali ini akan dibahas cara mengatasi E22: Smart card is out of date pada Nex Parabola.

Jika sudah muncul keterangan E22: Smart card is out of date, dapat dipastikan tayangan pada channel yang muncul pesan tersebut di receiver Nex Parabola umumnya akan gelap dan tidak akan muncul tayangannya. Tentunya hal ini sangat mengganggu dan membuat tidak nyaman. 

Terus kenapa bisa muncul keterangan E22: Smart card is out of date pada receiver Nex Parabola dan juga bagaimana cara mengatasinya?

Penyebab Dan Cara Mengatasi E22: Smart card is out of date


Smart card is out of date kalo diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih artinya adalah Kartu pintar (Smart Card) kedaluwarsa. Pesan ini dapat muncul pada receiver Nex Parabola biasanya karena STB/ receiver Nex Parabola belum diaktivasi. Selain itu, kode error tersebut dapat muncul jika paket berlangganan Nex Parabola telah habis.

Untuk mengatasi kode error E22 pada Nex Parabola, Sebelum melakukan solusi sesuai urutan dibawah, sebaiknya, Kawan-kawan melakukan refresh receiver Nex Parabola dengan cara seperti Solusi nomor 3 di bawah.

Berikut adalah penyebab dan juga cara mengatasi kode error E22: Smart card is out of date pada receiver Nex Parabola:

1. Receiver Nex Parabola Belum Diaktivasi


Pesan E22: Smart card is out of date akan muncul jika STB/ receiver/ Decoder Nex Parabola kawan-kawan mynotes.my.id belum diaktivasi. Jadi kalo baru beli dan sudah terpasang dengan baik mulai parabola, receiver, kabel dan juga perangkat pendukung lainnya, kawan-kawan mynotes.my.id harus segera melakukan aktivasi receiver Nex Parabolanya. 

Sebelum aktivasi, pastikan receiver telah dapat dinyalakan, mendapatkan sinyal yang cukup dan sudah ada notifikasi belum berlangganan pada channel. Untuk aktivasi receiver Nex Parabola kawan-kawan dapat melakukan sendiri melalui SMS Nex Parabola, WhatsApp Nex Parabola, website Nex Parabola ataupun melalui aplikasi Nex Parabola.

2. Paket Berlangganan Sudah Habis


Jika Pesan E22: Smart card is out of date muncul setelah sebelumnya sudah pernah menyaksikan tayangan Nex Parabola, maka hal tersebut disebabkan oleh paket berlangganan yang telah kadaluarsa atau habis. 

Karena Nex Parabola ini adalah termasuk televisi berbayar, maka tentu kawan-kawan mynotes.my.id harus membeli paket berlangganan untuk menikmati berbagai channel premiumnya. Bahkan sekarang MNC grup (RCTI, GTV, MNCTV dan INews) akan gelap jika tidak membeli salah satu paket dari Nex Parabola.

Jika kawan-kawan belum membeli paket berlangganan atau paket berlangganan telah habis dan muncul keterangan E22: Smart card is out of date pada beberapa channel premium termasuk MNC group, maka kawan-kawan harus segera membeli paket berlangganan Nex Parabola bisa melalui WhatsApp, aplikasi Nex Parabola dan metode lainnya.

3. Terus bagaimana jika sudah aktivasi receiver Nex Parabola dan juga sudah beli paket berlangganan Nex Parabola tetapi masih muncul keterangan E22: Smart card is out of date?


Jika mengalami hal tersebut, kawan-kawan bisa  melakukan refresh Nex Parabola yang dapat dilakukan melalui web Nex Parabola, WhatsApp Nex Parabola di 0811 1683 283 dan juga bisa melalui Aplikasi Nex Parabola. Jangan lupa untuk menyiapkan nomor SMC ID Nex Parabola.

Jika setelah refresh masih muncul keterangan E22: Smart card is out of date Kawan-kawan dapat menghubungi call center Nex Parabola di nomor (021) 8063 7388.

Macam-Macam Error Yang Biasa Muncul Pada Receiver Nex Parabola


Pada gambar diatas dapat dilihat kode error yang biasanya muncul pada receiver Nex Parabola, yaitu:

  • E22: Smart card is out of date. Penyebabnya SMC ID kadaluarsa (paket berlangganan sudah habis) atau receiver belum diaktivasi. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan aktivasi agar dapat menikmati siaran dari Nex Parabola atau Kawan-kawan diharuskan membeli paket berlangganan untuk dapat menikmati tayangan dari channel pilihan kembali.
  • E30: STB and Smart Card are not Paired. Hal ini disebabkan STB/ receiver dan SMC ID tidak dipasangkan. Cara mengatasinya yaitu dengan menghubungi call center Nex Parabola untuk dibantu pairing ulang dengan menyebutkan nomor SMC ID receiver Nex Parabola.
  • E31: Configuration Error. Hal ini disebabkan penerima data enkripsi kurang baik. Cara mengatasinya perbaiki signal agar stabil dan semaksimal mungkin.
  • E40: STBID Error. Hal ini disebabkan STBID salah (FFFFFFFFFFFFFFFF). Cara mengatasinya yaitu dengan menghubungi call center Nex Parabola untuk dibantu pairing ulang dengan menyebutkan nomor SMC ID receiver Nex Parabola.

Itulah tadi penyebab munculnya pesan E22: Smart card is out of date pada Nex Parabola dan juga cara mengatasinya. Selain itu juga berbagai error yang kadang-kadang muncul pada Nex Parabola dan juga cara mengatasinya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url