Kapal Selam Diesel Pertama Beroperasi Bertepatan Hari Valentine


Seperti kita ketahui bahwa kapal selam pertama, dibuat oleh Cornelis Drebbel, seorang warga Belanda, pada tahun 1620. Hal ini terinspirasi oleh Kapal selam pertama yang dikembangkan oleh penemu Inggris bernama William Bourne pada 1578. Walaupun disini Bourne belum pernah membangun rancangan kapal Selamnya.

Kapal Selam Bertenaga Diesel Pertama


Pada awalnya era kapal selam modern ditandai dengan penggunaan mesin diesel. Hari ini 109 tahun yang lalu bertepatan dengan perayaan hari valenetin, tepatnya pada Rabu 14 Februari 1912, kapal selam bertenaga diesel pertama mulai beroperasi. Kapal selam ini bernama USS E-1, buatan Amerika Serikat.

Kapal ini memiliki panjang 41,22 meter, lebar 4,45 meter dan sarat air 3,56 meter. Untuk mesin induknya kapal ini dipasang mesin diesel dengan kapasitas 700 HP (520 kW) dan juga electric motor dengan kapasitas 600 HP (450 kW). Kapal selam ini mempunyai kecepatan 13,5 knot ketika berada dipermukaan. Ketika pada posisi menyelam kapal selam ini mampu mempunyai kecepatan sebesar  11,5 knot. Kapal selam ini bisa diawaki oleh 20 orang.

Kapal Selam Bertenaga Diesel Pertama Merupakan Modifikasi Dari Kapal Selam Skipjack


Kapal selam Skipjack merupakan kapal selam Amerika Serikat kelas E. Kapal ini pertama meluncur pada 27 Mei 1911 di Quincy, Massachusetts.

Skipjack dibuat di perusahaan pembuatan kapal, Fore River, di Quincy, Massachusetts. Perusahaan itu di bawah subkontrak dari Electric Boat Company.

Setelah peluncurannya, Skipjack melayani Angkatan Laut Amerika Serikat dan membantunya dalam penjagaan wilayah perairan, terutama di perbatasan. Selain itu, Skipjack digunakan untuk pertahanan pesisir dan pelabuhan sebelum Perang Dunia I.

Pada 17 Oktober 1911, Kapal ini diubah namanya menjadi USS E-1. Selain diganti namanya, kapal ini juga dimodifikasi dengan menambahkan mesin diesel untuk menunjang daya jelajahnya.

Perubahan dan renovasi kapal ini disponsori oleh Battles. Akhirnya, pada 14 Februari 1912, kapal ini meluncur di Groton Connecticut. Kapal ini juga tercatat sebagai kapal selam pertama yang menggunakan diesel sebagai tenaga penggeraknya.

Enam hari setelah diluncurkan, USS E-1 berlayar dari Boston ke Norfolk melalui Newport dan New York. Kapal ini menjalani tes hingga April 1912. Setelah uji coba itu, mesin kembali dirombak dan dipasang gyrocompass Sperry, serta menjadi pelopor kapal uji bawah air. Dia juga bereksperimen dengan transmisi radio terendam.

USS E-1 melanjutkan pengembangan eksperimental yang penting dan pelatihan dengan Armada Atlantik selama lima tahun selanjutnya. Pada 1916 ia menjadi kapal selam AS pertama yang melintasi Atlantik. Ini sebagai tanggapan atas penyeberangan Atlantik oleh kapal selam Jerman, Deutschland dan U-53 awal tahun itu.

Pada 4 Desember 1917, kapal selam ini meninggalkan Newport untuk menuju ke Azores. Kapal selam ini digunakan untuk pelatihan dan membantu patroli perang yang berbasis di Azores. Sejak 12 Januari 1918, dia berpatroli antara Ponta Delgada dan Horta, melindungi pulau-pulau dari serangan Jerman dan digunakan sasaran utama oleh U-boat.

USS E-1 kembali ke New London pada 17 September 1918. Setelah perombakan, USS E-1 melatih kapal selam baru dan menguji beberapa alat bantu kapal selam. Dan pada 20 Oktober 1918 kapal itu dinonaktifkan dan dijual untuk di scrap pada 19 April 1922.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url