Standar Umur Pemakaian Aki Mobil

Aki merupakan salah satu komponen penting pada mobil yang harus menjadi perhatian bagi pemilik ataupun pengguna mobil. Jika aki mobil tekor, tentu akan merugikan pemiliknya, karena mobil jadi tidak bisa distarter. 

Lalu apakah kawan kawan sudah mengetahui apa itu aki?

Aki atau biasa disebut Accu atau akumulator adalah sebuah alat yang dapat menyimpan energi listrik dalam bentuk energi kimia. Jadi pada saat pengisian atau pengecasan (charge) energi listrik diubah menjadi energi kimia dan kemudian waktu digunakan atau pengeluaran (discharge) energi kimia diubah menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk menyalakan lampu, AC, starter mesin, dll.

Jenis Jenis Aki Mobil Berdasarkan Tipenya


Ada bayak jenis jenis aki mobil yang beredar dipasaran. Berdasarkan tipenya aki mobil dibagi menjadi :

1. Aki Basah

Aki basah merupakan jenis yang paling umum dan paling mudah ditemukan di pasaran. Disebut aki tipe basah karena di dalam aki ini terdapat cairan elektrolit yang disebut juga air aki berupa asam sulfat.

Air aki basah mengandung timah antimoni yang bakal cepat habis karena besarnya potensi penguapan.

Aki ini dijual dengan harga yang murah dibanding jenis aki lainnya. Tetapi, aki basah memerlukan perawatan yang rutin (menambah air aki) lantaran penguapan yang terjadi bisa membuat cairan aki cepat habis.

2. Aki Kering

Aki kering disebut juga dengan aki Maintenance Free (MF). Walaupun dinamakan aki kering, bukan berarti tidak ada cairan sedikit pun di dalamnya.

Aki jenis ini tetap menggunakan cairan elektrolit namun mengandung timah kalsium. Dibandingkan timah antimoni pada aki basah, timah kalsium diklaim lebih hemat alias minim penguapan.

Perawatan aki kering tak serumit aki basah, karena tidak perlu mengisi ulang elektrolit. Cairan di dalamnya pun diatur tidak mudah tumpah layaknya aki basah.

Pada mobil mobil keluaran terbaru, pada umumnya sudah menggunakan aki tipe ini. Dipasaran pun juga sudah banyak dijual dengan harga yang terjangkau.

3. Aki Kalsium

Berbeda dengan dua jenis aki sebelumnya, kutub aki ini terbuat dari material kalsium. Aki kalsium memiliki tingkat penguapan yang lebih rendah ketimbang aki yang dijual di pasaran pada umumnya.

Menariknya, daya tahan baterai aki kalsium sangat baik dalam menyalurkan listrik. Hanya saja, aki kalsium masih kurang populer di Indonesia. Umumnya aki kalsium dijual dengan harga yang cukup mahal.

4. Aki Hybrid

Ketika teknologi aki kering dan basah digabung dengan aki kalsium, maka terciptalah aki hybrid atau hibrida.

Penguapannya pun terbilang minim dan lebih irit biaya perawatan. Aki ini jarang bisa ditemukan di toko-toko.

Kekurangan lainnya, cairan elektrolit di dalamnya diklaim punya efek korosif yang kuat dan berbahaya bagi manusia.

5. Aki Gel

Inilah aki paling canggih dibandingkan jenis aki lainnya karena tidak ada lagi cairan elektrolit dan diganti dengan gel.

Jika sampai gel tumpah, sifatnya tidak lagi korosif dibandingkan elektrolit pada aki lainnya. Uniknya lagi, perawatannya pun lebih simpel dan waktu hidupnya diklaim lebih lama.

Jenis Aki Berdasarkan Standardnya


Secara umum ada 2 jenis standard aki yang ada di Indonesia, yaitu Aki yang berdasarkan standard JIS (Japan Industrial Standard) dan Aki yang berdasarkan standard DIN (Deutsches Institut für Normung). Aki berdasarkan JIS standard adalah yang paling banyak dijual di Indonesia. Karena di Indonesia kendaraan dengan Brand dari Jepang paling banyak lalu lalang dijalanan. Contohnya seperti aki mobil panther, aki mobil xenia, aki mobil avanza, karena merupakan mobil buatan jepang, tentunya akinya menggunakan JIS standar. 

Sedangkan aki DIN standard banyak digunakan oleh mobil mobil dari Eropa.

Untuk membedakan Aki JIS standar dengan DIN standard bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub). Pada aki DIN standar kepala akinya tenggelam, sedangkan untuk aki tipe JIS standard kepala akinya muncul (lebih tinggi).

Tanda Tanda Aki Mobil Tekor dan Harus Segera Diganti


Aki memegang peran yang penting bagi mobil kawan kawan. Pasti sangat menjengkelkan ketika ada keperluan yang mengharuskan memakai mobil, tetapi tiba tiba mobil tidak dapat distarter karena akinya rusak. Sebelum kendaraan mogok beroperasi, berikut kenali ciri-ciri aki mobil tekor atau soak dan harus segera diganti.

1. Mobil sulit distarter 

Pernahkan kawan kawan mengalami mobilnya sangat sulit distarter seperti biasa? 

Kondisi mobil yang tidak bisa distarter menjadi pertanda bahwa aki mulai melemah dan harus segera diganti dengan yang baru. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mobil yang sulit distarter. Pada aki basah umumnya kondisi ini terjadi akibat air aki yang berada di batas minimal, yang membuatnya kesulitan mengalirkan daya listrik sesuai kebutuhan. 

Permasalahan ini juga bisa terjadi aki kering. Ketika komponen satu ini terguncang hingga merusak cell yang berada di dalam aki. Ketika mendapati ciri-ciri aki mobil soak, segera cek kembali sebelum kendaraan mogok total. 

2. Klakson dan lampu yang tidak berfungsi dengan normal

Pada umumnya suara klakson terdengar nyaring agar pengendara lain dapat mendengarnya dengan jelas. Ketika suara klakson terdengar sangat lemah meski pengendara telah menekannya hingga titik maksimal, kondisi tersebut telah menjelaskan bahwa aki kendaraan mulai melemah hingga kinerjanya tidak maksimal seperti biasa. 

Ciri lain yang menandakan bahwa aki mulai melemah, yaitu lampu penerangan utamanya yang redup ketika dinyalakan. 

Tentu saja kondisi ini dapat membahayakan para pengendara, karena sang pengemudi tidak dapat menerobos gelapnya jalan akibat sinar cahaya yang dihasilkan oleh lampu terlihat redup. Namun hal ini juga dapat terjadi ketika usia lampu sudah melebihi batas penggunaan. 

3. Kurangnya tegangan aki 

Kurangnya tegangan aki juga bisa menjadi ciri bahwa aki kendaraan mulai tekor atau soak. Untuk memastikan kebenarannya, silahkan tes menggunakan load tester atau cranking. Ciri-ciri aki mobil soak yaitu tegangan aki berada di angka di bawah 10 Volt. 

Jika sudah demikian, Anda harus segera membawanya ke bengkel terdekat untuk menggantinya dengan aki baru. 

4. Usai Aki Kendaraan 

Ciri-ciri aki mobil soak lainnya yaitu usianya yang telah memasuki usia pemakaian. Keawetannya sendiri tergantung pada perawatan serta pemakaian kendaraan itu sendiri. Semakin sering mendapatkan perawatan tepat, tentu aki tidak mudah soak. 

5. Air akinya keruh dan bodinya menggembung

Kalau air akinya keruh, ini tandanya aki sudah mesti diganti. Cara melihatnya dengan cara membuka tutup lubang pengisian air aki terlebih dahulu.

Bodi aki mobil juga bisa menggembung seperti baterai ponsel. Ini terjadi karena ada yang rusak di elemen pengisian dayanya. Akibatnya, aliran listrik dari alternator tertahan dan berlebihan. Efeknya bikin panas. Makanya aki jadi menggembung, dan ini berbahaya.

Standar Umur Pemakaian Aki Mobil


Seperti pada pembahasan diatas, salah satu ciri aki soak adalah akibat dari umur pemakaian aki tersebut. Lalu berapa standar umur pemakaian aki mobil?

Rata-rata, umur pemakaian aki mobil dapat bertahan antara 2 hingga 5 tahun. Tetapi berdasarkan pengalaman salah seorang teknisi pada toko aki langganan saya, yang paling sering umur aki mobil sekitar 3 tahunan. Jika aki mobil kawan kawan sudah dipakai sekitar 3 tahunan, sering seringlah dicek kondisi akinya supaya segera dapat diketahui perlu tidaknya aki untuk diganti.

Salah satu faktor terpenting yang mempengaruhi berapa lama umur aki mobil adalah cuaca. Mesin yang berjalan di bawah kap mesin sudah menghasilkan panas tingkat tinggi. Suhu panas dapat menyebabkan cairan pada aki mobil menguap hingga merusak struktur internal aki. Itulah mengapa masa pakai aki mobil rata-rata lebih pendek di daerah yang iklimnya lebih hangat. 

Selain suhu, mobil yang jarang dipakai juga bisa memperpendek usia aki. Mesin mobil yang jarang menyala membuat pengisian daya aki lebih minim dan mengakibatkan komponen tersebut kehilangan muatan listrik. Terlepas dari suhu dan jarangnya mobil dipakai, ada beberapa hal dan tips yang mampu membuat masa pakai aki mobil jadi lebih panjang. Salah satunya adalah dengan rajin memanaskan mobil.

Setelah itu pastikan pula aki selalu terikat dengan baik dengan klemnya. Aki yang tidak diikat dengan aman dapat bergetar dan berpotensi menyebabkan korsleting. Jika mobil kerap dipakai malam hari, Anda juga tak boleh lupa mematikan lampu-lampu sebelum meninggalkan mobil. Menyalakan lampu depan dan lampu pintu mobil secara tidak sengaja dapat merusak aki mobil Anda. 

Tips terakhir adalah cek korosi dan kondisi aki. Rutinlah melakukan pengecekan pada kedua kutup aki mobil. Pastikan tidak ada karat atau kotoran yang menempel agar usianya panjang.

Itulah tadi artikel tentang aki mobil, mulai apa itu aki?, jenis jenis aki mobil, ciri ciri akimobil tekor atau soak, dan juga standar umur pemakain aki mobil. Jangan lupa untuk selalu merawat aki mobil anda.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url