Cara Praktis Bayar BPJS Kesehatan Menggunakan BTN Mobile Banking

Cara bayar BPJS Kesehatan sekarang ada berbagai cara, baik yang menggunakan pembayaran tunai, maupun pembayaran online baik menggunakan fasilitas perbankan maupun e-Wallet. Selain lewat BRI Mobile Banking atau BRIMO, kawan-kawan juga dapat melakukan pembayaran BPJS Kesehatan menggunakan aplikasi BTN Mobile.

Dengan pembayaran BPJS Kesehatan melalui BTN mobile banking tentunya sangat memudahkan kawan-kawan nasabah BTN, karena pembayaran dapat dilakukan setiap saat dan juga dimana saja, tanpa harus antri di loket pembayaran. 

Dengan pembayaran BPJS Kesehatan tepat waktu menggunakan BTN Mobile akan menghindarkan kawan-kawan dari denda ataupun sanksi akibat terlambat membayar BPJS Kesehatan. Dan jika sewaktu-waktu diperlukan untuk berobat, kawan-kawan tidak akan kesulitan dalam menggunakan fasilitas dari BPJS Kesehatan.

Cara Membayar Tagihan BPJS Kesehatan Lewat BTN Mobile Banking


Untuk dapat melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan menggunakan BTN Mobile diperlukan nomor Virtual Account BPJS Kesehatan di Bank BTN. Adapun nomor virtual account BPJS Kesehatan di Bank BTN adalah 88888 + 11 digit terakhir nomor kartu BPJS yang tertera di kartu BPJS Kesehatan.

Sebelum melakukan pembayaran tagihan BPJS Kesehatan, pastikan saldo di rekening Bank BTN mencukupi sesuai dengan tagihan BPJS Kesehatan. Berikut adalah cara praktis membayar tagihan BPJS Kesehatan melalui BTN Mobile Banking:

  1. Buka dan login di aplikasi BTN Mobile.
  2. Pada laman awal aplikasi BTN Mobile, pilih menu 'Pembayaran'.
  3. Pada halaman Pembayaran, pilih menu 'BPJS'.
  4. Pada halaman BPJS ada 2 pilihan, yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Pilih menu 'BPJS Kesehatan'.
  5. Pada halaman BPJS Kesehatan, juga ada 2 pilihan yaitu Pembayaran dan Pendaftaran Auto Debit. Pilih menu 'Pembayaran'.
  6. Pada halaman selanjutnya, pada Rekening Sumber, pilih nomor rekening yang digunakan untuk pembayaran BPJS Kesehatan. Pada nomor VA, masukkan kode pembayaran / nomor virtual account BPJS Kesehatan di Bank BTN yaitu masukkan kode 88888 ditambah 11 digit nomor di kartu BPJS Kesehatan. Kalau sudah diisi dengan benar pilih tombol 'Kirim'.
  7. Akan muncul detail transaksi, termasuk nominal pembayaran, jika sudah sesuai masukkan jumlah bayar bulan. Pilih bulan bayar antara 1, 3, 6 atau 9 bulan. Pilih tombol 'Kirim'.
  8. Akan muncul detail data pembayaran, jika sudah sesuai masukkan PIN BTN Mobile. Khusus untuk Nasabah BTN pengguna device IOS dan Android 10 ke atas, input Mtoken yang dikirimkan via SMS. Jadi pastikan bahwa saldo pulsa cukup untuk pengiriman SMS. Lalu pilih tombol 'Kirim'.
  9. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan bahwa transaksi berhasil. Akan ditampilkan juga e-struk yang dapat dishare atau didownload dengan menekan tombol yang tersedia.
  10. Transaksi pembayaran tagihan BPJS Kesehatan melalui BTN Mobile Banking selesai.

Itulah tadi cara bayar tagihan BPJS Kesehatan melalui aplikasi BTN Mobile Banking yang sangat membantu kawan-kawan nasabah BTN yang terdaftar di BPJS Kesehatan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan tanpa harus antri di loket pembayaran.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url