Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI dan BRI Mobile Banking (BRIMO)

Beberapa hari ini viral mengenai keanggotaan BPJS menjadi sarat dalam pengurusan jual beli tanah, membuat SIM, dan juga STNK. Setelah terdaftar di BPJS Kesehatan, selanjutnya pasti ingin mengetahui cara membayar tagihan BPJS kesehatan

Dimana salah satu pilihan membayar tagihan BPJS kesehatan yaitu menggunakan ATM BRI dan juga BRIMO (BRI Mobile Banking). Untuk membayar tagihan BPJS pakai ATM BRI ataupun BRI mobile banking atau BRIMO diperlukan nomor virtual account atau kode pembayaran BPJS kesehatan baij di ATM BRI ataupun BRI mobile banking (BRIMO).

Cara Mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan di Bank BRI


Nomor virtual account BPJS merupakan nomor rekening virtual yang disediakan oleh BPJS Kesehatan untuk membayar iuran JKN-KIS. Nomor virtual account ini, akan mempermudah kawan-kawan dalam membayar iuran BPJS.

Untuk mengetahui nomor virtual account atau kode bayar BPJS kesehatan melalui Bank BRI, tambahkan kode bank BRI di BPJS kesehatan yaitu 88888 di depan 11 digit terakhir nomor kepesertaan BPJS kesehatan.

Contohnya jika nomor kepesertaan BPJS kesehatan adalah 0001987358123, maka nomor virtual account BPJS kesehatan di BRI adalah 8888801987358123.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat ATM BRI


Salah satu cara yang mudah dan gampang untuk bayar tagihan BPJS kesehatan adalah menggunakan ATM BRI. Untuk menggunakan ATM BRI ini tidak diperlukan handphone yang canggih, tetapi kawan-kawan cukup mencari ATM BRI terdekat.

Berikut adalah cara bayar tagihan BPJS kesehatan melalui ATM BRI:

  1. Masukkan kartu ATM BRI ke mesin ATM BRI.
  2. Masukkan PIN ATM BRI.
  3. Pilih 'Transaksi Tunai'.
  4. Pilih 'Transaksi Lainnya'.
  5. Pilih 'Pembayaran'.
  6. Pilih 'Lainnya'.
  7. Pilih 'BPJS'.
  8. Pilih 'BPJS Kesehatan'.
  9. Masukkan nomor virtual account atau kode bayar BPJS kesehatan yaitu 88888 dan 11 angka nomor BPJS Kesehatan. Kemudian pilih 'Benar'.
  10. Selanjutnya akan ditampilkan informasi detaail tentang data BPJS kesehatan lengkap dengan nominal pembayaran yang harus kawan-kawan bayarkan. Cek kesesuaian data yang ditampilkan. Pilih 'Benar'.
  11. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan di layar ATM bahwa transaksi berhasil, dan struk pembayaran tagihan BPJS kesehatan keluar dari mesin ATM BRI.
  12. Transaksi selesai.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat BRI Mobile Banking atau BRIMO 


Selain dapat digunakan untuk transfer, bayar listrik, BRIMO ini juga bisa digunakan unyuk pembayaran tagihan BPJS kesehatan. Cara ini sangat simpel dan mudah karena kawan-kawan cukup melakukan pembayaran tagihan BPJS kesehatan dari rumah dan tanpa perlu antri di loket pembayaran.

Untuk dapat melakukan pembayaran tagihan BPJS kesehatan melalui BRImo, pastikan bahwa kawan-kawan telah menginstall aplikasi BRImo terbaru. Selain itu juga pastikan bahwa kawan-kawan telah terdaftar di mobile banking BRI untuk dapat melakukan transaksi finansial.

Berikut adalah cara bayar tagihan BPJS kesehatan melalui BRIMO terbaru:

  1. Buka dan Login ke aplikasi BRImo.
  2. Pilih menu 'Lainnya'.
  3. Pilih menu 'BPJS'. 
  4. Pada laman BPJS plih 'Pembayaran Baru'. 
  5. Selanjutnya pada jenis BPJS pilih 'BPJS Kesehatan'. Sedangkan pada nomor pembayaran masukkan nomor 88888 + 11 digit terakhir nomor kepesertaan BPJS kesehatan. Pilih 'Lanjutkan'. 
  6. Selanjutnya akan ditampilkan informasi detail tentang data BPJS kesehatan lengkap dengan nominal pembayaran yang harus kawan-kawan bayarkan. Cek kesesuaian data yang ditampilkan. Pilih sumber rekening. Pilih 'Bayar'.
  7. Pada halaman konfirmasi cek sekali lagi data yang ditampilkan, jika sudah sesuai pilih 'Bayar'.
  8. Masukkan PIN BRIMO.
  9. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan di layar handphone bahwa transaksi pembayaran tagihan BPJS kesehatan telah berhasil.
  10. Transaksi selesai.

Itulah tadi cara bayar tagihan BPJS kesehatan melalui ATM BRI dan juga mobile banking BRI atau BRImo. Selain itu juga dijelaskan tentang virtual account BPJS kesehatan di Bank BRI yang terdiri atas 88888 + 11 digit terakhir nomor kepesertaan BPJS kesehatan.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url