Cara Agar Kabel Motor Matic Tidak Digigit Tikus

Ketika sedang service rutin disalah satu bengkel resmi sepeda motor di dekat rumah, saya menjumpai 2 sepeda motor mogok gara gara kabel digigit sampai putus oleh tikus. Kasus pertama sepeda motor Beat, tidak bisa distater sama sekali. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata kabel sensor swith pada standar samping putus digigit tikus. Kasus kedua terjadi pada sepeda motor Vario. Selain tidak bisa distarter, lampu stop dan juga lampu sein belakang mati total, padahal kelistrikannya normal. Setelah ditelusuri penyebabnya juga kabel yang putus gara gara digigit oleh tikus.

Menurut salah satu teknisi dibengkel tersebut, binatang pengerat ini senang masuk ke ruang kosong di dalam bodi motor matic karena tempat bersembunyi tersebut yang hangat, terutama jika cuaca dingin seperti pada musim penghujan yang sedang kita alami.

Biaya Untuk Service Motor Matic Akibat Digigit Tikus

Untuk motor matic yang mogok akibat digigit tikus, umumnya servis yang dilakukan adalah menyambung kembali kabel yang putus. Servis kabel tergantung kerusakannya, karena kabel kelistrikan di sepeda motor matic yang banyak jumlahnya. Untuk biaya kasus sepeda motor matic digigit tikus sekitar Rp 50 ribu untuk penyambungan kabel dan pengecekan kelistrikan.

Cara Mencegah Agar Kabel Tidak Digigit Tikus

Tikus yang dikenal sebagai binatang pengerat gemar mengasah kemampuan giginya pada benda apapun. Jadi jangan heran jika kabel pada motor matic menjadi sasaran tikus untuk digerogoti. Kabel dengan konstruksi kenyal dan keras merupakan benda kesukaan tikus untuk melatih giginya.

Cara untuk mencegah agar kabel motor kawan kawan tidak digigit tikus adalah dengan cara mencegah tikus agar tidak masuk kedalam body sepeda motor kawan kawan. Salah satunya pastikan agar garasi atau tempat parkir motor di rumah itu dalam keadaan bersih dan tidak ada sampah atau kotoran. Karena dari sampah itu bisa ada tikus yang datang, dan sampahnya juga bisa dibawa ke dalam bagian motor. Hal ini terjadi pada motor Vario pada kasus kedua diatas. Di dalam bodi motor banyak ditemukan tulang sisa makanan.

Cara lainnya adalah dengan menggunakan kapur barus. Kapur barus dihaluskan atau bisa juga diabiarkan apa adanya, terus diletakkan pada bagian-bagian dalam motor yang memungkinkan tikus masuk. Selain itu juga bisa menaruh kapur barus di sekitar motor yang sedang diparkir. Menurut teknisi yang menangani, kalau sudah pakai kapur barus, tikus bakal enggan untuk masuk ke bodi motor, karena menurutnya cara itu sudah dilakukan pada motor kesayangannya, dan juga pada motor pelanggannya.

Itulah tadi cara agar kabel sepeda motor matic tidak digigit tikus. Secara singkat agar kabel sepeda motor matic tidak digigit tikus, yang terpenting ketika akan lama meninggalkan sepeda motor, pastikan motor dalam kondisi bersih. Lalu taruh di area atau ruang yang bersih juga. Jangan lupa taruh kabur barus. Dan kalau ada saudara atau teman dekat bisa minta bantuan untuk memanaskan motor dalam waktu singkat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url