Galangan Kapal : Tempat Pembuatan, Perbaikan dan Perawatan Kapal

Bagi sebagian orang, tentu bertanya tanya dimana kapal laut dibuat, dan dimana kapal laut diperbaiki ketika mengalami kerusakan? Bagi osebagian orang yang berkecimpung di dunia perkapalan, tentu mereka dengan mudah menjawab di galangan kapal atau shipyard.

Galangan kapal atau shipyard adalah sebuah tempat yang dirancang khusus dan juga dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas pendukung untuk proses pembuatan, pemeliharaan dan perbaikan kapal. Galangan kapal secara umum akan dilengkapi dengan lokasi pengedokan (baik berupa dok apung, slipway, maupun graving dock), crane, bengkel - bengkel, gudang, fasilitas pengecatan dan lokasi yang sangat luas untuk proses fabrikasi dan asembly kapal-kapal yang sedang dibangun maupun perbaikan.

Kapal-kapal yang dibangun maupun melakukan perbaikan di galangan ini dapat berupa jenis kapal kargo, kapal penumpang, kapal wisata, kapal militer, kapal tanker, tongkang, kapal ikan, kapal selam dan sebagainya.

Macam Macam Galangan Kapal

Secara umum, ada beberapa jenis galangan kapal berdasarkan fungsinya, diantaranya :

1. Galangan Kapal Khusus Bangunan Baru (Building Dock Shipyard)

Galangan kapal ini hanya fokus untuk melakukan pekerjaan pembangunan kapal baru (ship new building). Pekerjaan pembuatan kapal bangunan baru secara umum meliputi pekerjaan desain kapal, pembelian material untuk pembuatan kapal, pemotongan pelat, pemasangan lunas dan gading gading kapal, pemasangan pelat lambung, instalasi berbagai peralatan permesinan, instalasi sistem perpipaan, instalasi sistem kelistrikan dan navigasi kapal, pengecekan kualitas oleh Quality Control, berbagai macam tes fungsi, hingga pelaksanaan survey penerimaan kelas kapal oleh badan klasifikasi kapal yang telah ditunjuk maupun survey oleh pihak otoritas yang ditunjuk oleh negara.

2. Galangan Kapal Khusus Perbaikan dan Perawatan Kapal (Repair Dock Shipyard)

Galangan kapal ini hanya fokus melakukan pekerjaan perbaikan kapal dan pemeliharaan kapal. Pekerjaan tersebut diantaranya meliputi pemeliharaan dan perbaikan konstruksi lambung kapal, pemeliharaan mesin utama, perbaikan sistem propulsi, perbaikan sistem perpipaan, pengecatan dan lain sebagainya.

3. Galangan Kapal Bangunan Baru dan Perbaikan Kapal (Building and Repair Dock Shipyard)

Galangan kapal ini dapat dan mempunyai fasilitas untuk melakukan proses pembuatan kapal baru dan juga pemeliharaan, perbaikan kapal lama. Di Indonesia, jenis galangan ini cukup banyak, seperti PT Adiluhung, PT PAL, PT DPS, PT IKI, PT Batamec dsb.

Berbagai Macam Fasilitas yang Ada di Galangan Kapal

Sebuah galangan kapal harus memiliki berbagai fasilitas baik fasilitas pokok maupun penunjang yang mendukung proses pekerjaan sesuai dengan jenis galangan kapal. Fasilitas-fasilitas tersebutlah yang membedakan jenis setiap galangan baik digunakan untuk membangun kapal maupun reparasi.

Dalam membantu proses pekerjaannya, biasanya terdapat berbagai macam fasilitas diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kantor

Kantor merupakan pusat dilakukannya kegiatan administrasi semua yang diperlukan dalam pembuatan kapal maupun perbaikan kapal di galangan. Seperti mengatur keuangan, keluar masuk surat, mengatur sumber daya manusia, dan seluruh kegiatan yang hubungannya dengan manajemen perusahaan.

2. Bagian Marketing dan Estimator

Bagian marketing ini berfungsi untuk mencari order baik bangunan baru maupun perbaikan kapal. Sementara bagian estimator bertugas menghitung biaya yang dibutuhkan untuk membuat kapal baru, maupun untuk perbaikan kapal berdasarkan daftar perbaikan (repair list) dari pemilik kapal

3. Bagian Rancang Bangun

Bagian inilah yang bertugas untuk untuk melakukan seluruh perhitungan, membuat gambar perencanaan dan juga membuat gambar kerja untuk keperluan proses fabrikasi. Termasuk juga kebutuhan material.

4. Bagian Pengadaan (Purchasing)

Bagian ini bertugas untuk melakukan pembelian terhadap material yang dibutuhkan baik dalam pembuatan maupun perbaikan kapal.

5. Bengkel Plat

Di tempat ini kapal-kapal melalui proses fabrikasi. Diantaranya seperti plat lunas, pembuatan sekat kapal, pembuatan gading kapal, dan lain sebagainya. Selain itu untuk perbaikan kapal, juga bertugas untuk memperbaiki konstruksi kapal.

6. Bengkel Pipa

Bengkel pipa ini merupakan tempat yang di dalamnya terdapat proses pemotongan dan pembentukan pipa yang sesuai dengan gambar kerja. Baik itu pipa yang digunakan untuk kebutuhan pembuatan kapal baru atau untuk keperluan reparasi.

Selain proses pemotongan pipa, di bengkel pipa ini juga terdapat proses pengelasan. Pipa-pipa yang dipotong tersebut kemudian di las sehingga terbentuk sebuah jalur perpipaan sesuai dengan fungsi masing masing.

7. Bengkel Listrik

Bengkel listrik ini bertugas untuk memasang peralatan listrik dan panel-panel listrik yang ada di kapal. Selain itu, bengkel ini juga bertugas memperbaiki dan memasang motor-motor listrik generatornya. Bengkel ini juga bertanggung jawab terhadap pemasangan dan perbaikan terhadap peralatan navigasi dan radio komunikasi.

8. Bengkel Mesin

Bengkel mesin bertugas sebagai tempat mengerjakan pekerjaan yang berkaitan dengan permesinan kapal, seperti pemasangan mesin induk, pemasangan baling baling, perbaikan baling baling, dsb. Selain itu di bengkel ini juga malakukan pekerjaan yang berhubungan dengan mesin perkakas, seperti: membubut, frais, skrap, bor, dan lain sebagainya,

9. Gudang Tempat Menyimpan Material

Tempat ini merupakan tempat disimpannya berbagai macam bahan baku atau material yang dibutuhkan di bengkel dan proses pembuatan, pemeliharaan serta perbaikan kapal-kapal lama.

10. Gudang Tempat Menyimpan Peralatan

Tempat ini merupakan tempat yang digunakan untuk menyimpan peralatan-peralatan yang digunakan dalam proses produksi, pemeliharaan serta perbaikan kapal-kapal.

11. Tempat Pembangunan Kapal (Building Berth)

Di tempat pembangunan kapal, selalu dilengkapi dengan alat angkat berat (crane), untuk mengangkat bagian konstruksi yang telah diselesaikan di bengkel plat yang kemudian akan dilakukan perakitan. Tempat pembangunan kapal, mempunyai paling tidak 1 lajur balok konstruksi beton, yang merupakan sebagai tempat untuk meletakkan lunas kapal pada saat pembangunan kapal. Setiap galangan kapal mempunyai tempat pembangunan kapal dengan luasan area dan kapasitas tertentu sehingga sehingga para pemilik kapal yang akan membangun kapal baru harus menyesuaikan galangan kapal mana yang sesuai dengan ukuran kapal yang akan dibuat.

12. Tempat Memelihara dan Memperbaiki Kapal (Dock)

Tempat yang digunakan untuk melakukan perbaikan kapal, seperti penggantian pelat lambung, perbaikan kemudi (rudder), baling baling (propeller), permesinan kapal, dan lain sebagainya. Sama halnya dengan building berth, tempat pemeliharaan dan perbaikan kapal di setiap galangan kapal juga mempunyai luasan area dan kapasitas tertentu sehingga sehingga para pemilik kapal yang akan melakukan pemeliharaan atau perbaikan kapal harus menyesuaikan galangan kapal mana yang sesuai dengan ukuran kapal.

Tata letakberbagai fasilatas galangan mulai kantor, bengkel dan fasilitas-fasilitas yang lain sangat tergantung kepada luas dan bentuk tanah dimana galangan kapal atau shipyard tersebut berada. Yang harus diperhatikan dalam penyusunan tata letak bengkel adalah penempatannya harus memudahkan urutan rangkaian pekerjaan dan aliran material dalam proses perbaikan mauapun pembuatan kapal.
 
Itulah tadi apa itu galangan kapal, tempat pembuatan kapal, tempat perbaikan kapal dan juga tempat perawtan kapal.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url