Cara Mencairkan Insentif Kartu Prakerja Dengan LinkAja

Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi berupa bantuan biaya yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja ter-PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi. Jika kawan kawan sudah menyelesaikan pelatihan baik online maupun offline, maka akan mendapatkan sertifikat dan insentif.

Dana insentif tersebut sebesar Rp600 ribu yang diberikan setiap bulan selama 4 bulan. Selain itu ada juga dana insentif survei sebesar Rp150 ribu untuk 3 kali survei.

Berdasarkan informasi di laman prakerja.go.id, untuk mencairkan dana insentif tersebut dapat menggunakan nomor rekening BNI. Jika tidak mempunyai nomor rekening BNI, kawan kawan dapat juga mencairkan insentif kartu prakerja dengan LinkAja, Ovo, Dana atau gopay.

Kawan kawan masih bingung bagaimana cara mencairkan insentif kartu prakerja dengan LinkAja? Berikut adalah langkah langkah yang harus dilakukan untuk mencairkan insentif kartu prakerja dengan LinkAja.

Cara Menyambungkan LinkAja dengan Kartu Prakerja


Insentif dalam program Prakerja bisa diperoleh kawan kawan yang telah dinyatakan terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja dan juga telah mengikuti pelatihan yang dipilih hingga selesai dan mendapatkan sertifikat dari lembaga pelatihan mitra Prakerja.

Untuk dapat mencairkan insentif Kartu Prakerja, kawan kawan perlu mendaftarkan serta menyambungkan rekeningnya terlebih dahulu. Jika hal ini belum dilakukan, maka informasi pada halaman utama akun Kartu Prakerja kawan kawan akan bertuliskan rekening "Belum Tersambung".

Untuk menyambungkan rekening LinkAja dengan kartu prakerja, berikut cara untuk mendapatkan dana insentif Kartu Prakerja melalui LinkAja

Sebelumnya pastikan kawan kawan telah menyelesaikan pelatihan yang telah dipilih di mitra pembelajaran dan juga telah mendapatkan sertifikat Program Kartu Prakerja.
  1. Unduh aplikasi LinkAja melalui Google Play Store untuk perangkat Android, atau Apple Store untuk perangkat iOS. Kemudian segera daftarkan data diri melalui aplikasi yang telah terunduh tersebut dan lengkapi formulir pendaftarannya. Jangan lupa tentukan 6-digit-PIN akun LinkAja Anda.
  2. Setelah mempunyai akun LinkAja, masuk ke halaman utama / dashboard Kartu Prakerja kawan kawan. Di halaman utama , jika kawan kawan belum melakukan sambung rekening maka akan terlihat pada kolom "Rekening" dengan tulisan "Belum Tersambung". Pada kolom tersebut, terdapat pula opsi "Sambungkan Rekening" untuk mulai menyambungan rekening atau e-wallet kamu yang dapat kamu pilih, misalnya menggunakan LinkAja.
  3. Selanjutnya, terdapat opsi bank atau e-wallet yang dapat kamu pilih untuk mencairkan insentif Kartu Prakerja. Kamu dapat memilih LinkAja dengan logo dan teks LinkAja yang terpampang, lalu melanjutkan proses sambung e-wallet atau rekening dengan pilih tombol "Sambungkan".
  4. Selanjutnya adalah verifikasi nomor telepon. Pastikan akun e-wallet atau akun LinkAja yang kamu gunakan aktif dan telah ter-upgrade Full Service. Dengan meng-upgrade akun LinkAja menjadi Full Service, kamu akan melewati proses eKYC yaitu proses verifikasi resmi yang melibatkan data diri secara lengkap agar dapat memaksimalkkan layanan yang tersedia di LinkAja khususnya untuk menerima insentif Kartu Prakerja.
  5. Lakukan verifikasi dengan PIN dan Kode OTP. Dalam proses ini, datamu akan diverifikasi dengan memasukkan PIN LinkAja serta Kode OTP yang dikirimkan ke nomor HP kamu untuk dapat melanjutkan proses sambung e-wallet atau rekening. Pastikan untuk merahasiakan PIN LinkAja serta Kode OTP yang terkirim di HP untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Nomor HP yang digunakan untuk Kartu Prakerja dan LinkAja juga harus sama untuk dapat mensukseskan proses sambung rekening.
  6. Akun LinkAja telah tersambung dengan Kartu Prakerja. Jika pada proses penyambungan rekening kamu tidak melakukan kesalahan, maka ujung dari semua proses yang dilakukan adalah notifikasi berhasil dari LinkAja. Kamu akan dapat kembali ke halaman utama akun Kartu Prakerja dan melihat bahwa e-wallet atau rekening LinkAja telah tersambung sehingga insentif Kartu Prakerja telah dapat dicairkan ke sana.
  7. Jangan lupa untuk menyalakan notifikasi aplikasi LinkAja sehingga kawan kawan akan tahu kapan dana insentif tersebut masuk.

Manfaat memilih LinkAja sebagai mitra pembayaran insentif Kartu Prakerja adalah banyaknya fitur serta promo yang tersedia. Di LinkAja, kawan kawan dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu, kirim uang atau transfer, transaksi di merchant, bayar belanja online, belanja di minimarket, supermarket hingga pasar, beli BBM, bayar transportasi online dan umum (Grab, Gojek, MRT, KRL, dll.)

Cara Daftar LinkAja Full Service Agar Bisa Transfer Insentif Prakerja dari LinkAja ke Rekening Bank


Untuk melakukan transfer dana insentif Kartu Prakerja ke rekening bank, terlebih dahulu kawan kawan harus memiliki akun LinkAja full service.

Cara daftar LinkAja full service agar bisa transfer insentif prakerja dari LinkAja ke rekening bank adalah sebagai berikut :
  1. Buka aplikasi LinkAja dan Pergi ke Menu “Akun” yang berada di pojok bawah kanan.
  2. Kemudian pilih “Tipe Akun”, setelah itu muncul popup dan pilih menu “Upgrade Sekarang”.
  3. Lengkapi data diri pada kolom yang tersedia dengan benar seperti nama Ibu kandung dan juga nomer NIK e-KTP.
  4. Selanjutnya lakukan foto secara live dan kedipkan mata sesuai instruksi di aplikasi LinkAja. Pastikan foto wajah dan e-KTP terang dan jelas.
  5. Permohonan upgrade akun LinkAja menjadi Full Service kawan kawan sedang di proses, tunggu kurang lebih hingga 1x24jam.
  6. Jika berhasil upgrade akun LinkAja ke Full Service, akan ada pemberitahun langsung dari notif pop up di layar HP, atau anda bisa cek secara berkala melalui aplikasi LinkAja.

Cara Transfer Saldo LinkAja dari Insentif Prakerja ke Rekening Bank


Untuk bisa melakukan transfer saldo LinkAja dari Insentif Kartu Prakerja, syarat yang harus dipenuhi adalah akun LinkAja telah Full Service. Bila belum, maka silakan lakukan upgrade terlebih dahulu sesuai dengan cara diatas, agar bisa menggunakan fasilitas transfer ke rekening bank.

Berikut ini adalah cara paling mudah yang dapat kawan kawan lakukan untuk transfer saldo LinkAja insentif kartu Prakerja ke rekening bank.
  1. Buka aplikasi LinkAja pada smartphone Anda, lalu pilih dan ketuk Kirim Uang.
  2. Selanjutnya akan ada pilihan metode transfer yaitu Snap QR, Nomor Telepon dan Rekening Bank. Karena saat ini kita ingin transfer saldo LinkAja ke rekening bank, maka pilihlah Rekening Bank.
  3. Pilih bank tujuan transfer dengan cara ketuk pada Pilih Tujuan Bank.
  4. Pilih nama bank tujuan sesuai dengan bank tempat membuka rekening yang kawan kawan miliki.
  5. Masukkan nomor rekening tujuan, lalu ketuk tombol Lanjut
  6. Tulis nominal transfer sesuai yang dikendaki. Lalu ketuk tanda ceklist tombol merah untuk melanjutkan.
  7. Sebelum transfer saldo LinkAja ke rekening bank diproses, Anda harus meninjau dan konfirmasi bahwa data yang Anda masukkan telah benar. Jika semua telah sesuai keinginan, maka ketuk tombol Konfirmasi untuk melanjutkan.
  8. Jika transfer saldo LinkAja ke rekening bank berhasil, maka akan muncul notifikasi dari aplikasi LinkAja yang menyatakan bahwa transaksi berhasil.


Untuk transfer ke rekening bank Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang terdiri dari Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI dan Bank BTN dari LinkAja tidak dikenai biaya atau gratis. Namun untuk transfer ke selain bank Himbara, akan dikenai biaya sebesar Rp 6.500. Kebijakan ini bisa berubah sesuai dengan keputusan dari pihak LinkAja.

Itulah tadi cara mencairkan insentif kartu prakerja dengan LinkAja. Mulai dari cara menyambungkan LinkAja dengan Kartu Prakerja, Cara daftar LinkAja full service agar bisa transfer insentif prakerja dari LinkAja ke rekening bank dan juga cara transfer saldo LinkAja dari insentif prakerja ke rekening bank.

Jika kawan kawan ingin mencairkan insentif kartu prakerja dengan e wallet selain LinkAja seperti OVO, Dana ataupun Gopay, secara umum caranya adalah sama dengan yang telah dijelaskan diatas, cuman yang membedakan adalah aplikasi yang digunakan adalah Ovo atau Gopay atau Dana. Semoga bermanfaat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url