Cara Daftar Bank Syariah Digital, Bank Aladin Langsung Dari Handphone

Aladin mobile banking adalah aplikasi bank digital syariah yang diterbitkan oleh PT Bank Aladin Syariah Tbk. PT Bank Aladin Syariah Tbk adalah lembaga perbankan yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan dan merupakan peserta Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Bank Digital merupakan bank yang semua layanannya sepenuhnya dijalankan secara digital. Semua aktivitas perbankan bisa dilakukan melalui aplikasi mobile banking, mulai dari pendaftaran, transaksi, transfer, top up, sampai urusan kartu ATM tertelan/hilang. 

Keuntungan menggunakan aplikasi bank Aladin diantaranya adalah gratis biaya admin per bulan, Gratis biaya transfer antar bank di ATM Bersama/Link dan aplikasi Aladin sesuai kuota, Gratis biaya tarik tunai di ATM Bersama/Link sesuai kuota.

Syarat Membuka Rekening Aladin

Untuk dapat daftar rekening di Bank Aladin, kawan-kawan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  • Berumur 17 tahun ke atas dan memiliki E-KTP
  • Warga negara Indonesia, dan
  • Tidak lahir di Amerika Serikat, Bukan pemegang Green Card Amerika Serikat, dan bukan wajib pajak di negara selain Indonesia.

Sebelum melakukan pendaftaran, siapkan beberapa hal berikut ini agar pendaftaran rekening Aladin berjalan dengan lancar:
  • HP Android minimal versi 5.0 (yang tidak di-root ataupun di-jailbreak).
  • Jaringan internet yang stabil.
  • Alamat email yang masih aktif
  • Nomor handphone yang masih aktif.
  • E-KTP 
  • NPWP (opsional)

Cara Daftar Rekening Aladin Hanya Pakai Handphone


Jika kawan-kawan mynotes.my.id telah memenuhi persyaratan untuk proses pendaftaran rekening Aladin dan juga telah menyiapkan dokumen untuk proses pendaftaran rekening Aladin, maka kawan-kawan bisa segera melakukan pendaftaran rekening Aladin menggunakan handphone.

Dengan jaringan internet yang lancar, kawan-kawan mynotes.my.id bisa menyelesaikan pendaftaran dalam waktu sekitar 5 menit saja.

Berikut adalah cara daftar rekening bank Aladin:

  1. Unduh dan install aplikasi Aladin: Bank Syariah Digital dari Google Playstore. 
  2. Buka aplikasi Aladin. Kemudian pilih 'Buka Rekening'. 
  3. Akan ditampilkan keunggulan dan juga penjelasan singkat tentang tabungan ala dompet. Scroll ke bawah unntuk melanjutkan dan kemudian pilih 'Buka Rekening'.
  4. Akan ditampilkan langkah pendaftaran dan juga syarat pendaftaran tabungan Aladin. Scroll ke bawah untuk melanjutkan dan kemudian pilih 'Mulai Sekarang'. 
  5. Masukkan alamat email yang masih aktif. Jika punya kode referral, klik 'Masukkan Kode'. Masukkan kode referral di kolom yang tersedia, kemudian pilih 'Lanjutkan'. Kode referral ini adalah opsional dan boleh tidak diisi. 
  6. Akan muncul petunjuk agar kawan-kawan periksa email verifikasi yang dikirim ke alamat e-mail yang didaftarkan. Buka email, kemudian klik 'Konfirmasi Email Saya' pada email yang dikirim oleh Aladin.
  7. Masukkan nomor handphone yang masih aktif. Kemudian pilih 'Lanjutkan'. 
  8. Masukkan kode OTP yang dikirim lewat SMS ke nomor yang telah didaftarkan.
  9. Buat kata sandi atau password yang minimal terdiri dari 8 karakter, menggunakan huruf kecil dan besar, serta menggunakan angka atau simbol. Kemudian pilih 'Lanjutkan'.
  10. Lakukan foto KTP langsung dari aplikasi Aladin dengan klik 'Foto e-KTP'. Agar berjalan lancar pastikan e-KTPnya tidak rusak/ kabur dan tulisannya bisa terbaca dengan jelas. Lakukan foto e-KTP di tempat dengan pencahayaan yang baik. Saat ini verifikasi nasabah Aladin langsung terkoneksi dengan data Dukcapil berdasarkan data eKTP yang dipindai. 
  11. Pada halaman data diri, pastikan data yang ditampilkan sudah sesuai, kemudian klik 'Lanjutkan'.
  12. Masukkan nama Ibu Kandung. 
  13. Langkah berikutnya adalah melakukan verifikasi identitas dengan pindai wajah. Pastikan pencahayaan cukup, wajah terlihat jelas dan juga berpakaian yang rapi. Jika sudah siap klik 'Mulai' dan ikuti instruksi pada aplikasi sampai muncul keterangan 'Verifikasi Wajah Berhasil', lalu klik 'Lanjutkan'.
  14. Masukkan tentang Data Pekerjaan. Jika sudah maka klik 'Lanjutkan'
  15. Pilih tujuan membuka rekening.
  16. Pilih pendapatan bulanan.
  17. Pilih sumber pendapatan.
  18. Akan ditampilkan Akad pembukaan rekening Mudharabah, jika setuju klik 'Lanjutkan'. 
  19. Akan ditampilkan Syarat dan Ketentuan. Jika setuju ceklist pada kolom yang tersedia dan kemudian klik 'Setuju & Lanjutkan'. 
  20. Buat PIN dengan klik 'Lanjutkan ke Buat Pin'.
  21. Selamat rekening Ala Dompet di Aladin berhasil dibuka.

Setelah berhasil membuka rekening, kawan-kawan harus melakukan top up atau isi saldo di rekening tabungan Aladin. Karena salah satu syarat sah akad mudharabah adalah adanya dana atau modal dari shahibul maal (nasabah).

Sebelum melakukan setoran awal, akad mudharabah rekening kawan-kawan belum aktif berlaku. Jadi, untuk mengaktifkannya perlu melakukan setoran awal terlebih dahulu ke rekening Aladin tersebut.

Karena Aladin ini adalah termasuk bank digital, maka kawan-kawan tidak akan mendapatkan buku tabungan. Untuk melihat  atau download e-statement bulanan dapat dilakukan melalui aplikasi Aladin dengan cara:
  1. Buka dan login ke aplikasi Aladin.
  2. Pilih 'Riwayat'.
  3. Pilih 'Download E-Statement'.
  4. Pilih bulan yang dinginkan.

Itulah tadi cara daftar rekening tabungan bank Aladin melalui aplikasi Aladin. Untuk dapat daftar di Aladin, kawan-kawan harus memenuhi persyaratan yang ditentukan. Selain itu setelah berhasil membuka rekening, kawan-kawan harus melakukan top up atau isi saldo di rekening tabungan Aladin. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url