Cara Mudah Mengurus Kartu ATM Mandiri Yang Hilang Atau Rusak, Hanya Sekitar 1 Menit

Cara mengurus kartu debit/ ATM Bank Mandiri yang rusak atau hilang tanpa harus antri di petugas customer service bank Mandiri adalah dengan menggunakan Customer Service Machine (CSM) yang sudah ada di beberapa kantor cabang Bank Mandiri.

Customer Service Machine atau biasa disebut mesin ATM Cetak kartu ATM ini merupakan layanan digital terbaru dari Bank Mandiri yang dapat digunakan untuk proses penggantian kartu debit yang rusak, hilang serta upgrade/ downgrade jenis kartu ATM dan juga bisa digunakan untuk pembukaan rekening secara praktis dan mandiri (self service) tanpa harus mengantre di petugas Customer Service cabang bank Mandiri.

Jadi CSM ini tidak hanya dapat digunakan oleh nasabah Bank Mandiri untuk ganti kartu ATM, tetapi juga dapat digunakan oleh non nasabah bank Mandiri untuk buka rekening tabungan bank Mandiri.

Dengan Customer Service Machine ini tentunya memberikan kemudahan bagi nasabah maupun calon nasabah dalam melakukan transaksi dengan menggunakan mesin tanpa harus datang & antre di cabang bank Mandiri. Untuk pembukaan rekening tabungan bank mandiri hanya butuh waktu sekitar 5 menit & untuk penggantian kartu hanya sekitar 1 menit.

Lokasi Customer Service Machine (Mesin Customer Service) Bank Mandiri 


Untuk saat ini, belum semua kantor cabang Bank Mandiri tersedia fasilitas layanan CS Machine. Berdasarkan informasi dari website bank Mandiri yang kami akses pada 19/09/2022 berikut adalah beberapa lokasi mesin Customer Service Machine:
  • Sumatera Utara
    • Kotak Digital Medan Center Point (10501), Jl. Veteran No 1 H, Kel Gang Buntu, Kec. Medan Timur, Kota Medan, Sumatera Utara 20231
  • Sumatera Selatan
    • Palembang Sudirman (11200), Jl. Jend. Sudirman No.419, 24 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30134 
    • Palembang Gedung Kanwil (11306), Jl. Kapten A. Rivai No.1008, 26 Ilir D.I, Kec. Bar Ilir. I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30137
  • DKI Jakarta
    • Kota Kasablanka (12428),  Lantai LG, Jalan Casablanca No. 88, Lantai LG Unit No. 99, RT.16/RW.05, Menteng Dalam, Kec. Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12870 
    • Sudirman Bapindo (10200),  Menara Mandiri, Jl. Jend. Sudirman No.54-55, RT.5/RW.3, Senayan, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12190 
    • Plaza Mandiri (07000), Plaza Mandiri, Jl. Jend. Gatot Subroto Kav.36-38, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12190 
    • Digital Box Jakarta Mediterania Tanjung Duren (Central Park) (16541), Central Park Lantai LG, Jl. Letjen S. Parman No.kav.28, RT.12/RW.6, Tj. Duren Sel., Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11470
    • Pondok Indah Mall 1 (10105),  Jl. Metro Pondok Indah, RT.1/RW.16, Pd. Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12310
    • Jakarta Gandaria City (10124),  Gandaria City Mall, UG MU 35 Jl. Sultan Iskandar Muda 12240
    • Kotak Digital Jakarta Plaza Indonesia (12217),  Plaza Indonesia Lt.3, Jl. MH Thamrin Kav 28-30, Jakarta Pusat, 10350
    • Senayan City (12222),  Lantai LG, Jl. Asia Afrika No.19, RT.1/RW.3, Gelora, Kec. Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10270
    • DPR RI (12219), Gedung Nusantara II, Jl. Jenderal Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Selatan, DKI Jakarta 10270
    • Bursa Efek Jakarta (10400),  Gedung Bursa Efek Indonesia, Tower 1 Lantai GF, Jl. Jend. Sudirman Kav. 52 - 53, DKI Jakarta 12190
    • Jakarta Menara Indomaret (16816),  Jl. Pantai Indah Kapuk Boulevard No.1, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta 14470
    • Jakarta Kebon Sirih (12100),  Jl. Tanah Abang Timur No.1, RT.2/RW.3, Gambir, Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10110
    • Jakarta Daan Mogot (11800),  Jl. Raya Daan Mogot No.3, RW.8, Wijaya Kusuma, Kec. Grogol Petamburan, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta 11460
  • Jawa Barat
    • Depok Margonda (15700),  Jl. Margonda Raya No.2, Kemiri Muka, Kec. Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16432
    • Bekasi Juanda (15600), Jl. Ir. H. Juanda No.155, RT.005/RW.001, Bekasi Jaya, Kec. Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat 17112
    • Kotak Digital Bandung STT Telkom (16400), Jl. Japati No.1, Sadang Serang, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40133
  • Banten
    • Tangerang Bintaro CBD Bintaro Jaya, Sektor 7, Jl. Jenderal Sudirman No. A1-03, Pd. Jaya, Kec. hal. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten 15224
  • Yogyakarta
    • Kotak Digital Jogja City Mall (13716),  Lantai, Jl. Magelang 18 No.6, Kutu Patran, Sinduadi, Kec. Mlati, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, 55284.
    • Yogyakarta UGM Jl. Kaliurang, Sekip Blok L-6, Kel. Desa Sinduadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman, DI Yogyakarta 55281
  • Jawa Tengah
    • Digital Box Solo Techno Park (13880),  Jl. Ki Hajar Dewantara No.19, Jebres, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah, 57126
  • Jawa Timur
    • Surabaya Bandara Juanda (14102),  Bandara Juanda Surabaya, Jl. Ir. H. Juanda, Betro, Kec. Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61253
    • Surabaya Tunjungan Plaza 6 (14202),  Jl. Embong Malang No. 21-31, Tunjungan Plaza 6 Lantai 03 Unit 018, Kota Surabaya, 60261
    • Surabaya Univ Airlangga (14241),  Gedung Airlangga Tower Kampus B, Jalan Airlangga No 4-6, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota Surabaya, Jawa Timur 60286
  • Bali
    • Kotak Digital Menara Mandiri Bali Surapati (14500), Jl. Surapati No. 15-17, Kel. Dangin Puri, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali 80238
    • Kotak Digital Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (17509), Jalan Raya Gusti Ngurah Rai, Tuban, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali 80362

Untuk update lokasi Customer Service Machine, kawan-kawan dapat melihat di website berikut ini -> Lokasi mesin CMS Mandiri

Cara Ganti Kartu ATM Bank Mandiri Karena Rusak atau Hilang Di Mesin Customer Service Machine


Cara ganti kartu ATM Mandiri yang hilang lewat mesin CSM ini tidak memerlukan surat kehilangan dari kepolisian. Cara ganti kartu ATM Mandiri yang rusak ataupun hilang adalah sama. Untuk penggantian kartu ATM di mesin CSM ini akan dikenakan biaya Rp20.000 yang langsung dipotong dari saldo di rekening tabungan bank Mandiri.

Semua jenis kartu debit Bank Mandiri, baik itu Silver GPN, Gold GPN, Platinum GPN, Gold VISA, dan Platinum VISA dapat melakukan penggantian kartu di CS Machine. Jika kartu Mandiri debit/ ATM yang lama milik nasabah memiliki lebih dari 1 rekening (multiaccount) tetap dapat melakukan penggantian kartu di CS Machine, dan kartu Mandiri Debit barunya akan otomatis membawa seluruh rekening yang ada pada kartu lama nasabah.

Untuk diketahui, saat ini hanya kartu dengan status terblokir sementara yang dapat dilakukan penggantian di CS Machine. Sementara untuk pergantian kartu terblokir permanen harus mengunjungi cabang Bank Mandiri terdekat.

Persyaratan yang harus disiapkan kawan-kawan nasabah bank Mandiri untuk mengurus atau ganti kartu debit/ ATM Bank Mandiri yang rusak ataupun hilang melalui Customer Service Machine adalah sebagai berikut:
  • Membawa e-KTP asli dan pastikan e-KTP dalam kondisi yang baik.
  • Siapkan nomor rekening tabungan dari kartu debit/ ATM yang akan diganti baik karena rusak atau hilang.
  • Siapkan PIN kartu debit/ ATM yang akan diganti (PIN ATM kartu debit bank Mandiri yang hilang/ rusak)

Berikut adalah cara untuk ganti kartu debit/ ATM Bank Mandiri yang rusak atau hilang melalui Customer Service Machine terbaru lengkap dengan gambarnya:

  1. Kunjungi lokasi Customer Service Machine (CSM) Bank Mandiri terdekat.
  2. Di layar mesin CSM, silahkan pilih menu 'ganti kartu debit'. 
  3. Langkah selanjutnya pilih opsi 'tidak bawa' untuk pertanyaan apakah anda membawa kartu?
  4. Letakkan e-KTP sesui dengan yang terdaftar di rekening tabungan yang kartu ATM-nya rusak atau hilang pada tempat yang tersedia hingga verifikasi selesai. 
  5. Letakkan jari telunjuk kanan Anda pada tempat yang tersedia untuk verifikasi sidik jari.
  6. Kemudian masukkan nomor rekening yang terhubung dengan kartu yang ingin digantikan. 
  7. Pilih kartu Mandiri Debit yang akan dilakukan penggantian dan kemudian pilih 'Lanjut'.
  8. Masukkan 6 digit PIN kartu ATM yang rusak atau hilang. 
  9. Pilih jenis kartu pengganti mandiri debit/ ATM yang sesuai dengan yang dibutuhkan.
  10. Untuk melanjutkan, lalukan konfirmasi biaya penggantian kartu debit yang akan dibebankan ke rekening Anda dengan klik 'setuju'. 
  11. Buat 6 digit PIN kartu ATM yang baru.
  12. Masukkan PIN kartu ATM yang baru sekali lagi. 
  13. Penggantian kartu selesai dan jangan lupa ambil kartu debit/ ATM baru yang keluar dari mesin CSM.

Setelah kartu ATM yang baru berhasil dibuat melalui mesin CSM Bank Mandiri, maka Kawan-kawan dapat melakukan berbagai transaksi di ATM Bank Mandiri seperti misalnya top up Gopay, transfer ke sesama rekening Mandiri ataupun antar bank, bayar tilang online dan lain sebagainya.

Itulah tadi cara ganti kartu debit/ ATM Bank Mandiri yang rusak atau hilang tanpa perlu surat kehilangan dari kepolisian dan juga tanpa perlu antri di petugas Customer Service Bank Mandiri. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Kawan-kawan semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url