Sejarah Hari Ibu Nasional dan Contoh Puisi Untuk Hari Ibu

Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Sejarah Hari Ibu di Indonesia berawal dari perjuangan perempuan Indonesia untuk mendapatkan hak-hak yang sama dengan laki-laki.

Lalu kenapa peringatan hari Ibu di Indonesia ditetapkan pada tanggal 22 Desember?

Sejarah Peringatan Hari Ibu di Indonesia Setiap 22 Desember


Hari Ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember bermula ketika pejuang wanita berkumpul pada 22-25 Desember 1928. Pada tanggal tersebut, para wanita menghadiri Kongres Perempuan I di Yogyakarta yang diikuti sekitar 30 organisasi perempuan yang berasal darai Jawa dan Sumatera.

Hasil Kongres Perempuan I tersebut adalah mendirikan Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI). Selain itu, mereka juga sepakat untuk berjuang bersama laki-laki dalam merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajah.

Pada tahun 1929, Perikatan Perkoempoelan Perempoean Indonesia (PPPI) selanjutnya berganti nama menjadi Perikatan Perkoempoelan Istri Indonesia (PPII). 

Kongres Perempuan kedua pun digelar pada tahun 1935 dan kongres ketiga dihelat tiga tahun setelahnya tepatnya pada tahun 1938. Salah satu keputusan dari Kongres Perempuan III yang dilaksanakan di bandung adalah menetapkan hari pertama Kongres Perempuan I, yakni tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu Nasional

Pengumuman tersebut selanjutnya ditetapkan oleh pemerintah melalui Keppres Nomor 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan hari Libur tertanggal 16 Desember 1959.

Hari Ibu di Indonesia tidak hanya diperingati sebagai bentuk penghargaan terhadap peran ibu dalam keluarga dan masyarakat, tetapi juga sebagai dukungan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya peran ibu dalam keluarga dan masyarakat.

Kini, Hari Ibu di Indonesia diperingati oleh semua kalangan, baik itu pemerintah maupun masyarakat, sebagai bentuk penghargaan terhadap peran ibu dalam keluarga dan masyarakat, serta sebagai dukungan dalam memperjuangkan hak-hak perempuan.

Contoh Puisi Memperingati Hari Ibu


IBU

Ibu, kau adalah matahari
Yang selalu menyinari hari-hariku
Dengan kasih sayang dan cinta yang tulus
Kau selalu ada untukku

Ibu, kau adalah pelindung
Yang selalu ada untuk melindungiku
Dari semua keburukan dan kejahatan
Kau selalu ada untukku

Ibu, kau adalah guru
Yang selalu mengajarku
Untuk menjadi manusia yang baik
Dan selalu memberikan semangat

Ibu, kau adalah sahabat
Yang selalu memahami dan mendengarkan
Semua keluh kesah dan cerita
Kau selalu ada untukku

Ibu, aku takkan pernah lupa
Semua yang telah kau lakukan
Untuk membesarkan dan mencintaiku
Terima kasih atas segalanya
Ibu, aku cinta kamu selamanya
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url