Cara Membeli Domain Untuk Blogspot di Rumah Web

Cara Membeli Domain Untuk Blogspot di Rumah Web

Blogspot merupakan salah satu platform favorit bagi seseorang untuk membuat sebuah blog. Menurut data dari trends.builtwith.com, pada saat artiket ini dibuat Blogspot menduduki urutan kedua dalam kategori blog di Indonesia. Penggunanya sekitar 17% dari seluruh blog di Indonesia (Data per 20 September 2020).

Data pengguna blogspot di Indonesia
Data pengguna Blog di Indonesia

Platform blogspot ini disukai banyak bloger karena gratis dan mudah digunakan. Sayangnya, platform bBlogspot ini juga memiliki kekurangan. Salah satunya blog yang dibuat dengan platform ini akan menggunakan subdomain sebagai alamatnya. Contohnya pada blog ini mempunya alamat catatankoe2020.blogspot.com.

Selain panjang dan kurang terlihat menarik, penggunaan subdomain mengurangi kredibilitas blog Anda. Akan tetapi Anda bisa menggantinya dengan nama domain, sehingga akan meningkatkan kredibilitas dari blog Anda. Dalam artikel ini, Anda akan belajar cara membeli domain untuk Blogspot dari Rumah Web dengan mudah.

Kenapa Harus Membeli Domain Untuk Blogspot

Secara umum tidak ada larangan memakai Blogspot sebagai media blogging, tanpa harus membeli domain untuk blogspot. Berikut ini adalah alasan untuk menghindari pemakaian subdomain dari blogspot: 

1. Fleksibilitas

Subdomain tidak bisa dipindahkan ke platform blog lainnya. Jika suatu saati Anda ingin beralih ke content management system (CMS) seperti WordPress, alamat blog yang sudah ada tidak dapat digunakan di platform yang baru. Anda akan rugi jika sudah memiliki banyak pembaca setia.

2. Susah ditemukan di Google.

Ketika memasukkan sebuah kata kunci di mesin pencarian milik Google, kemungkinan besar tidak ada blog dari Blogspot yang muncul. Oleh karena itu, Blogspot bukanlah pilihan yang tepat jika ingin blog Anda terkenal. Walaupun untuk beberapa kasus ada beberapa blog dengan subdomain blogspot yang menduduki peringkat 1 di mesin pencarian Goggle, tetap jumlah sangatlah terbatas.

3. Tidak terlihat profesional.

Blogspot bukanlah media yang tepat untuk membangun suatu brand. Banyaknya blog yang melakukan spam dengan menggunakan blogspot.com mengurangi kredibilitas platform ini.

4. Sukar mendapatkan backlink.

Backlink merupakan salah satu cara agar blog yang Anda buat mudah ditemukan oleh Google. Namun dengan alasan di atas, pemilik blog atau website lain biasanya enggan memberikan backlink jika Anda menggunakan Blogspot.

5. Dapat digunakan untuk membuat email.

Pemilik domain juga dapat membuat akun email dengan nama blognya di belakangnya, seperti admin@mynotes.com. Jika digunakan dalam konteks bisnis, tentunya alamat email tersebut membuat Anda terlihat lebih profesional.

6. Domain tidak perlu mahal.

Harga domain tidak selalu menguras dompet Anda. Beberapa ekstensi domain seperti .xyz, .online, dan .site tersedia dengan harga terjangkau. Namun pastikan harga perpanjangannya jangan sampai memberatkan anda. Untuk saat ini ekstensi domain yang murah baik ketika pembelian pertama kali ataupun perpanjangannya adalah domain dengan ekstensi .my.id.

Website Beken Berawal dari Domain Keren

 

Kenapa Harus Membeli Domain Untuk Blogspot di Rumah Web


Rumah Web adalah salah satu penyedia domain dan web hoster tertua, terkenal dan populer di Indonesia. Saya yakin banyak dari Anda sudah mengenalnya. Itulah salah satu alasan kenapa saya selalu membeli domain untuk blogspot di rumah web. Domain untuk blog ini adalah domain ke 4 yang saya beli di rumah web. Saya belum pernah menggunakan hosting dari rumah web, karena selama ini saya menggunakan blogspot sebagai platform untuk membuat blog. Jadi untuk hosting sudah disiapkan oleh Google sebagai pemilik Blogspot.

Berdasarkan laman rumah web, perusahaan ini didirikan pada tahun 2002 di Yogyakarta, dan kini melayani lebih dari 14.000 domain pelanggan. Berawal dari 1 server, kini Rumahweb telah memiliki lebih dari 30 server untuk melayani hosting dan VPS/Cloud.

Berikut adalah alasan saya tetap menggunakan rumah web sebagai penyedia domain saya.

1. Layanan Bantuan 24 Jam Setiap Hari

Rumah Web mensupport layanan 24 jam setiap hari untuk membantu menjawab semua pertanyaan pelanggan terkait berbagai layanannya melalui telepon, LiveChat ataupun Email. Sehingga, jika saja pelanggan memiliki keluhan, mereka akan responsive dan didukung juga dengan Customer Service yang ramah.

2. ID Protection dengan harga Rp 10.000

Dengan membeli domain di Rumahweb, saya bisa mendapatkan ID Protection dengan harga yang relatif murah , hanya Rp 10.000 per tahun saja. Privacy Protection atau ID Protection adalah fitur dari Rumahweb untuk tidak menampilkan data pribadi Anda di halaman WHOIS. Dengan demikian informasi pribadi Anda seperti nama, alamat, dan nomer telepon akan aman dari jangkauan pihak-pihak yang bisa menyalahgunakan informasi tersebut, seperti telemarketer, spammer, pencuri identitas, stalker, dan juga penjahat.

Cara Membeli Domain Untuk Blogspot di Rumah Web


Untuk membeli domain di Rumah Web, Anda harus masuk ke website dari Rumah Web. Bisa di cari dimesin pencari Google dengan mengetik Rumah Web atau bisa juga dengan langsung klik disini.

Berikutnya anda ketik nama domain yang Anda inginkan di tempat yang tersedia. Kali ini Saya akan membeli nama domain "mynotes". Setelah itu klik "Search". 


Setelah itu Anda akan dialihkan ke halaman lainnya yang menampilakn nama domain Anda dengan berbagai varian ekstensinya. Di situ terlihat beberapa ekstensi dari nama domain baik yang sudah ada pemiliknya (not available) sehingga tidak bisa kita beli ataupuan ekstensi yang masih bisa kita beli.

Disini saya akan membeli domain "mynotes.my.id". Saya sekalian memilih untuk membeli fitur pengaktifan ID protection. Setelah itu pilih lanjutkan.

Setelah itu akan diarahkan ke pilihan untuk membeli domain saja atau sekalian dengan hostingnya. Dikarenakan saya menggunakan blogspot maka saya hanya membeli domain saja.

Jika Anda sudah pernah membuat akun di Rumah Web, Anda bisa langsung login untuk melanjutkan ke pembayaran. Jika belum, Anda bisa daftar dulu menggunakan email atau bisa juga login menggunakan akun google, facebook ataupun twitter Anda.

Setelah login Anda akan diarahkan ke metode pembayaran yang diinginkan. Banyak pilihan yang diberikan, pilih yang paling memudahkan Anda.


Habis itu silakan di Check Out, dan segera bayarlah sesuai petunjuk pembayaran yang Anda pilih. Jika sudah anda melakukan pembayaran, maka Anda segera akan mendapat email dari Rumah Web yang memberitahu bahwa domain yang anda pilih telah menjadi milik Anda.


Nah setelah berhasil membeli domain untuk blogspot di Rumah Web, apakah domain itu langsung otomatis terpasang di blog Anda. Tentu tidak, masih ada yang harus Anda lakukan untuk mengganti domain blogspot menjadi domain yang telah dibeli dari Rumah Web. Untuk mengetahui langkah langkah costum domain blogspot dengan domain dari Rumah Web akan kita bahas pada artikel selanjutnya.

Itulah cara dan langkah langkah dalam membeli domain untuk blogspot dari Rumah Web. Selamat mencoba.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url