Mengenal Sego Boranan, Kuliner Enak dari Lamongan

Seakan tidak ada habisnya untuk membicarakan dan menikmati kuliner khas Lamongan. Selain soto Lamongan dan pecel lele, ada lagi kuliner nikmat khas Lamongan, yaitu sego boranan atau nasi boranan.

Asal Usul Nama Sego Boranan


Kuliner khas Lamongan yang lezat ini dikenal dengan sebutan nasi Boran. Disebut sego boranan karena berasal dari nama dari tempat atau wadah nasi yang berupa anyaman bambu.

Tempat nasi yang berupa anyaman bambu tersebut oleh warga Lamongan dikenal dengan nama Boran. Biasanya boran ini dibawa dengan cara digendong menggunakan selendang.

Nasi boranan ini banyak ditemukan jika kita berkunjung ke Lamongan. Hampir di setiap sudut kota Lamongan dengan mudah dapat kita temukan penjual nasi boranan ini.

Isi Nasi Boranan


Nasi boranan khas Lamongan ini terdiri dari nasi, bumbu atau sambal, lauk dan rempeyek. Pelengkap lain yang melengkapi nasi boran adalah "empuk" atau tepung yang digoreng dan "pletuk" terbuat dari kacang dan remah nasi aking.

Untuk lauknya tersedia berbagai macam pilihan, diantaranya daging ayam, jeroan, ikan bandeng, telur dadar, telur asin, tahu, tempe. Selain itu yang spesial adalah ikan Sili. Ikan Sili ini adalah ikan khas air tawar yang bisa ditemukan hidup liar di rawa atau sungai dan belum bisa dikembangkan secara massal.

Untuk penyajiannya, pada umumnya nasi putih dan lauk, kemudian diberi dan ditaburi rempeyek di atasnya. Jangan lupa untuk disiram dengan bumbu atau sambalnya.

Terdapat dua jenis sambal yang biasa digunakan. Yakni sambal kuah dan sambal urap. Sambal kuah dibuat dengan rempah seperti cabai merah dan rawit yang direbus. Lalu bawang merah dan putih yang digoreng, kelapa parut, beras mentah yang sudah direndam.

Sedangkan untuk sambal urap dibuat dengan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, garam, cabai merah, penyedap rasa, dan kelapa parut. Sambil urapnya ini tidak dikukus seperti biasanya, tetapi dipanaskan menggunakan kreweng untuk menimbulkan rasa asap yang khas.

Resep dan Cara Membuat Nasi Boranan Khas Lamongan


Tidak seperti pecel lele dan soto ayam lamongan, sego Boranan ini sangat sulit untuk dijumpai di luar kota lamongan.

Untuk itu bagi kawan kawan yang kepengen menikmati sego boranan ini dapat membuat sendiri di rumah dengan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:
  • nasi putih secukupnya
  • 400 ml minyak goreng
  • Siapkan Bahan sambal atau bumbu nasi boran :
  1. 5 potong tempe
  2. 6 potong tahu putih
  3. 3 buah ceker
  4. 100 gram kelapa parut
  5. 1 batang daun bawang
  6. 2 lembar daun jeruk
  7. 1 sdt garam
  8. 1/2 sdt kaldu bubuk
  9. 250 ml air
  • Bumbu halus :
  1. 7 siung bawang merah
  2. 3 siung bawang putih
  3. 7 buah cabe merah keriting
  4. 2 buah cabe rawit merah
  5. 2 butir kemiri
  6. 1/2 sdt ketumbar
  7. 1 ruas kunyit
  8. 1 ruas lengkuas
  • Bahan bahan untuk empuk :
  1. 3 sdm tepung terigu
  2. 1/4 sdt fernipan
  3. 1/4 sdt gula pasir
  4. 1/2 sdt garam
  5. 1 siung bawang putih
  6. 50 ml air
  • Bahan bahan untuk rempeyek :
  1. 7 sdm tepung beras
  2. 2 sdm tepung kanji
  3. 1 ruas kunyit
  4. 2 siung bawang putih
  5. 1/4 sdt ketumbar
  6. 4 butir kemiri
  7. 1/2 sdt garam
  8. 250 ml air
  9. 2 lembar daun jeruk
  10. 1 batang daun bawang

Cara membuat Nasi Boran Khas Lamongan:

  • Goreng tahu putih, sisihkan.
  • Rebus ceker, sisihkan.
  • Sangrai kelapa parut kemudian ulek, lalu sisihkan.
  • Potong kasar daun bawang, goreng sebentar, sisihkan.
  • Panaskan sedikit minyak goreng. Tumis bumbu halus dan daun jeruk. Masukkan air, kelapa parut yang sudah di sangrai dan di haluskan tadi, tempe, tahu dan ceker. Beri garam dan kaldu bubuk, jangan lupa koreksi rasa. Masak hingga air sedikit mengental lalu angkat.
  • Untuk membuat empuk : Campur tepung terigu, fernipan, gula pasir, garam, bawang putih yang sudah di haluskan dan air. Aduk rata, tekstur adonan kental. Setelah itu diamkan selama 40 menit, kemudian goreng hingga kekuningan lalu angkat dan tiriskan.
  • Untuk membuat rempeyek : Haluskan kunyit, bawang putih, ketumbar, dan kemiri, sisihkan.
  • Dalam wadah masukkan tepung terigu, tepung kanji, bumbu yang sudah di haluskan, garam, irisan daun bawang dan daun jeruk. Beri air sedikit demi sedikit, aduk rata. Tekstur adonan encer.
  • Panaskan minyak goreng. Tuang 1 sendok sayur adonan di dinding penggorengan. Adonan akan mengalir kebawah sehingga menghasilkan rempeyek yang tipis. Sambil terus di siram-siram dengan minyak panas. Goreng hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

Itulah tadi bahan bahan dan bagaimana cara membuat sego atau nasi boranan khas lamongan. Selamat mencoba!!!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url