Resep Pecel Blitar dengan Rasa Pedas dan Aroma Kencur dan Jeruk yang Khas

Banyak sekali varian dari pecel, makanan yang sangat populer di Indonesia, khususnya daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Ada pecel kediri dengan sambal tumpangnya, ada pecel madiun, ada pecel ponorogo, dan masih banyak lagi pecel pecel lainnya, dan tentunya dengan kekhasannya masing masing.

Seperti kita ketahui pecel adalah makanan yang menggunakan bumbu sambal kacang sebagai bahan utamanya, yang dicampur dengan aneka jenis sayuran. Banyak cara untuk menikmati pecel, seperti dengan menggunakan nasi, lontong, ataupun punten seperti pada kuliner khas Blitar lainnya yaitu pecel punten.

Ciri Khas Pecel Blitar

Seperti disebutkan diatas setiap daerah mempunyai ciri khas dari masing masing pecelnya. Ciri khas dari pecel khas Blitar adalah rasa sambalnya yang pedas dan aroma kencur serta aroma jeruk purutnya yang menonjol. Selain itu tekstur kacangnya agak kasar dibanding pecel dari daerah lain.

Untuk sayurnya, biasanya selain kacang panjang dan kecambah, juga menggunakan sayuran yang berasa lebih tajam, seperti daun singkong, daun papaya, dan daun kenikir. Oleh karena itu Sambel Pecel Blitar mempunyai cita rasa yang khas dan tentunya lezat dan nikmat di lidah.

Warung Pecel di Blitar


Jika kawan kawan sedang berkunjung ke kota Blitar, jangan lupa untuk menikmati salah satu kuliner khas Blitar ini langsung di tempat asalnya. Sebelum memulia berwisata ke beberapa destinasi favorit di Blitar, seperti Makam Bung Karno, kampung Coklat, Candi Penataran ataupun wisata lainnya, lebih mantab jika mengisi energi terlebih dahulu dengan sarapan di warung warung yang menjual pecel yang banyak di Kota Blitar Raya.

Beberapa warung pecel yang cukup terkenal di Blitar Raya adalah

Warung Pecel “MBOK BARI”

Warung pecel Mbok Bari sangat terkenal di Blitar yang disebut juga kota Patria. Pecel Mbok Bari ini telah dirintis sejak tahun 1964 yang lalu dan sekarang telah memiliki beberapa cabang. Salah satunya warung Pecel Mbok Bari ini berada di Jl. Ir. Soekarno No. 189, Sentul, Kepanjenkidul, Blitar.

Nasi pecel disini penyajiannya dengan cara memasukkan sayuran, seperti daun singkong rebus, kecambah dan daun kemangi diatas nasi hangat. Kemudian disiram sambal pecel yang khas di atasnya. Tak ketinggalan tempe goreng dan peyeknya. Selain itu kawan kawan juga bisa nambah lauk pendamping mulai dari ayam goreng, bothok tawon, sate telur puyuh dan lainnya.

Warung Pecel “ BU TEDJO”

Warung pecel Bu Tedjo ini terletak di Gg 7 Jl. Srigading No.7, Kepanjen Kidul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. Kita bisa menikmati nasi pecel khas Blitar dengan harga terjangkau disini.

Warung Pecel "Mbok Sani"

Warung nasi pecel Mbok Sani ini adalah salah satu warung nasi pecel legendaris Blitar yang telah ada sejak tahun 1970. Lokasinya tepatnya ada di Dusun Kembangan, Sumberjo, Blitar. Dalam kondisi normal buka dari jam enam sampai sepuluh pagi. Usahakan untuk datang lebih awal agar tidak kehabisan nasi pecelnya.

Seporsi nasi pecel di warung ini terdiri dari nasi dan sayuran rebusan tauge, kangkung dan daun pepaya. Tak lupa tentu pakai siraman sambal pecelnya. Juga lauk seperti tahu tempe goreng dan rempeyek kacang.

Masih banyak penjual nasi pecel di Blitar, seperti Nasi Pecel Mbok Bari 2 di Sentul, Blitar, Kota Blitar. Ada lagi Warung pecel Bu Trimo, yang terletak di Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar. Nasi Pecel Mbok Bari 6 yang berlokasi di l. Ir. Soekarno No.189, Sentul, Kec. Kepanjenkidul, Kota Blitar. Di sebelah timur kabupaten Blitar ada Nasi Pecel pandean, yang berlokasi di Jalan Kedondong No 42, Tenggok, Pandean, Wlingi, Blitar. Dan masih banyak lagi penjual nasi pecel khas Blitar lainnya.

Resep dan Cara Membuat Pecel Khas Blitar


Jika kawan belum mempunyai kesempatan untuk menikmati nasi pecel Blitar di kota asalnya, kawan bisa membuat sendiri pecel khas Blitar di rumah, dengan bahan bahan yang mudah didapatkan di warung warung sekitar.

Bahan bahan membuat Pecel khas Blitar

Jika kita ingin membuat sendiri di rumah, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus disiapkan, yaitu :
  • 2 kg Kacang tanah
  • 6 ons Cabai merah
  • 5 lembar Daun Jeruk Purut
  • 2 ons gula merah
  • 5 biji kencur
  • Garam secukupnya
  • 10 suing bawang putih
  • 250 ml minyak goreng
  • 3 bungkul asam

Cara membuat Pecel khas Blitar

  • Sangrai kacang tanah tanpa minyak, dengan wajan tebal atau wajan dari tanah, sampai matang atau kecoklatan, kemudian buang kulit arinya, dan tumbuk kasar (bisa juga menggunakan mesin giling manual), sisihkan. 
  • Tumbuk halus dan sangrai tanpa minyak biar lebih wangi kencur, bawang putih, cabai merah, daun jeruk purut, (cabe rawit bila pakai untuk menambah rasa pedas), campur gula merah, gula putih, garam, dan asam uleni sampai rata. 
  • Campur bumbu halus dan kacang aduk sampai rata betul. 
  • Kemudian ditumbuk atau digiling ulang supaya lebih rata dan keluar minyak. 
  • Bumbu pecel siap digunakan. 
  • Jika digunakan ambil beberapa sendok campur sedikit air panas aduk rata, siramkan ke sayur-sayur pecel.

Itulah tadi bahan - bahan dan cara membuat sambel pecel khas Blitar yang pedas dengan rasa kencur dan jeruk purutnya yang kuat. Selamay mencoba!!!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url