Cara Beli Tiket Kereta Api Lokal dengan Pembayaran Menggunakan QRIS

Untuk memudahkan pelanggan dan pengguna kereta api, PT Kereta Api Indonesia (KAI) sebagai operatornya terus mengembangkan berbagai layanan digital, salah satunya aplikasi KAI Acces. Pada aplikasi KAIacces, untuk pembayaran kereta lokal selain terdapat menu pembayaran yang langsung tersambung ke aplikasi LinkAja, sekarang juga sudah tersedia pembayaran tiket kereta api menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard). 

Dengan pembayaran kereta api lokal menggunakan QRIS, pelanggan kereta api dapat menggunakan pembayaran dari seluruh penyedia layanan dompet digital seperti LinkAja, Ovo, Gopay, Dana, dan lain sebagaianya.

Cara Membeli Tiket Kereta Api Lokal dengan Pembayaran menggunakan QRIS


Untuk melakukan pembayaran dengan QRIS di KAI Access, caranya cukup mudah. Setelah pelanggan memilih tanggal, jadwal, kemudian lanjut di pembayaran. Pada menu pembayaran, pelanggan cukup memilih metode pembayaran QRIS pada tahap pembayaran. 

Kemudian klik mengunduh QRIS untuk menyimpan gambar QRIS-nya. Selanjutnya pada aplikasi dompet digital, lakukan pembayaran dengan mengunggah gambar QRIS yang sudah diunduh sebelumnya.

Urutan dari membeli tiket kereta api lokal menggunakan aplikasi KAIAcces dengan pembayaran QRIS adalah sebagai berikut:

1. Buka aplikasi KAIAcces pada smartphone kawan kawan. Kemudian pilih tab KA Lokal. Kemudian isi asal dan tujuan, Tanggal berangkat dan jumlah penumpang (maksimal 10 penumpang/tiket). Kemudian klik menu "CARI".

2. Setelahnya kawan kawan akan dibawa ke halaman untuk memilih Kereta api dan juga jam keberangkatan. Pilih salah satu sesuai yang diinginkan.

3. Kemudian akan dialihkan ke halaman ringkasan pemesanan. Cek data datanya apakah sudah sesuai dengan data kawan kawan. Setelah dirasa telah sesuai, pilih "lanjutkan".

4. Setelahnya akan muncul pop up yang berisi tulisan untuk memastikan apakah data yang kawan kawan masukkan sudah benar. Jika sudah benar pilih "Ya".

5. Langkah berikutnya adalah dialihkan ke halaman ringkasan pemesanan. Jika telah selesai, centang cek list pada kotak di pojok kiri bawah. Kemudian pilih bayar sekarang.

6. Pada halaman metode pembayaran terdapat 2 jenis metode pembayaran, yaitu pembayaran tiket kereta api lokal menggunakan LinkAja dan pembayaran kereta api lokal menggunakan QRIS.
Jika menggunakan QRIS pilih QRIS, kemudian pilih QRIS lagi, kemudian pilih tombol bayar yg berada di bawah halaman.

7. Langkah selanjutnya adalah unduh QRIS untuk menyimpan kode /barcode QRIS di smartphone kawan kawan. 

8. Untuk sementara pembayaran kereta api dengan menggunakan QRIS dapat menggunakan dompet digital seperti Ovo, LinkAja, Shopeepay, Dana, dan Gopay. Selain itu kawan-kawan juga dapat melakukan pembayaran KAI acces menggunakan menu scan QRIS dari beberapa mobile banking yang support pembayaran QRIS. Pada 14 Januari 2022 kami mencoba melakukan pembayaran KAI Acces kereta lokal dengan menggunakan BRIMO (Mobile Banking BRI) untuk melakukan scan QRIS dan berhasil.

9. Selanjutnya pada aplikasi dompet digital, lakukan pembayaran dengan mengunggah gambar QRIS yang sudah diunduh sebelumnya. Pada gambar dibawah ini adalah pembayaran tiket kereta api lokal menggunakan QRIS pada aplikasi OVO.

Itulah tadi cara membeli tiket kereta api lokal dengan pembayaran menggunakan QRIS yang dapat diunggah ke salah satu aplikasi dompet digital kawan kawan. Semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url