Cara Membeli dan Membayar Tiket Kereta Api Lokal Melalui Aplikasi KAI Acces




Sekarang pesan tiket kereta api lokal sudah datap dilakukan dari mana saja lewat aplikasi KAI Access. Kawan kawan bisa pesan tiket kereta api lokal lewat aplikasi KAI Access dan tidak perlu lama mengantre di stasiun.

Hal ini bisa terjadi karena untuk pesan tiket kereta api lokal secara online lewat aplikasi KAI Access, bisa dilakukan melalui smartphone kawan kawan.

Berdasarkan siaran pers yang dikeluarkan PT KAI pada tanggal 28/02/2019, bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, mulai 1 Maret 2019, PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuka akses pemesanan tiket semua KA lokal melalui aplikasi KAI Access.

Jadi mulai 1 Maret 2019, tiket kereta api lokal sudah bisa dibeli secara online melalui aplikasi KAI Acces. Untuk pembayaran tiket kereta api lokal pada aplikasi KAI acces, sekarang sudah bisa menggunakan LinkAja, Ovo, Gopay, Dana dan Shopepay.

Pemesanan tiket kereta api lokal hanya bisa dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access. Sementara itu, loket stasiun hanya melayani penjualan tiket kereta api lokal secara Go-Show mulai tiga jam sebelum keberangkatan kereta api, dengan catatan tiket masih tersedia.

Daftar Kereta Api Lokal


Berikut ini adalah daftat beberapa kereta api lokal yang sudah bisa dibeli melalui aplikasi KAI Acces
  • Walahar Ekspres : Tanjungpriok - Purwakarta
  • Jatiluhur : Cikampek - Tanjungpriok
  • Kedung Sepur : Semarang Poncol - Ngrombo
  • Sidomukti : Solo Balapan - Yogyakarta
  • Jenggala : Sidoarjo - Mojokerto
  • Dhoho : Blitar - Kertosono - Surabaya Kota
  • Penataran : Blitar - Malang - Surabaya Kota
  • Sibinuang : Padang - Pariaman


Selain kereta api tersebut masih ada kereta api lokal lainnya yang bisa dipesan di aplikasi KAI Acces. Kebijakan tentang kereta api lokal yang bisa dipesan lewat aplikasi KAI Acces bisa berubah sewaktu waktu sesuai dengan keputusan dari pihak PT KAI.

Cara Membeli Tiket Kereta Api Lokal Melalui Aplikasi KAI Acces


Untuk melakukan pemesanan kereta api, terlebih dahulu dahulu harus mengunduh aplikasi KAI Access yang sudah tersedia baik di Google Playstore maupun di Apple store.

Setelah mengunduh aplikasi KAI Access, segera daftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut dengan mengisi data data yang diminta.

Pendaftaran akun pada aplikasi KAI Acces dilakukan dengan menggunakan email dan nomor telepon kawan kawan yang masih aktif, kamu perlu menyiapkan e-KTP atau kartu identitas lainnya (seperti SIM, Kartu Pelajar) sebagai bukti identitas yang diperlukan.

Setelah berhasil mendaftar maka buka aplikasi KAI Acces. Selanjutnya untuk membeli tiket kereta api lokal, kawan kawan dapat memilih menu ‘KA Lokal’. 

Cara Beli Tiket KA Lokal KAi Acces


Selanjutnya isi stasiun asal keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang (Untuk saat ini maksimal 10 penumpang per 1 akun, termasuk pemilik akun), klik cari. Selanjutnya kita tinggal memilih jam keberangkatannya, seperti gambar dibawah ini.


Cara Beli Tiket KA Lokal KAi Acces


Setelah jam keberangkatan dipilih, selanjutnya akan dibawa ke halaman baru yang berisi detail perjalanan, detail kontak dan juga detail penumpang. Setelah yakin dengan data data yang ditampilkan, pilih tombol "lanjutkan" pada aplikasi KAI Acces.

Kita bisa memilih gerbong dan nomer tempat duduk pada menu "ketuk untuk mengganti kursi". Setelah memilih gerbong dan nomer tempat duduk yang diinginkan, dilanjutkan dengan Ceklist atau centang pada menu yang diberi tanda panah gambar dibawah ini. Kemudian pilih bayar sekarang.


Cara Membayar Tiket Kereta Api Lokal Pada Aplikasi KAI Acces


Tidak seperti pembayaran untuk kereta api jarak jauh yang sudah bisa menggunakan kartu kredit ataupun transfer bank, pembayaran tiket kereta api lokal pada aplikasi KAI Acces hanya support E-Wallet LinkAja, Ovo, Gopay, Shopeepay dan Dana.

Pembayaran Kereta Lokal di KAI Acces


Setelah yakin dengan data data yang ditampilkan pada aplikasi KAi Acces, kawan kawan bisa melanjutkan pembayaran baik langsung menggunakan LinkAja ataupun menggunakan QRIS yang bisa didownload pada proses pembayaran. Untuk lebih detail tentang pembayaran dapat dibaca pada artikel "Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Acces pakai LinkAja, Ovo, Shopeepay, Dana, Gopay Update 2021"
.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url