Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Acces pakai LinkAja, Ovo, Shopeepay, Dana, Gopay Update 2022

Berdasarkan rilis dari PT KAI, disebutkan bahwa mulai 1 Januari 2021, loket stasiun hanya melayani penjualan tiket secara langsung (go show). Penjualan tiket secara langsung tersebut dapat dilayani mulai 3 jam sebelum keberangkatan, dengan catatan masih tersedia tiketnya. 

Untuk Pemesanan tiket jauh-jauh hari bisa dengan pembelian online lewat aplikasi KAI Access, www.kai.id, Contact Center 121 & kanal resmi lainnya. Disarankan agar kawan kawan menggunakan layanan pembelian online tersebut, dikarenakan jumlah kursi kereta api yang terbatas, sehingga kawan kawan tidak kehabisan tiket.

Nah, bagi kawan kawan yang belum pernah atau masih bingung bagaimana cara membeli dan membayar tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces dengan pembayaran melalui LinkAja dapat disimak penjelasannya pada artikel di bawah ini.

Cara Membeli Tiket Kereta Api Melalui Aplikasi KAI Acces


Sebelumnya pastikan telah mengunduh dan menginstal aplikasi KAI Acces di smartphone anda. Selain itu juga pastikan bahwa kawan kawan telah terdaftar pada aplikasi KAI Acces. Jika belum, segera unduh gratis di Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Setelah mengunduh dan menginstall aplikasi KAI Acces, kawan kawan dapat melakukan pendaftaran akun. Siapkan e-KTP atau identitas untuk mendaftar akun di aplikasi KAI Access. Isilah beberapa hal yang diminta di aplikasi tersebut mengenai data diri, seperti nama, tempat tanggal lahir, nomor telepon, dan akhiri dengan kata sandi akun.

Setelah berhasil mendaftar maka buka aplikasi KAI Acces. Selanjutnya kawan kawan dapat memilih jenis kereta api yang diinginkan. Untuk kereta api jarak jauh, kamu bisa memilih menu ‘KA Antar Kota’, sedangkan kereta api lokal ‘KA Lokal’. Pada contoh kali ini, kita akan memilih KA Lokal, seperti ilustrasi dibawah ini.
 
Setelah mengisi stasiun asal keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang (Mulai Juni 2022, 1 akun KAI Acces dapat membeli tiket maksimal 10 (sepuluh) penumpang, jika kawan-kawan sudah update ke aplikasi KAI Acces veris terbaru), klik cari. Selanjutnya kita tinggal memilih jam keberangkatannya, seperti gambar dibawah ini.
 
Setelah memilih jam keberangkatan, maka akan dibawa ke halaman baru yang berisi detail perjalanan, detail kontak dan juga detail penumpang. Setelah yakin dengan data data yang ditampilkan, selanjutnya tekan tombol/menu "lanjutkan".

Setelah itu kita akan dibawa ke halaman baru, kemudian kita bisa memilih gerbong dan nomer, tempat duduk pada menu "ketuk untuk mengganti kursi". Setelah memilih gerbong dan nomer tempat duduk yang diinginkan, dilanjutkan dengan Ceklist atau centang pada menu yang diberi tanda panah gambar dibawah ini. Kemudian pilih bayar sekarang.
 

Membayar Tiket Kereta Api di KAI Acces dengan menggunakan LinkAja


Langkah selajutnya adalah proses pembayaran. Pada menu ini ada 2 pilihan, yaitu pakai LinkAja (langsung tersambung dengan aplikasi LinkAja) dan QRIS yang akan memberikan QR code yang bisa kita bayar dengan berbagai aplikasi E-money seperti LinkAja, Ovo, Gopay, Shopeepay dan Dana.
 
 
Jika kawan kawan akan membayar dengan LinkAja, maka bisa dipilih pada menu "LinkAja". Selanjutnya akan dibawa ke halaman baru seperti gambar di bawah ini.
 
 
Pilih menu "LinkAja" dan kemudian akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.
 
 
Sebelum melakukan pembayaran, pastikan kawan kawan sudah menginstal dan terdaftar di LinkAja. Pastikan juga sudah terdapat saldo minimal sama dengan harga tiketnya. Pilih menu bayar, dan proses pembayaran akan dilanjutkan ke Aplikasi LinkAja.
 
 
 
Apabila nominal pembayaran sudah sesuai, pilih konfirmasi. Masukkan kode PIN aplikasi LinkAja yang terdiri dari 6 digit angka. Jika sudah muncul notifikasi transaksi berhasil, selamat kawan kawan telah berhasil membeli tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces dengan pembayaran menggunakan LinkAja. Untuk tiket pemesanan bisa dilihat di menu tiket pada halaman awal aplikasi KAI Acces.

Membayar Tiket Kereta Api di KAI Acces dengan menggunakan OVO, Shopeepay, Gopay, Dana


Seperti disebutkan diatas, selain dengan LinkAja, bisa juga membayar tiket kereta api pada KAI Acces dengan menggunakan Ovo, Shopeepay, Gopay dan Dana. Caranya pada menu pembayaran jangan memilih menu "LinkAja", tetapi pilih menu "QRIS". Setelah itu akan dibawa ke halaman baru seperti gambar dibawah ini.
 
 
Langkah selanjutnya pilih bayar, dan akan dibawa ke halaman baru seperti dibawah ini.
 
Pilih unduh QRIS. Maka QRIS yang berisi barcode pembelian tiket kereta api melalui KAI Acces sudah tersimpan di handphone. Tinggal melakukan pembayaran dengan menggunakan Ovo, Shopepay, Gopay atau Dana.

Jika ingin membayar menggunakan Ovo, buka aplikasi ovo. Kemudian pilih scan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
 
 
Setelah itu akan dibawa ke halaman baru seperti gambar dibawah ini. Untuk melakukan scan pembayaran kode QRIS yang telah kita unduh sebelumnya, pilih menu yang dilingkari pada gambar dibawah ini.
 
 
Setelah itu akan dibawa kehalaman seperti dibawah ini.
 
 
Periksa dulu apakah nominal yang akan dibayar sudah sesuai. Jika sudah sesuai pilih bayar, kemudian masukkan PIN Ovo. Maka tiket kereta kawan kawan sudah terbayar. Untuk melihat tiket yang telah kita beli, dapat dilihat pada menu "tiket" pada halaman awal aplikasi KAI Acces.

Untuk pembayaran menggunakan Shopeepay, Gopay, Dana ataupun LinkAja menggunakan kode QRIS, caranya hampir sama dengan pembayaran menggunakan Ovo.
 
Selain menggunakan LinkAja, Shopeepay, Gopay dan Dana, mulai 18 November 2021, pembayaran tiket dan berbagai layanan KAI pada aplikasi KAI Acces juga bisa menggunakan KAIpay. KAIpay ini merupakan dompet digital yang dikeluarkan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau yang dikenal juga KAI.

Itulah tadi cara memesan tiket kereta api pada aplikasi KAI Acces dengan menggunakan LinkAja, Ovo, Shopeepay, Gopay dan Dana. Semoga bermanfaat buat kawan kawan semua.
Next Post Previous Post
8 Comments
  • Afif
    Afif 28 Oktober 2021 pukul 17.47

    Terima kasih atas penjelasannya,,,

    • Admin
      Admin 24 Februari 2022 pukul 10.18

      Sama sama, semoga bermanfaat

  • Anonim
    Anonim 8 Februari 2022 pukul 05.13

    Trims

    • Admin
      Admin 24 Februari 2022 pukul 10.20

      Semoga bermanfaat

  • Anonim
    Anonim 24 Juni 2022 pukul 19.41

    apakah dana nya harus premium?

    • Admin
      Admin 25 Juni 2022 pukul 05.35

      Untuk dapat melakukan pembayaran tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces, tidak harus menggunakan akun DANA Premium

  • Anonim
    Anonim 26 Juni 2022 pukul 13.16

    Gimana caranya klo bayar pakek Atm mandiri klo pake aplikasi saya kurang paham

    • Admin
      Admin 28 Juni 2022 pukul 17.42

      Kalau masih bingung pakai aplikasi, sebaiknya beli saja di Indomaret, nanti kode booking yg didapat dari Indomaret bisa dicetak di stasiun keberangkatan. Karena setau saya pembelian tiket di loket stasiun hanya melayani 3 jam sebelum keberangkatan KA, selama masih tersedia tiket.

Add Comment
comment url