Resep Mendol Tempe Khas Malang yang Gurih dan Lezat

Mendol merupakan salah satu kuliner khas Malang yang dibuat dari tempe yang telah terfermentasi (yang sudah terlalu matang atau sudah tersimpan agak lama) yang dilumatkan, dicampur rempah, lalu dikepal, dan digoreng hingga kecokelatan.

Mendol tempe khas Malang biasanya dimakan sebagai lauk pendamping rawon, lodeh, dan pecel. Ciri khasnya adalah bentuknya lonjong, teksturnya garing di bagian luar dan lembut di dalam. 

Sejarah Mendol Tempe Khas Malang


Berdasarkan beberapa literatur, mendol tempe khas Malang ini ternyata sudah ada dari zaman penjajahan Belanda. Mendol tempe ini oleh sebagian orang juga disebut perkedel tempe.

Padan zama kolonial Belanda, Malang menjadi salah satu daerah yang ditempati oleh orang orang Belanda. Waktu itu , diduga warga Malang meniru kebudayaan Belanda dalam memasak perkedel dari kentang dan diganti dengan tempe yang agak busuk. Akhirnya jadilah mendol tempe yang cara memasak dan bentuknya mirip dengan perkedel yang merupakan makanan orang orang Belanda.

Arti nama mendol sebenarnya sudah menggambarkan bentuk dari salah satu kuliner khas Malang ini. Mendol artinnya adalah kepal. Makanan ini dibuat dengan cara mengepalkan adonan tempe dan bumbu bumbu sampai adonan padat lalu digoreng di dalam minyak yang panas sampai matang.

Makanan mendol ini jadi bukti kreativitas masyarakat Jawa zaman dulu dalam mengolah bahan yang rusak di sekitar mereka yang dalam hal ini tempe yang agak busuk nenjadi kuliner yang bercitarasa enak dan gurih.

Resep Mendol Tempe Khas Malang


Resep mendol tempe khas Malang ini mudah dan gampang dibuat di rumah. Dengan tempe yang telah matang (agak basi) dan bumbu dapur yang mudah didapat, kawan kawan dapat membuat mendol tempe yang gurih, enak dan lezat di rumah. 

Berikut bahan bahan dan juga langkah langkah dalam membuat mendol tempe khas malang.

Bahan bahan :

  • Tempe yang sudah matang (disimpan sekitar 3 hari) 1 papan
  • 25 gram bawang putih
  • 20 gram bawang merah
  • 4 biji cabai merah keriting (jika suka pedas bisa ditambah sesuai selera)
  • 8 gram kencur
  • 8 gram ketumbar
  • 4 lembar daun jeruk, iris tipis memanjang
  • 1/4 sdt garam
  • 1/2 sdt gula
  • 1 1/2 sdt kaldu ayam bubuk

Cara membuat mendol tempe khas Malang

  1. Kukus tempe lebih kurang 15-20 menit. 
  2. Angkat dan haluskan atau diuleg hingga hancur.
  3. Haluskan semua bumbu kecuali daun jeruk.
  4. Campur rata bumbu halus dengan tempe yang telah dihancurkan.
  5. Tambahkan daun jeruk, campur rata kembali. Ambil adonan mendol. Bentuk lonjong dengan cara dikepal-kepal.
  6. Siapkan wajan, panaskan minyak goreng. Goreng mendol tempe sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan.
  7. Mendol tempe siap untuk dinikmati.

Cara membuat mendol tempe khas Malang agar tidak hancur adalah usahakan saat menggoreng mendol tempe jangan terlalu sering membolak-baliknya. Untuk menghasilkan mendol yang matang merata, menggorengnya harus menggunakan metode deep fry.

Itulah tadi bahan bahan dan bagaimana cara membuat mendol tempe khas malang yang enak, lezat dan gurih. Selamat mencoba!!!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url