Cara Daftar Gopay dan Upgrade Gopay Plus

Bagi kawan-kawan pengguna Gojek tentu sudah tidak asing lagi dengan GoPay. Karena dengan pembayaran menggunakan Gopay di aplikasi Gojek ini banyak sekali manfaat yang dapat diterima, mulai promo-promo menarik, hingga cashback. Lalu apakah Gopay itu?

GoPay adalah e-Wallet atau dompet digital milik Gojek. Sementara menurut website resmi Gojek disebutkan bahwa GoPay adalah uang elektronik yang bisa kawan-kawan pakai untuk melakukan transaksi pembayaran dan transaksi keuangan melalui aplikasi Gojek.

Dengan GoPay, kawan-kawan dapat melakukan pembayaran pada layanan di aplikasi Gojek; membayar tiket kereta api; membeli paket berlangganan K-Vision; toko atau restoran Rekan Usaha GoPay; pembelian pulsa / paket data; PayLater untuk pelanggan terpilih; dan transaksi keuangan lainnya seperti transfer saldo GoPay ke sesama pengguna dan ke bank bagi kawan-kawan yang sudah melakukan upgrade ke GoPay Plus.

Berbagi Fitur Menarik Pada Gopay


Ada banyak fitur atau menu pada GoPay, baik yang bisa dilihat di menu GoPay di beranda aplikasi Gojek yaitu bayar dan top up , ataupun fitur lainnya di GoPay Feed yang bisa dilihat dengan klik Explorer pada menu GoPay di beranda aplikasi Gojek.

Berikut adalah fitur-fitur menarik pada Gopay:

1. Bayar: pada menu ini kawan-kawan dapat melakukan transfer saldo GoPay ke sesama pengguna aplikasi Gojek dan ke bank, juga untuk melakukan pembayaran di Rekan Usaha GoPay atau toko online.
2. Isi Saldo: Pada fitur ini kawan-kawan dapat melakukan isi saldo (top up) GoPay dengan instan melalui BCA One Klik dan juga petunjuk isi saldo Gopay dengan berbagai metode yang tersedia.
3. Eksplor: dengan klik eksplor, kawan-kawan dapat melihat GoPay Feed serta melihat fitur-fitur GoPay lainnya.
4. Minta: Fitur ini dapat menampilkan kode QR GoPay untuk menerima transfer dari pengguna lain atau meminta saldo GoPay secara langsung dari kontak.
5. Jago: pada fitur ini tersedia menu untuk buka rekening Bank Jago dari HP, dan juga menu lainnya yang terkait dengan akun Jago kawan-kawan.
6. GoPay PayLater: Mengaktifkan layanan PayLater, melihat riwayat transaksi, melihat dan membayar tagihan, serta mendapatkan segala informasi mengenai PayLater.
7. Riwayat: pada menu riwayat kawan-kawan dapat melihat riwayat transaksi GoPay.
8. Bantuan: berfungsi untuk melihat berbagai informasi dan solusi tentang GoPay.
9. Pengaturan: pada fitur ini kawan-kawan dapat
  • Melihat status upgrade akun GoPay ke GoPay Plus
  • Mengatur fitur Sidik Jari/Face ID untuk pembayaran
  • Mengatur metode pembayaran dan kartu debit
  • Mengatur PIN GoPay
  • Mengatur aplikasi yang terhubung dengan GoPay
  • Melihat informasi tentang ketentuan layanan GoPay
10. Tarik Tunai: pada fitur ini kawan-kawan dapat melakukan tarik tunai tanpa kartu melalui ATM BCA menggunakan saldo GoPay.
11. Plus: digunakan untuk upgrade akun GoPay menjadi GoPay Plus dan memantau status upgrade.
12. GoTagihan: berfungsi untuk menggunakan layanan GoTagihan.

Untuk dapat menikmati berbagai fasilitas dari Gopay, kawan-kawan terlebih dahulu harus melakukan pendaftaran atau registrasi akun Gopay pada aplikasi Gojek.

Cara Daftar Akun GoPay Terbaru


Dengan GoPay memang membuat segalanya lebih mudah! Mulai dari belanja, jajan, sampai transfer saldo ke teman atau bank, semuanya bisa! 

Sebelum melakukan pendaftaran Gopay, tentunya ada pertanyaan, apakah Gopay aman untuk transaksi? GoPay ini sudah terdaftar di OJK, sehingga kawan-kawan tidak perlu khawatir mengenai keamanannya.

Layanan GoPay juga aman karena sudah dilengkapi dengan panduan terkait keselamatan dan menjaga keamanan bertransaksi. Selain itu inovasi teknologi terkini diantaranya kawan-kawan akan diminta memasukkan PIN dan pindai sidik jari/wajah setiap kali akan menggunakan GoPay.

Ada juga program Jaminan Saldo Kembali. Proteksi extra ini berlaku untuk pengguna GoPay Plus, pengganti saldo GoPay atau GoPayLater akibat penyalahgunaan. Selain itu GoPay juga telah memiliki sertifikasi ISO 27001, standar internasional dalam penerapan sistem.

Setelah yakin bahwa GoPay aman dan mempermudah dalam berbagai transaksi keuangan maka tentu kawan-kawan tidak ragu untuk segera daftar GoPay. Terus bagaimana cara daftar akun GoPay?

Akun GoPay akan otomatis terdaftar setelah kawan-kawan melakukan registrasi atau pendaftaran akun pada aplikasi Gojek dengan mengisi informasi data diri sesuai yang diminta. Kawan-kawan hanya perlu melakukan pengisian saldo GoPay agar dapat menggunakan GoPay.

Kawan-kawan dapat membuat akun Gojek dengan menggunakan email dan nomor handphone. Jika nomor handphone kawan-kawan tidak bisa digunakan, silakan gunakan nomor handphone lain - disarankan untuk menggunakan nomor handphone Indonesia.

Adapun cara daftar akun Gojek adalah sebagai berikut:

  1. Unduh dan Install aplikasi Gojek.
  2. Pilih tombol Daftar.
  3. Isi data yang diperlukan dengan benar, lalu klik Lanjut.
  4. Masukkan kode OTP yang diterima melalui SMS. Ingat jangan beri tahu kode tersebut ke siapa pun, termasuk dari pihak Gojek.
  5. Pendaftaran berhasil dan kawan-kawan bisa menikmati semua layanan Gojek.
  6. Jangan lupa untuk segera verifikasi email kawan-kawan di halaman ‘Profil Saya’ setelah masuk ke akun agar akun kawan-kawan lebih aman serta dapat menerima struk pesanan dan menerima informasi terbaru dari Gojek.

Seperti dijelaskan diatas bahwa akun GoPay akan otomatis terdaftar setelah kawan-kawan melakukan registrasi atau pendaftaran akun pada aplikasi Gojek. Setelah melakukan pendaftaran pada aplikasi Gojek, kawan-kawan perlu melakukan isi saldo / top up saldo Gopay agar dapat menggunakan untuk transaksi di aplikasi gojek dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Gojek.
  2. Lakukan pengisian saldo GoPay dengan memilih opsi “Isi Saldo” yang berada di bagian atas aplikasi.
  3. Isikan nominal saldo yang diinginkan.
  4. Pilih metode pengisian saldo, lalu ikuti instruksi yang diberikan.
  5. Setelah pengisian saldo berhasil, GoPay kawan-kawan sekarang dapat digunakan untuk transaksi di Gojek.

Cara Upgrade Gopay ke GoPay Plus


Walaupun akun Gopay kawan sudah dapat digunakan untuk beberapa transaksi di aplikasi Gojek, tetapi fiturnya masih terbatas. Supaya akun Gopay dapat digunakan untuk semua fitur di GoPay, kawan-kawan harus melakukan upgrade akun ke GoPay Plus dengan cara Verifikasi Akun Gopay.

Adapun fitur-fitur tambahan GoPay Plus diantaranya adalah seperti:

  • Fitur PayLater.
  • Jaminan saldo GoPay kembali.
  • Transfer saldo GoPay ke rekening bank.
  • Menaikkan batas saldo GoPay dari Rp 2.000.000 menjadi Rp 10.000.000.
  • Transfer saldo GoPay ke sesama pengguna Gojek.
  • Promo eksklusif untuk pengguna akun GoPay Plus.

Sebelum melakukan upgrade ke Gopay plus, pastikan aplikasi Gojek yang terinstall sudah versi terbaru. Selain itu siapkan juga kartu identitas milik sendiri dengan jelas dan asli, bukan merupakan hasil fotokopi ataupun hasil scan. Kartu identitas ini berupa eKTP untuk Warga Negara Indonesia dan PASPOR untuk Warga Negara Asing.

Perlu diingat bahwa 1 (satu) kartu identitas (eKTP atau Paspor) yang kawan-kawan daftarkan hanya bisa digunakan untuk 1 (satu) akun Gojek saja.

Setelah semua siap, berikut adalah cara untuk melakukan upgrade ke akun GoPay Plus:

  1. Pilih 'Eksplor' pada menu GoPay pada halaman awal aplikasi Gojek.
  2. Pilih ‘Plus’ di GoPay Feed (klik ‘Fitur lainnya’ jika kawan-kawan tidak dapat menemukannya).
  3. Klik 'Upgrade sekarang'.
  4. Ambil potret Kartu Identitas (eKTP/PASPOR) dengan jelas.
  5. Ambil potret wajah kawan-kawan (selfie) bersama Kartu Identitas (eKTP/PASPOR) dengan jelas.
  6. Kirim dokumen dengan klik Kirim Dokumen.
  7. Cek status upgrade GoPay kamu ke GoPay Plus.

Agar proses upgrade ke GoPay Plus berhasil, pastikan foto kartu identitas terlihat secara menyeluruh dan jelas. Selain itu pastikan Kartu identitas yang digunakan masih aktif. Foto kartu identitas harus difoto secara langsung, bukan merupakan fotokopi atau format digital lainnya.

Untuk foto wajah bersama Kartu identitas (eKTP atau PASPOR), pastikan bahwa Foto wajah (selfie) dengan kartu identitas terlihat secara menyeluruh dan jelas. Pastikan juga kawan-kawan menggunakan kartu identitas yang sama dengan kartu identitas yang diunggah sebelumnya.

Pada waktu pengambilan foto selfie, kartu identitas tidak menutupi wajah kawan-kawan. Foto wajah (selfie) difoto secara langsung dari handphone kawan-kawan melalui aplikasi Gojek.

Untuk proses upgrade akun GoPay ke GoPay Plus membutuhkan waktu maksimal selama 1x24 jam. Untuk melihat status proses upgrade GoPay ke GoPay Plus dapat dilihat dengan cara:

  1. Klik 'Eksplor' pada GoPay menu
  2. Klik 'Lainnya
  3. Klik Pengaturan. Definisi status verifikasi pada Lengkapi Data Anda:
    • Pending = Dokumen kamu telah kami terima dan sedang dalam proses.
    • Disetujui = Akun kamu berhasil di-upgrade  ke Gopay Plus.
    • Ditolak = Proses upgrade kamu kami tolak karena tidak sesuai ketentuan. Silakan submit kembali. 

Itulah tadi artikel tentang apa itu Gopay, berbagai fitur Gopay dan juga Gopay Plus, cara daftar akun Gojek dan Gopay, serta cara upgrade akun Gopay ke GoPay Plus.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url