Cara Mendapatkan Tarif Reduksi Tiket Kereta Api

Apakah kawan-kawan sedang mencari cara mendapatkan tarif reduksi atau potongan harga saat pembelian tiket Kereta Api di KAI Acces atau loket stasiun? 

Tarif reduksi merupakan potongan harga yang diberikan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) kepada penumpang kereta api yang telah memenuhi sarat yang ditentukan oleh KAI atau berdasarkan perjanjian kerjasama perusahaan dengan instansi atau organisasi tertentu.

Kategori Dan Syarat Penumpang Kereta Api Yang Bisa Mendapatkan Tarif Reduksi


Apakah semua orang bisa mendapatkan potongan harga ketika pembelian tiket kereta api? Tidak, karena hanya orang-orang tertentu yang dapat menikmati tarif reduksi dari KAI.

Berdasarkan rilis dari PT Kereta Api Indonesia, tarif reduksi atau potongan harga tiket kereta api bisa diberikan kepada penumpang lansia, legiun veteran RI, TNI & Polri dan wartawan.

Lansia yang busa mendapatkan tarif reduksi dari KAI adalah lansia yang telah berusia 60 tahun keatas pada saat keberangkatan kereta api. Untuk legiun veteran RI harus mempunyai kartu anggota LVRI.

Untuk anggota TNI & Polri hanya berlaku untuk anggota aktif dan juga termasuk siswa pendidikan TNI & Polri. Tarif reduksi tiket kereta api ini tidak berlaku untuk keluarga dari anggota TNI & Polri serta PNS yang bekerja di lingkungan TNI & Polri.

Sedangkan untuk wartawan selain harus mempunyai kartu pers juga harus bisa menunjukkan surat tugas peliputan.

Besaran Tarif Reduksi Tiket Kereta Api


Besaran tarif reduksi untuk setiap jenis reduksi adalah berbeda-beda sesuai kebijakan dari KAI. Tarif reduksi tersebut berlaku untuk semua kelas ekonomi, bisnis dan eksekutif sesuai kebijakan KAI.

Untuk Lansia berlaku tarif reduksi sebesar 20%, berlaku untuk kelas KA Komersial baik Ekonomi, Bisnis maupun Eksekutif. 

Untuk Legiun Veteran RI berlaku potongan harga sebesar 50% berlaku untuk kelas KA Komersial Ekonomi, Bisnis maupun Eksekutif, berlaku mulai hari Selasa sampai Kamis, kecuali hari besar / hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan. Sementara untuk hari Jumat s/d senin dan hari besar / hari libur nasional lainnya dan hari-hari ramai yang ditetapkan oleh perusahaan mendapat potongan sebesar 30%.

Untuk anggota TNI dan Polri serta siswa didik TNI & Polri akan mendapatkan tarif reduksi 25% untuk kereta Eksekutif dan 50% untuk kereta bisnis dan ekonomi.

Untuk wartawan akan mendapatkan potongan sebesar 20% untuk kelas kereta bisnis dan ekonomi dengan menunjukkan kartu pers dan surat tugas liputan.

Cara Pendaftaran Tarif Reduksi Tiket Kereta Api


Jika kawan-kawan salah satu yang masuk kategori untuk mendapatkan tarif reduksi kereta api, maka sebelum mendapatkan fasilitas tersebut, kawan-kawan harus mendaftar di customer service atau loket stasiun terdekat.

Berikut adalah cara pendaftaran tarif reduksi kereta api bagi yang masuk kategori yang ditetapkan KAI:

  1. Dilakukan paling lambat 3 (tiga) jam sebelum keberangkatan kereta api.
  2. Pendaftaran dilakukan di customer service / loket stasiun (bagi stasiun yang tidak memiliki customer service).
  3. Dilakukan oleh penumpang yang bersangkutan dengan membawa bukti identitas asli yang masih berlaku (Lansia : KTP, LVRI : kartu anggota LVRI, TNI-POLRI : KTA, dan Wartawan : Kartu Pers dan Surat Tugas Peliputan).
  4. Penumpang atas hak reduksi LVRI, TNI dan Polri, Wartawan pada saat registrasi reduksi, selain menunjukkan persyaratan pada point 3, juga wajib menunjukkan KTP yang bersangkutan.
  5. Dapat diwakilkan kepada orang lain, dengan membawa bukti identitas asli dan pas foto/foto diri milik penumpang reduksi yang akan didaftarkan.
  6. Registrasi hanya dilakukan sekali, sampai masa berlaku reduksi berakhir. Jika masa berlakunya berakhir, penumpang wajib melakukan registrasi ulang.
  7. Setelah data reduksi sudah berhasil teregistrasi, Penumpang dapat melakukan pembelian tiket kereta api di KAI Acces ataupun di loket stasiun kereta api.

Itulah tadi kategori penumpang kereta api yang berhak mendapatkan tarif reduksi atau pemotongan harga, besaran potongan harga dan juga sarat-sarat serta cara pendaftaran agar mendapatkan tarif reduksi dati KAI. Hal-hal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan terbaru dari PT KAI.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url