Cara Beli Voucher Saldo Google Play di Livin' by Mandiri

Bagi pengguna Android tentu sudah tidak asing lagi dengan Google Play. Termasuk juga dengan cara membeli voucher atau saldo Google Play melalui Livin by Mandiri yang logo kuning (aplikasi Mobile Banking Bank Mandiri Terbaru).

Saldo Google Play ini merupakan saldo di Google Play yang dapat kawan-kawan gunakan untuk membeli aplikasi, game, buku, dan konten digital di Google Play. Selain itu saldo Google Play juga bisa digunakan untuk membayar langganan di Google Play.

Berdasarkan informasi dari https://support.google.com, bahwa paling lambat 31 Maret 2022, semua pembelian atau pembayaran produk dan layanan digital Android harus menggunakan pembayaran Google Play. Selain itu, semua aplikasi yang diterbitkan harus menghapus sistem penagihan alternatif selain Google Play dalam aplikasi yang saat ini digunakan sebelum tanggal 31 Maret 2022.
 
Pembelian yang mewajibkan penggunaan sistem penagihan Google Play mencakup:
  • Item digital (seperti mata uang virtual, nyawa tambahan, waktu bermain tambahan, item add-on, karakter, atau avatar);
  • Layanan langganan (seperti konten kebugaran, game, platform kencan, edukasi, musik, video, atau layanan langganan konten lainnya);
  • Fungsi atau konten aplikasi (seperti aplikasi versi bebas iklan atau fitur baru yang tidak tersedia dalam versi gratis); serta
  • Software dan layanan cloud (seperti layanan penyimpanan data, software produktivitas bisnis, atau software pengelolaan keuangan).

Akibat kebijakan terbaru dati Google terbaru tersebut, beberapa developer sudah memberikan pengumuman bahwa metode pembayaran di aplikasi mereka akan menggunakan Google Play. 

Contohnya aplikasi Vidio sudah memberi notice, bahwa pembelian paket Vidio Premier  menggunakan pulsa mulai maret 2022 hanya bisa dilakukan melalui website Vidio.com. Sedang pembelian melalui aplikasi hanya melayani pembelian menggunakan pembayaran Google Play.

Cara Membeli Voucher / Saldo Google Play Menggunakan Livin by Mandiri Logo Kuning


Karena pembelian atau transaksi di aplikasi Android akan hanya menggunakan pembayaran Google Play, maka kawan-kawan perlu tahu cara membeli voucher atau saldo Google Play dengan berbagai metode. Salah satunya adalah pembelian saldo Google Play melalui aplikasi mobile banking Bank Mandiri yaitu Livin by Mandiri yang logo kuning.

Kawan-kawan dapat membeli saldo atau top up saldo Google Play di Livin',  untuk isi ulang saldo akun Google Play kawan-kawan. Saldo akun Google Play ini nantinya dapat kawan-kawan gunakan untuk melakukan pembayaran atau transaksi di Google Play Store.

Berikut adalah cara membeli voucher Google Play melalui aplikasi mobile banking Bank Mandiri (Livin by Mandiri yang logo kuning):

  1. Buka aplikasi Livin by Mandiri yang logo kuning.
  2. Login di aplikasi Livin' dengan memasukkan Password Livin.
  3. Pilih menu 'Bayar'. 
  4. Pilih menu 'e-Commerce'. 
  5. Pada halaman e-Commerce, pilih Penyedia Jasa 'Google Play'. Caranya yaitu, pada kolom pencarian, ketik Google play  kemudian pilih penyedia jasa Google play (60006)
  6. Masukkan 'Nomor HP' . Pilih 'Lanjutkan'. 
  7. Pilih nominal tagihan atau top up yang diinginkan. Minimal isi saldo Google Play di Livin' adalah Rp5.000 dan maksimal adalah Rp1.500.000. Kemudian pilih 'Lanjutkan'. 

  8. Pada halaman konfirmasi, pastikan nomor handphone dan nominal isi saldo Google Play telah sesuai kemudian pilih 'Lanjut Bayar' untuk melanjutkan pembelian. 
  9. Masukkan PIN Livin'.
  10. Kemudian akan muncul notifikasi bahwa pembelian voucher Google Play berhasil dan proses pembelian selesai. Kawan-kawan akan mendapatkan kode voucher yang nantinya dapat dimasukkan ke akun Google Play. Kode voucher ini dapat dilihat di e-Struk setelah pembayaran berhasil yang terletak agak dibagian bawah dengan tulisan Kode Anda.

Jika ada masalah dalam pembelian voucher atau saldo Google Play melalui Livin' by Mandiri logo kuning kawan-kawan dapat menghubungi media sosial resmi Bank Mandiri atau juga bisa melalui contact center Bank Mandiri di nomor: 14000 atau Email: mandiricare@bankmandiri.co.id.

Cara Mengetahui Kode Voucher Google Play Pembelian Menggunakan Livin' by Mandiri


Kode voucher google play akan ditampilkan di detail pembayaran setelah transaksi berhasil. Jika sudah terlanjur ditutup,kode voucher Google Play dapat dilihat dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka dan login di aplikasi Livin' by Mandiri.
  2. Pilih 'Pesan' yang ada di bagian bawah aplikasi. 

  3. Pada halaman pesan pilih 'Status Transaksi' dan kemudian klik saja pesan dari Google Play.
  4. Scroll kebawah sampai muncul tulisan Kode Anda. Disebelah kode anda itu adalah kode voucher yang dimasukkan ke akun Google Play.

Cara Memasukkan Kode Voucher Google Play ke Akun Google Play


Jika kawan-kawan sudah mendapatkan kode voucher google play, untuk memasukkan kode voucher google play, berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi Google Play Store.
  2. Di kanan atas, pilih ikon profil. 

  3. Pilih 'Pembayaran & langganan'.
  4. Kemudian pilih 'Tukarkan kode hadiah'. 

  5. Masukkan kode.
  6. Pilih 'Tukarkan'.
  7. Lakukan Konfirmasi.
  8. Tunggu sampai proses transaksi berhasil.

Cara Cek Saldo Google Play


Setelah transaksi pembelian saldo Google Play melalui Livin'by Mandiri berhasil dan juga sudah memasukkan kode voucher di aplikasi Google Play, untuk memastikan bahwa saldo sudah masuk di akun Google Play, kawan-kawan dapat melakukan pengecekan saldo Google Play. Berikut adalah cara cek saldo Google Play:

  1. Buka aplikasi Google Play / Play Store.
  2. Di kanan atas, pilih ikon profil.
  3. Pilih pembayaran & langganan > Metode pembayaran > Saldo Google Play.

Apa saja yang dapat dibeli dengan saldo Google Play? Kawan-kawan dapat membeli Aplikasi, Buku, Film dan Kios. Kawan-kawan hanya dapat menggabungkan saldo Google Play dengan metode pembayaran atau promosi lain jika saldo Google Play kawan-kawan lebih sedikit dari jumlah pembelian. 

Itulah tadi catatan mengenai cara membeli voucher atau saldo Google Play di Livin' by Mandiri terbaru yang logo kuning. Dan juga cara cek saldo Google Play. Kemudian saldo akun Google Play kawan-kawan ini nantinya dapat digunakan untuk melakukan pembayaran atau transaksi di Google Play Store.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Unknown
    Unknown 23 April 2022 pukul 05.45

    Dimana ya letak kode voucher setelah melakukan transaksi top up via livin mandiri ? Ko sy tdk muncul sama sekali kodenya shg top up saldo tdk bertambah

    • Admin
      Admin 25 April 2022 pukul 12.36

      Setelah transaksi berhasil, akan ditampilkan kode vouchernya. Bisa discroll kebawah sampai ditemukan Kode Anda. Kalau sudah ditutupi bisa dilihat di pesan > Status transaksi > Klik pesan status transaksi Google Play > Scroll ke bawah sampai muncul tulisan Kode Anda.

      Atau bisa juga dilihat diartikel diatas. Barusan saya update

Add Comment
comment url