Cara Install dan Daftar Aplikasi PLN Mobile

PLN Mobile merupakan aplikasi yang dibuat oleh PT PLN (Persero) yang bertujuan memberikan kemudahan kepada pelanggannya untuk semua keperluan listrik dan rumah dalam 1 Aplikasi.

Kawan-kawan mynotes.my.id bisa mendapatkan promo dan informasi terbaru serta menarik mengenai kelistrikan didalam aplikasi PLN Mobile ini. Kawan-kawan dapat mendownload aplikasi PLN Mobile di Google Play Store bagi pengguna Android dan di AppStore bagi pengguna IOS.

Jadi selain dapat membayar tagihan listrik pakai Livin' by Mandiri dan juga BRImo, kawan-kawan juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik pakai aplikasi PLN Mobile.

Fitur dan Manfaat Menggunakan Layanan Listrik dengan PLN Mobile


Banyak sekali manfaat yang didapat jika kawan-kawan menginstall dan daftar di aplikasi PLN Mobile. Beberapa manfaat yang dapat kawan-kawan nikmati jika menggunakan Aplikasi PLN Mobile ini diantaranya:

1. Dapat Melakukan Pembelian Token & Pembayaran Tagihan Listrik Langsung di Aplikasi PLN Mobile.

Melalui aplikasi PLN Mobile ini, kawan-kawan pelanggan listrik pascabayar dapat langsung membayar tagihan listriknya. Sementara bagi kawan-kawan pelanggan prabayar juga bisa membeli token langsung dari Aplikasi PLN Mobile. Cara pembayarannya, baik untuk pembayaran tagihan maupun pembelian token listrik juga sangat mudah. Kawan-kawan dapat memilih berbagai metode pembayaran yang tersedia seperti virtual account, debit online, kredit via Doku, E-Wallet : LinkAja, OVO, GOPAY. 

2. Kemudahan Ubah Daya Langsung Dari Handphone.

Kawan-kawan dapat mengajukan tambah daya tegangan listrik dengan mudah di aplikasi PLN Mobile. Dengan PLN Mobile, segala proses administrasi penambahan daya bisa langsung dilakukan hanya menggunakan handphone yang sudah terinstall aplikasi PLN Mobile. Sehingga kawan-kawan tidak perlu lagi repot-repot datang ke kantor PLN untuk mengurus ubah daya listrik.

3. Dapat Melakukan Catat Angka Meter Mandiri.

Kawan-kawan dapat melakukan catat angka meter mandiri dengan mengunggah foto. Periode catat angka meter mandiri adalah di tanggal 24-27 setiap bulannya. Hal ini dilakukan agar dasar perhitungan tagihan rekening listrik pelanggan bisa sesuai dengan kondisi di lapangan. 

4. Kemudahan Pengaduan Gangguan & Keluhan.

Dengan aplikasi PLN Mobile ini, proses pengaduan gangguan dan keluhan listrik lebih cepat dan mudah. Kawan-kawan pelanggan bisa menyampaikan pengaduan gangguan dan keluhan pada aplikasi PLN Mobile yang aktif selama 24 jam, PLN Mobile siap memberi jawaban dari pengaduan gangguan dan keluhan pelanggan. 

5. Kemudahan Memonitor Pemakaian Listrik Pascabayar

Bagi kawan-kawan pelanggan PLN pascabayar, kini tidak perlu lagi menyimpan struk pembayaran karena PLN Mobile terdapat fitur history penggunaan listrik yang menampilkan rincian Rupiah pembayaran dan energi listik (kWh) pelanggan setiap bulannya. 

6. Kemudahan Memonitor Pembelian Token.

Pelanggan PLN Prabayar pernah lupa berapa token yang dibeli? Kini hal itu tidak akan terjadi lagi karena dengan adanya PLN Mobile pelanggan bisa memonitor history pembelian token. 

7. Notifikasi Tagihan

Aplikasi PLN Mobile akan mengirimkan notifikasi bayar listrik untuk mengingatkan pelanggan listrik pascabayar agar membayar tagihan sebelum jatuh tempo. 

8. Informasi Progress Penyelesaian Gangguan

Melalui Aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa mengetahui progress tindaklanjut pengaduan yang diajukan sampai dengan selesai. 

9. Notifikasi Padam & Pemeliharaan

Pelanggan bisa mendapatkan notifikasi apabila akan diadakan pemadaman terencana, seperti pada proses pemeliharaan. Notifikasi untuk saat ini bisa diakses di pulau Jawa, Madura, dan Bali. Untuk daerah lain segera menyusul.

10. Untuk Mengetahui SPKLU Terdekat.

Kalau kawan-kawan punya kendaraan listrik dapat mengisi atau charger di SPKLU atau Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum. Untuk mengetahui lokasi isi daya kendaraan listrik, kawan-kawan dapat cek lewat fitur Charge.In di PLN Mobile. Kawan-kawan akan menemukan lokasi SPKLU terdekat.

11. Pendaftaran Pemasangan Internet (ICONNET). 

Kawan-kawan juga dapat melakukan pendaftaran pemasangan internet ICONNET.

Cara Install dan Daftar PLN Mobile


Dengan berbagai macam fitur yang sangat memudahkan tersebut tentunya rugi jika kawan-kawan tidak segera install dan daftar di aplikasi PLN Mobile. Berikut adalah cara untuk download, install dan daftar PLN Mobile:

  1. Download dan install aplikasi PLN Mobile di Google Play Store bagi pengguna Android dan di AppStore bagi pengguna IOS.
  2. Buka aplikasi PLN Mobile. Geser ke kiri sampai habis dan dan klik 'Lanjutkan'.
  3. Masukkan nomor handphone yang aktif dan klik 'Kirim'. 
  4. Masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor handphone yang didaftarkan. Kemudian  'Kirim'.
  5. Masukkan nama lengkap dan email (opsional), kemudian klik 'Simpan'.
  6. Proses pendaftaran di aplikasi PLN Mobile telah selesai.

Cara Menambahkan ID Pelanggan ke Akun PLN Mobile


Setelah proses pendaftaran selesai, untuk mendapatkan informasi token, tagihan, pemadaman, kawan-kawan harus memasukkan ID Pelanggan yang dapat dilihat di meteran listrik dengan cara sebagai berikut:

  1. Geser ke bagian bawah pada halaman utama aplikasi PLN Mobile, kemudian klik tombol 'Tambah IDPel'. 
  2. Masukkan 12 digit ID Pelanggan atau 11 digit nomor meter. Kemudian klik tanda panah.
  3. Pada halaman tambah ID Pelanggan/ No. Meter, akan ditampilkan informasi pelanggan. Kawan-kawan harus memasukkan titik lokasi pada peta sesuai alamat dengan klik 'Ubah'. Masukkan nama alias, misal: rumah, kantor. Kemudian klik 'Tambah ID Pelanggan'.
  4. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan tambah ID pelanggan berhasil.

Dengan berhasil menambahkan ID Pelanggan, maka kawan-kawan dapat mendapatkan informasi token, tagihan, pemadaman. Dalam 1 akun PLN Mobile, kawan-kawan dapat menambahkan maksimal total 4 ID Pelanggan.

Itulah tadi cara install dan daftar di aplikasi PLN Mobile, yang dapat digunakan untuk pembayaran tagihan, pembelian token, pengaduan, pendaftaran internet ICONNET, pemberitahuan pemadaman dan lain sebagainya. Selain itu juga cara menambahkan ID Pelanggan atau nomor meteran di aplikasi PLN Mobile.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url