Cara Bayar Tagihan Listrik Melalui PLN Mobile Menggunakan OVO

Cara bayar tagihan listrik pascabayar melalui aplikasi PLN Mobile salah satunya dapat menggunakan metode pembayaran menggunakan OVO Cash.

Untuk dapat melakukan pembayaran tagihan listrik melalui aplikasi PLN Mobile, kawan harus sudah install dan daftar di aplikasi PLN Mobile. Ada beberapa fitur atau layanan yang tersedia di aplikasi PLN Mobile tersebut, diantaranya: pembelian token listrik, pembayaran tagihan listrik, catat meter mandiri, pengaduan dan lain sebagainya.

Metode Pembayaran Yang Tersedia di Aplikasi PLN Mobile 


Metode pembayaran yang saat ini sudah dapat digunakan di aplikasi PLN Mobile diantaranya adalah:
  1. Menggunakan Virtual Account: Mandiri VA, BRIVA, BNI VA, BCA VA.
  2. Dompet Digital: LinkAja, GoPay, OVO
  3. Kartu Kredit: Doku dan 
  4. Direct Debit Instan: BRI Direct Debit, BCA One Klik.

Untuk berbagai metode pembayaran yang tersedia di PLN Mobile tersebut, saat ini hanya pembayaran menggunakan Virtual Account bank Mandiri yang tidak dikenakan biaya admin.

Sementara untuk pembayaran tagihan listrik di PLN Mobile menggunakan BNI Virtual Account, BRIVA dan juga BCA Virtual Account, BRI Direct Debit, BCA OneKlik dikenakan biaya admin Rp1.750.

Untuk pembayaran di PLN Mobile menggunakan dompet digital LinkAja dikenakan biaya Rp500. Pembayaran menggunakan OVO dikenakan biaya Rp2.000, sedang jika menggunakan GoPay dikenakan biaya admin Rp1.500.

Untuk pembayaran tagihan listrik di PLN Mobile menggunakan Doku akan dikenakan biaya admin Rp4.050.

Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar Melalui Aplikasi PLN Mobile Menggunakan Pembayaran OVO Cash


Sebelum melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar melalui aplikasi PLN Mobile, kawan-kawan harus menyiapkan nomor meteran listrik atau nomor ID pelanggan PLN. Selain itu pastikan juga tersedia saldo OVO Cash yang cukup untuk pembayaran tagihan listrik di aplikasi PLN Mobile.

Jika saldo OVO Cash tidak mencukupi, kawan-kawan dapat melakukan top up saldo OVO melalui OCTO Mobile dari CIMB Niaga, ATM bank Mandiri, melalui bank Danamon dan berbagai metode top up yang lainnya.

Berikut adalah cara bayar tagihan listrik pascabayar melalui PLN Mobile dengan pembayaran menggunakan OVO:

  1. Buka dan login di aplikasi PLN Mobile.
  2. Pilih menu 'Token & Pembayaran'. 
  3. Masukkan nomor meter atau nomor ID Pelanggan PLN, kemudian pilih 'Periksa'.
  4. Akan ditampilkan daftar tagihan yang tersedia. Lalu klik atau tap lingkaran disebelah daftar tagihan yang ingin dibayarkan dan pilih 'Pilih Tagihan'. 
  5. Akan ditampilkan detail tagihan, dan untuk melanjutkan pilih 'Lanjutkan Pembayaran'.
  6. Pada metode pembayaran pilih 'OVO'. 
  7. Akan ditampilkan metode pembayaran menggunakan OVO dan juga total tagihan yang harus dibayarkan dimana sudah termasuk biaya admin sebesar Rp2.000. Untuk melanjutkan pilih 'Bayar'.
  8. Masukkan nomor ponsel yang terdaftar di akun OVO, kemudian pilih 'Konfirmasi'. Pastikan bahwa kawan-kawan sudah login di aplikasi OVO pada handphone yang sama dengan aplikasi PLN Mobile. 
  9. Akan muncul notifikasi dari aplikasi OVO, dan kemudian klik atau tap notifikasi tersebut.
  10. Secara otomatis akan dibawa ke aplikasi OVO dan kemudian masukkan PIN atau security code OVO. 
  11. Pada halaman konfirmasi pembayaran, periksa data yang ditampilkan, jika sudah sesuai maka pilih 'Bayar'.
  12. Tunggu sebentar sampai transaksi berhasil, dan akan dibawa kembali ke halaman aplikasi PLN Mobile. Jika pembayaran di aplikasi OVO berhasil, maka di aplikasi PLN Mobil akan ditampilkan keterangan bahwa pembayaran tagihan listrik menggunakan pembayaran OVO telah berhasil. 

Itulah tadi cara melakukan pembayaran tagihan listrik pascabayar melalui aplikasi PLN Mobile dengan menggunakan metode pembayaran OVO. Pembayaran menggunakan OVO di aplikasi PLN Mobile ini dikenakan biaya admin sebesar Rp2.000.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url