Cara Daftar Aplikasi MyPertamina dan Cara Menghubungkan Dengan LinkAja

Saat ini Pertamina telah melaksanakan ujicoba tentang pembelian BBM bersubsidi (Pertalite dan Solar) dengan menggunakan QR Code yang didapatkan dari aplikasi MyPertamina, website mypertamina.id dan juga lewat SPBU yang ditunjuk oleh Pertamina.

Untuk pembelian BBM bersubsidi ini, Kawan-kawan terlebih dahulu harus mendaftarkan kendaraannya (untuk roda 4 dan lebih) melalui aplikasi MyPertamina, website subsiditepat.mypertamina.id dan juga beberapa SPBU yang ditunjuk oleh Pertamina. Setelah mendaftar dan memenuhi syarat, maka Kawan-kawan akan mendapatkan barcode yang harus ditunjukkan kepada petugas SPBU ketika membeli Pertalite atau Solar.

Barcode atau QR Code untuk pembelian BBM bersubsidi tersebut dapat berupa softfile yang didapat di aplikasi MyPertamina atau website subsiditepat.mypertamina.id ataupun juga bisa dicetak. Jadi Kawan-kawan tetap dapat membeli BBM bersubsidi menggunakan QR Code yang dicetak tanpa perlu aplikasi.

Untuk pembayaran pembelian Pertalite ataupun Solar bersubsidi, selain dapat menggunakan LinkAja yang terhubung dengan MyPertamina, Kawan-kawan juga dapat melakukan pembayaran dengan uang tunai.

Cara Terbaru Download dan Daftar Aplikasi MyPertamina 


Bagi kawan-kawan pengguna Android ataupun iOS, tentu tidak salah jika menginstall dan juga daftar di aplikasi MyPertamina. Karena kadang ada program atau promo menarik dari MyPertamina.

Untuk install atau download aplikasi MyPertamina, Kawan-kawan dapat langsung dapat install dari Google Play Store untuk pengguna Android dan AppStore untuk pengguna iOS. Ketik saja MyPertamina dan pilih tombol Install.

Setelah berhasil install, selanjutnya Kawan-kawan harus membuat akun atau daftar di aplikasi MyPertamina dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi MyPertamina yang baru saja diinstall di handphone.
  2. Akan ditampilkan beberapa manfaat jika menggunakan MyPertamina. Pilih 'Lanjutkan' untuk melihat manfaat lainnya dan kemudian pilih 'Mulai' atau pilih 'Lewati' untuk langsung ke halaman utama aplikasi MyPertamina. 
  3. Jika ada permintaan izinkan MyPertamina untuk mengakses lokasi perangkat, pilih 'Saat Aplikasinya Digunakan'. 
  4. Kemudian pilih 'Daftar'.
  5. Masukkan nama lengkap sesuai KTP, nomor handphone yang aktif dan juga tanggal lahir.
  6. Buat 6 digit PIN MyPertamina. Masukkan kembali PIN yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian pilih 'Daftar'.
  7. Untuk metode verifikasi OTP, pilih saja 'Kirim dengan SMS'. 
  8. Tunggu beberapa saat sampai mendapatkan SMS kode OTP dari MyPertamina, masukkan kode OTP tersebut untuk melakukan verifikasi.
  9. Setelah berhasil memasukkan kode OTP, maka Kawan-kawan sudah terdaftar di aplikasi MyPertamina.
  10. Login dengan memasukkan nomor handphone yang didaftarkan dan juga PIN MyPertamina dan kemudian pilih 'Masuk'.
  11. Setelah berhasil masuk, lengkapi data diri dengan cara pilih menu 'Akun' yang berda di bagian bawah aplikasi, kemudian pilih 'Ubah Profil'. Msukkan data yang diminta diantaranya email, nomor KTP, tempat lahir, jenis kelamin, hobi hingga alamat lengkap.
  12. Kemudian pilih tanda Check list (✅) warna hijau di pojok kanan atas.

Cara Menghubungkan LinkAja Sebagai Metode Pembayaran di Aplikasi MyPertamina


Setelah berhasil daftar di aplikasi MyPertamina, kawan-kawan dapat menghubungkan dengan LinkAja sebagai metode pembayaran berbagai transaksi di aplikasi MyPertamina. Selain dapat menggunakan LinkAja sebagai pembayaran di MyPertamina, Kawan-kawan juga dapat menambahkan kartu debit di aplikasi MyPertamina sebagai alat pembayaran.

Sebelum menghubungkan LinkAja dengan MyPertamina, pastikan bahwa Kawan-kawan sudah install dan terdaftar di aplikasi LinkAja.

Berikut adalah cara menghubungkan LinkAja sebagai metode pembayaran di aplikasi MyPertamina:

  1. Buka dan login di aplikasi MyPertamina.
  2. Pada halaman utama aplikasi MyPertamina pilih 'Hubungkan'. 
  3. Akan ada pertanyaan apakah sudah install LinkAja? Jika belum maka pilih 'Belum' dan kawan-kawan akan diarahkan untuk install LinkAja di Play Store atau AppStore. Jika sudah maka pilih 'Sudah' dan akan dilanjutkan ke halaman aktivasi.
  4. Setelah itu, maka akan dibawa ke halaman Aktivasi LinkAja. Masukkan PIN LinkAja dan kemudian pilih 'Lanjutkan'
  5. Masukkan kode verifikasi atau kode OTP yang diterima di nomor yang didaftarkan di LinkAja, kemudian pilih 'Proses'.
  6. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan bahwa transaksi berhasil.

Setelah berhasil menghubungkan LinkAja dengan MyPertamina, Kawan-kawan dapat melakukan pembayaran menggunakan LinkAja untuk pembelian BBM menggunakan aplikasi MyPertamina. Jika saldo LinkAja habis, Kawan-kawan dapat melakukan top up LinkAja melalui bank BTN ataupun bank BCA.

Itulah tadi cara install dan daftar di aplikasi MyPertamina. Selain itu juga dijelaskan mengenai cara menghubungkan dengan LinkAja sebagai metode pembayaran di aplikasi MyPertamina. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat Kawan-kawan semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url