Cara Beli Tiket Kereta Api Dengan Pembayaran Pakai BRIMO di Aplikasi KAI Acces

Saat ini pembelian tiket kereta api lokal maupun kereta api antar kota sudah bisa menggunakan metode pembayaran menggunakan aplikasi BRI Mobile Banking yaitu BRIMO dengan menggunakan menu pembayaran pakai QRIS.

Jadi saat ini di KAI Acces tersedia berbagai metode pembayaran misalnya saja pakai KAIPay, pakai LinkAja, pakai OVO, pembayaran tiket kereta api pakai ShopeePay dan lain sebagainya. Dengan banyaknya metode pembayaran dalam melakukan pemesanan atau pembelian tiket kereta api di KAI Acces tentunya sangat memudahkan pengguna moda transportasi kereta api dalam melakukan perjalan dengan kereta api.

Cara Beli Tiket kereta Api Lokal di KAI Acces Dengan Pembayaran Pakai BRIMO


Cara beli tiket kereta api lokal di KAI Acces dengan pembayaran pakai BRIMO ini adalah menggunakan metode pembayaran menggunakan QRIS. Dengan pembayaran menggunakan kode QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) atau Kode QR Standar Indonesia ini dapat digunakan di seluruh aplikasi pembayaran baik dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang sudah support pembayaran menggunakan QRIS.

Aplikasi BRIMO atau BRI Mobile Banking ini merupakan salah satu aplikasi mobile banking yang sudah support pembayaran pakai QRIS, sehingga dapat digunakan untuk pembayaran tiket kereta api di KAI Acces dengan pembayaran pakai QRIS.

Berikut adalah cara beli atau pesan tiket kereta api lokal di KAI Acces dengan pembayaran lewat aplikasi BRIMO:

  1. Buka dan login aplikasi KAI Acces.
  2. Pada halaman utama aplikasi KAI Acces, karena kita akan beli tiket kereta api Penataran/ Dhoho yang termasuk jenis kereta api lokal maka pilih Tab KA Lokal. Masukkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan dan juga jumlah penumpang dan kemudian pilih 'Cari'. 
  3. Pilih jadwal kereta api yang sesuai.
  4. Kemudian masukkan data penumpang dengan cara pilih 'Tambahkan sebagai penumpang' jika pemilik akun sebagai penumpang atau bisa juga memasukkan detail penumpang secara manual dan lalu  pilih 'Lanjutkan'. 
  5. Untuk melanjutkan, jika muncul notifikasi Apakah data yang anda masukkan sudah benar?  pilih 'Ya'.
  6. Kemudian akan ditampilkan detail  rincian pemesanan tiket kereta api. Pada halaman ini jika ingin ganti nomor kursi dan juga gerbong yang diinginkan pilih 'Ganti Kursi'. Dan jika sudah sesuai maka check list kotak Syarat dan ketentuan dan kemudian pilih 'Bayar Sekarang'.  
  7. Pilih 'Saya Mengerti' setelah membaca notifikasi tentang ketentuan vaksin dan ketentuan tersebut sesuai dengan kondisi Kawan-kawan.
  8. Langkah selanjutnya, untuk pembayaran tiket kereta api pakai BRIMO, maka pada metode pembayaran pilih 'QRIS'.  
  9. Kemudian pilih 'QRIS' lagi.
  10. Akan ditampilkan cara pembayaran tiket kereta api menggunakan QRIS dan lalu pilih 'Bayar'. 
  11. Akan ditampilkan kode QRIS untuk pembayaran tiket kereta api yang berlaku selama 15 menit, dan jika melebihi waktu yang ditentukan maka kode QR tersebut akan expired. Kemudian pilih 'Unduh QRIS'.
  12. Langkah selanjutnya untuk bayar tiket kereta api lokal di KAI Acces melalui BRIMO, maka buka dan login di aplikasi BRIMO.
  13. Pilih menu QRIS. 
  14. Selanjutnya pilih icon Image/ Gambar seperti pada gambar di atas. Kemudian Kawan-kawan harus memilih image/ gambar kode QRIS yang telah di download/ unduh dari aplikasi KAI Acces.
  15. Jika kode QRIS yang dipilih benar, maka akan ditampilkan hasil scan QRIS dengan penerima KAI dan nominal pembayaran sesuai harga tiket kereta api yang dipilih di KAI Acces. Untuk melanjutkan pilih 'Ok'. 
  16. Pada halaman konfirmasi periksa detail transaksi yang ditampilkan dan jika sudah sesuai pilih 'Ok'.
  17. Masukkan PIN BRIMO.
  18. Tunggu sebentar sampai transaksi selesai dan akan ditampilkan resi bukti pembayaran QRIS untuk tiket kereta api.

Setelah pembayaran QRIS di aplikasi BRIMO berhasil, silahkan Kawan-kawan buka kembali aplikasi KAI Acces dan periksa status pembelian tiket kereta api yang dibeli pada menu 'Tiket' dan kemudian pilih tab 'KA Lokal'. Jika pembelian tiket kereta api dengan BRI Mobile Banking berhasil, maka akan ditampilkan tiket kereta api sesuai dengan yang dibeli.

Pembayaran tiket kereta api di KAI Acces dengan menggunakan BRIMO ini gratis biaya admin. Selain dapat digunakan untuk pembayaran QRIS, Kawan-kawan juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik pakai BRIMO.

Itulah tadi cara bayar atau beli tiket kereta api lokal di KAI Acces dengan menggunakan pembayaran QRIS di aplikasi BRIMO. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Kawan-kawan semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url