Cara Bayar Tagihan Listrik Pascabayar di PLN Mobile Pakai BRIVA

Selain dapat bayar tagihan listrik pascabayar melalui berbagai layanan perbankan, e-Wallet, marketplace, Kawan-kawan juga dapat melakukan pembayaran tagihan listrik PLN pascabayar melalui aplikasi PLN Mobile.

Pembayaran tagihan listrik melalui PLN Mobile ini, biaya adminnya lebih murah bila dibandingkan dengan bayar di berbagai layanan perbankan. Bahkan saat ini untuk pembayaran listrik di PLN Mobile pakai VA Bank Mandiri gratis biaya admin (promo ini bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari PLN).

Untuk dapat melakukan pembayaran tagihan listrik atau beli token listrik pakai PLN Mobile, Kawan-kawan harus install aplikasi PLN Mobile yang dapat didownload melalui Play Store atau AppStore. Setelah berhasil install aplikasi PLN Mobile, baru kemudian melakukan pendaftaran akun di aplikasi PLN Mobile.

Cara Bayar Tagihan Listrik PLN Pascabayar Melalui PLN Mobile Dengan Pembayaran Menggunakan BRIVA


Cara bayar listrik prabayar menggunakan aplikasi PLN Mobile dengan pembayaran pakai BRIVA ini secara umum terbagi menjadi 2 langkah. Langkah pertama Kawan-kawan harus membuat atau melakukan transaksi di PLN Mobile untuk mendapatkan kode BRIVA. 

Langkah kedua adalah melakukan pembayaran melalui BRIMO atau ATM BRI atau BRI Internet Banking menggunakan kode BRIVA yang didapat dari aplikasi PLN Mobile.

1. Cara Mendapatkan Kode BRIVA Untuk Bayar Tagihan Listrik Pascabayar di Aplikasi PLN Mobile


Sebelum melakukan pembayaran tagihan listrik menggunakan PLN Mobile, kawan-kawan harus menyiapkan 11 digit nomor meteran listrik atau 12 digit nomor ID pelanggan PLN.

Cara bayar tagihan listrik di aplikasi PLN Mobile ini sangat mudah. Setelah berhasil install dan daftar di aplikasi PLN Mobile, Kawan-kawan cukup memasukkan nomor meter atau nomor ID Pelanggan PLN dan kemudian tinggal mengikuti langkah-langkah yang tertera di aplikasi PLN Mobile.

Berikut adalah cara bayar tagihan listrik PLN pascabayar melalui aplikasi PLN Mobile dengan metode pembayaran menggunakan BRIVA atau BRI Virtual Account:

  1. Buka dan login di aplikasi PLN Mobile.
  2. Pilih menu 'Token & Pembayaran' pada halaman utama aplikasi PLN Mobile. 
  3. Masukkan 11 digit nomor meteran listrik atau 12 digit nomor ID pelanggan PLN, dan kemudian pilih 'Periksa'.
  4. Akan ditampilkan daftar tagihan. Pilih daftar tagihan listrik yang ingin dibayarkan, dan kemudian pilih 'Pilih Tagihan'. 
  5. Akan ditampilkan detail tagihan. Periksa data-data yang ditampilkan dan jika sudah sesuai maka pilih 'Lanjutkan Pembayaran'.
  6. Pada halaman Pembayaran, pilih 'Pilih Metode Pembayaran Lain'. 
  7. Untuk pembayaran menggunakan BRI Vistual Account, silahkan pilih 'BRIVA'.
  8. Untuk mendapatkan kode BRIVA maka pilih 'Bayar'. 
  9. Akan ditampilkan kode BRIVA berikut total pembayaran yang harus dilakukan. Kode BRIVA tersebut berlaku selama 4 jam. Jika lebih 4 Jam dan belum dilakukan pembayaran terhadap kode BRIVA dari PLN Mobile, maka kode BRIVA tersebut akan otomatis hangus.

Biaya admin pembayaran tagihan listrik PLN pascabayar melalui PLN Moble dengan metode pembayaran menggunakan BRIVA ini dikenakan biaya admin Rp1.750. Biaya admin bayar listrik lewat PLN Mobile dengan metode pembayaran menggunakan BRIVA ini tentunya lebih murah, bila dibandingkan dengan cara bayar listrik langsung di aplikasi BRIMO, yang dikenakan biaya admin sebesar Rp3.000.

2. Cara Bayar Menggunakan BRIVA Dari PLN Mobile Pakai BRIMO


Setelah mendapatkan kode BRIVA untuk pembayaran listrik melalui aplikasi PLN Mobile, Kawan-kawan harus segera melakukan pembayaran menggunakan kode BRIVA tersebut salah satunya melalui aplikasi BRIMO atau BRI Mobile Banking.

Berikut adalah cara bayar menggunakan BRIVA dari PLN Mobile menggunakan aplikasi BRIMO:

  1. Buka dan login di aplikasi BRIMO.
  2. Pada halaman utama aplikasi BRIMO, pilih menu 'BRIVA'. 
  3. Kemudian pilih 'Pembayaran Baru'.
  4. Masukkan nomor BRIVA yang didapatkan dari aplikasi PLN Mobile dan kemudian pilih 'Lanjutkan'. 
  5. Akan ditampilakan detail tagihan dengan institusi PT Indonesia Comnets Plus dan juga nama pelanggan PLN yang akan dibayar. Cek dan jika sudah benar maka pilih 'Bayar'.
  6. Pada halaman konfirmasi periksa data-data yang ditampilkan dan jika sudah sesuai maka pilih 'Bayar'.
  7. Masukkan PIN BRIMO.
  8. Tunggu sebentar sampai transaksi selesai dan akan ditampilkan resi bukti pembayaran BRIVA yang didapat dari aplikasi PLN Mobile.

Selain menggunakan BRIVA, tersedia berbagai metode pembayaran di aplikasi PLN Mobile, diantaranya BTN Virtual Account, BNI Virtual Account, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, Mandiri Debit, BCA OneKlik, LinkAja, OVO dan lain-lainnya.

Itulah tadi cara terbaru dan lebih hemat untuk bayar tagihan listrik PLN Pascabayar melalui aplikasi PLN Mobile dengan metode pembayaran menggunakan BRIVA. Kode BRIVA tersebut selanjutnya digunkan untuk pembayaran melalui berbagai channel pembayaran dari bank BRI seperti aplikasi BRIMO, ATM BRI dan BRI internet banking. Semoga informasi tersebut diatas bermanfaat bagi Kawan-kawan semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url