Cara Mengaktifkan ShopeePay dan Upgrade ke Shopeepay Plus Terbaru

Cara Aktivasi ShopeePay

Bagi kawan-kawan pecinta belanja online pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi marketplace Shopee. Ada beberapa metode pembayaran ketika bertransaksi di shopee, selain transfer Bank dan kartu kredit ada juga dengan menggunakan dompet elektronik ShopeePay.

ShopeePay adalah layanan dompet elektronik atau E-Wallet yang dikeluarkan dan dikelola oleh Shopee. Selain untuk transaksi online di marketplace Shopee, kawan-kawan juga dapat menggunakannya untuk transaksi online di luar Shopee, seperti di aplikasi ataupun website Merchant. Contohnya untuk pembayaran tiket kereta api di aplikasi KAI Acces.

Selain transaksi online, ShopeePay juga dapat digunakan untuk transaksi offline dengan Merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay. Beberap contoh merchant Shopeepay adalah Alfamart, Alfamidi, Burger King, KFC, dll.

Selain untuk transaksi di shopee, dompet digital milik Shopee ini juga dapat menerima atau transfer pembayaran ke kontak kawan-kawan dan menarik saldo ke rekening bank yang diinginkan.

Keuntungan Menggunakan ShopeePay


Banyak keuntungan yang dapat kawan-kawan nikmati jika menggunakan Shopeepay, antara lain :

1. Voucher ShopeePay. Dengan voucher ini kawan-kawan mendapatkan penawaran Voucher Cashback hingga 30% untuk digunakan di Merchant favoritmu.

2. Cashback Setiap Hari. Belanja di aplikasi Shopee atau Merchant favoritmu pakai ShopeePay dan dapatkan Cashback Koin Shopee.

3. Transfer Cepat dan Mudah. Transfer ShopeePay ke temanmu di mana saja dan kapan saja tanpa biaya tambahan.

4. Belanja pakai ShopeePay di aplikasi atau website Shopee dan dapatkan Voucher Cashback serta Gratis Ongkir!

Cara Aktivasi ShopeePay


Sebelum dapat menggunakan berbagai fitur dari shopepay, kawan-kawan haruslah melakukan aktivasi atau mengaktifkan akun Shopeepay terlebih dahulu. 

Cara untuk mengaktifkan ShopeePay pun bisa dibilang cukup mudah. Kawan-kawan dapat melakukan aktivasi Shopeepay melalui aplikasi Shopee yang telah terinstall di Smartphone.

Jika belum mempunyai aplikasi shopee, kawan-kawan haruslah mengunduhnya terlebih dahulu. Kawan-kawan bisa mendownload aplikasi shopee ini menggunakan play store untuk HP android dan App store untuk HP Ios.

Berikut ini adalah cara untuk mengaktifkan atau aktivasi ShopeePay:

1. Login ke aplikasi Shopee

Untuk bisa login, maka kawan-kawan harus mendaftarkan diri terlebih dahulu di aplikasi atau web Shopee. Lakukan sesuai petunjuk pada aplikasi Shopee. Jika kawan-kawan sudah mempunyai akun Shopee, maka dapat langsung login ke akun shopee.

2. Masuk ke halaman Shopeepay

Setelah berhasil login, maka selanjutnya pilih menu shopeepay. Menu ini ada halaman beranda bagian pojok atas sebelah kiri. Atau juga bisa masuk ke halaman Saya & pilih ShopeePay.

3. Setujui Syarat dan Ketentuan Yang Berlaku

Langkah selanjutnya kawan-kawan harus membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang berlaku. Jika sudah selesai membaca dan setuju tentang sarat sarat dan ketentuan yang berlaku, maka klik pilihan Saya Setuju, Aktifkan Sekarang.

4. Ketik / Masukkan Kode Verfikasi

Selanjutnya, kawan-kawan akan mendapat kiriman kode verifikasi melalui SMS pada nomor yang didaftarkan di Shopee. Masukkan kode verifikasi tersebut pada kolom yang tersedia. Kemudian pilih lanjut.

5. Buat dan Masukan PIN Shopeepay

Buat dan masukkan PIN ShopeePay yang terdiri dari 6 digit angka. Ulangi lagi memasukkan PIN ShopeePay yang sama dengan sebelumnya. PIN ShopeePay ini haruslah mudah diingat namun unik dan sulit untuk ditebak orang lain, agar tidak bisa disalahgunakan.

6. Pengaturan Autentikasi Identitas

Klik halaman untuk Autentikasi Identitas (sidik jari untuk pengguna Android atau Face ID / Touch ID untuk pengguna iOS). Kawan-kawan dapat klik Atur Nanti jika ingin menunda pengaturan Autentikasi Identitas.

7. Akun ShopeePay sudah berhasil diaktifkan.

Jika semua langkah-langkah tersebut sudah dilakukan, maka akun Shopeepay sudah berhasil diaktifkan.

Nah, itu dia cara aktivasi atau mengaktifkan shopeepay terbaru. Setelah berhasil mengaktifkan ShopeePay, maka kawan-kawan sudah bisa melakukan berbagai transaksi dan manfaat menggunakan Shopeepay, diantaranya :
  1. Dapat melakukan pengisian saldo
  2. Dapat melakukan pembayaran baik online maupun offline
  3. Maksimum saldo adalah 2 juta rupiah
  4. Dapat meminta saldo ShopeePay dari pengguna shopeepay lain

Syarat Upgrade ShopeePay ke ShopeePay Plus


Sebenarnya Shopeepay yang telah kawan-kawan aktifkan sudah bisa digunakan untuk beberapa transaksi seperti tersebut diatas. Jika kawan-kawan ingin menggunakan Shopeepay dengan berbagai fiturnya secara penuh maka harus melakukan upgrade Shopeepay ke ShopeePay Plus.

Selain beberapa manfaat dari ShopeePay diatas, jika kawan-kawan melakukan upgrade Shopeepay Plus, maka akan mendapatkan manfaat tambahan yaitu diantaranya : 
  1. Maksimum saldo bertambah menjadi 10 juta rupiah
  2. Dapat mengirim saldo ke pengguna shopeepay lain
  3. Dapat melakukan transfer ke rekening Bank
  4. Dapat melakukan penarikan saldo ke rekening Bank
  5. Dapat menikmati promo khusus ShopeePay Plus

Untuk syarat upgrade ke Shopeepay Plus adalah :
  1. Telah memiliki akun Shopee dan telah mengaktifkan ShopeePay
  2. KTP bagi WNI atau KITAS bagi WNA
  3. Foto selfie beserta KTP / KITAS
  4. Jaringan internet

Cara Upgrade ShopeePay ke ShopeePay Plus


Sebelum melakukan upgrade ke Shopeepay plus, tentu ada pertanyaan dibenak kawan-kawan apakah ShopeePay Plus itu aman atau tidak?

Jawabnya adalah ShopeePay Plus itu aman karena sudah memiliki izin dan legalitas resmi dari pemerintah melalui otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

Untuk melakukan upgrade Shopeepay Plus atau verifikasi Shoy, berikut adalah caranya :
  1. Masuk ke akun ShopeePay pada aplikasi Shopee.
  2. Pilih Upgrade ke Shopeepay Plus.
  3. Masukkan info jenis Identitas, bisa KTP atau KITAS. 1 (satu) KTP/KITAS hanya bisa terdaftar di 1 (satu) akun Shopee. 
  4. Masukkakn Kewarganegaraan, jika pada jenis Identitas memilih KTP, maka pada kewarganegaraan terisi Indonesia.
  5. Ambil foto KTP atau KITAS. Pastikan kawan-kawan menggunakan kartu identitas yang terbaca/tidak rusak. Bila rusak, kawan-kawan dapat menyertakan dokumen pendukung (KTP dan dokumen pendukung secara bersamaan) pada foto identitas dan foto selfie, seperti: Surat Izin Mengemudi (SIM). Dokumen ini dapat mendukung KTP yang memiliki kerusakan di bagian selain NIK, seperti pas foto, nama, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat. Kartu Keluarga (KK). Dokumen ini dapat mendukung KTP yang memiliki kerusakan di bagian NIK, nama, tempat/tanggal lahir, jenis kelamin, dan alamat. Jika belum memiliki e-KTP, kawan-kawan dapat menggunakan Surat Keterangan Pengganti Identitas dari Pemerintah (yang berlaku sampai 6 bulan setelah pembuatan).
  6. Ambil foto diri beserta KTP / KITAS. Foto Diri Beserta KTP/ KITAS kawan-kawan harus jelas, hindari mengambil foto selfie buram atau tidak jelas dengan KTP/KITAS kawan-kawan yang valid. Pastikan untuk mengambil foto di ruangan yang cukup terang.
  7. Masukkan nama, nomer KTP/KITAS, tempat lahir, tanggal lahir dan jenis kelamin.
  8. Masulkkan alamat sesuai KTP/KITAS.
  9. Masukkan pekerjaan saat ini.
  10. Masukkan nomer telpon (sudah otomatis terisi).
  11. Masukkan nama Ibu Kandung.
  12. Pilih atau centang pada ceklist syarat dan ketentuan.
  13. Pilih Konfirmasi.

Itulah tadi syarat dan juga cara upgarde akun Shopeepay ke Shopeepay Plus. Proses aktivasi atau upgarde akun shopeepay plus akan dilakukan kurang lebih dari 1 x 24 jam.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url