Cara Isi Saldo ShopeePay Menggunakan BRI Direct Debit

ShopeePay adalah dompet digital atau E-Wallet yang dikeluarkan oleh Shopee. Dengan ShopeePay ini, kawan-kawan dapat menggunakannya untuk:
  1. Transaksi online baik di aplikasi Shopee ataupun website Shopee.
  2. Transaksi online di luar Shopee, seperti di aplikasi ataupun website Merchant yang bekerjasama dengan Shopee. Contohnya adalah pembayaran tiket kereta Api pada aplkasi KAIAcces.
  3. Transaksi offline dengan Merchant yang menerima pembayaran melalui QRIS dan ShopeePay.
  4. Menerima atau transfer pembayaran ke kontak Anda dan menarik saldo ke rekening bank Anda.

Beberapa Metode Isi Saldo ShopeePay


Untuk dapat melakukan transaksi, baik pembelian, pembayaran, haruslah melakukan isi saldo atau top up saldo ShopeePay kawan kawan. Ada beberapa metode untuk melakukan isi saldo ShopeePay, yaitu : 
  1. Isi saldo ShopeePay dengan BRI Direct Debit
  2. Isi saldo ShopeePay dengan BCA Oneklik
  3. Isi saldo ShopeePay dengan transfer Bank (dicek otomatis) dengan menggunakan Virtual Acount. Untuk saat ini transfer Bank yang bisa digunakan adalah : SeaBank, Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank Syariah Indonesia (BSI) dan Bank Permata. Untuk Bank lainnya bisa menggunakan Virtual Acount dari Bank Mandiri.
  4. Isi saldo ShopeePay lewat Alfamart / Alfamidi / Dan+Dan
  5. Isi saldo ShopeePay lewat Indomaret / i.Saku
  6. Isi saldo ShopeePay lewat scan kode QR Top Up di Merchant yang mendukung top up Shopeepay. Saat ini merchant yang mendukung top up Shopeepay adalah Circle K.

Pada artikel kali ini, kita hanya akan membahas isi saldo ShopeePay dengan BRI direct debit. Untuk cara isi saldo ShopeePay dengan metode transfer bank, lewat Alfamart, lewat Indomaret, BCA Oneklik, akan dibahas pada artikel lainnya.

Syarat Isi saldo ShopeePay dengan BRI Direct Debit


Untuk dapat melakukan isi saldo atau top up saldo ShopeePay dengan metode direct debit BRI, terlebih dahulu haruslah memenuhi beberapa persyaratannya, yaitu :
  1. Memiliki kartu debit BRI yang telah terdaftar pada layanan Internet Banking/SMS Banking BRI.
  2. Telah melakukan verifikasi ShopeePay atau telah mengupgrade Shopeepay ke Shopeepay Plus.
  3. Telah menghubungkan Kartu Debit BRI dengan akun Shopeepay.

Jika syarat diatas sudah terpenuhi, maka kawan-kawan sudah dapat melakukan isi saldo ShopeePay dengan metode BRI direct debit

Cara Menghubungkan Kartu Debit BRI dengan ShopeePay


Seperti dijelaskan diatas bahwa salah satu syarat untuk dapat melakukan pengisian saldo Shopeepay menggunakan Kartu Debit BRI haruslah menghubungkan kartu debit BRI dengan ShopeePay. Sebelum menghubungkan kartu debit BRI untuk Direct Debit, pastikan kawan-kawan telah. memiliki kartu debit BRI yang telah terdaftar pada layanan Internet Banking/SMS Banking BRI.
 
Untuk dapat bertransaksi menggunakan BRI Direct Debit di Shopee/Shopeepay, kawan-kawan haruslah menghubungkan kartu debit BRI dengan ShopeePay, dengan cara-cara sebagai berikut:

1. Menghubungkan BRI Direct Debit Ketika Checkout

Cara pertama dilakukan ketika checkout pada aplikasi Shopee. Pada halaman checkout pilih Metode Pembayaran > pilih BRI Direct Debit > pilih Tambah kartu baru BRI Direct Debit

2.  Menghubungkan BRI Direct Debit melalui menu Kartu/Rekening Bank

Login aplikasi Shopee > pilih menu Saya > klik logo Pengaturan Akun pada sebelah kanan atas > pilih Kartu/Rekening Bank > pilih Tambah kartu baru BRI Direct Debit.

3. Menghubungkan BRI Direct Debit Ketika Isi Saldo ShopeePay

Log in ke aplikasi Shopee > pilih menu Saya > pilih ShopeePay > pilih Isi Saldo > Pilih BRI Direct Debit > Klik Tambah kartu baru BRI Direct Debit.

4. Menghubungkan BRI Direct Debit Melalui Pengaturan Shopeepay

Log in ke aplikasi Shopee > pilih menu Saya > pilih ShopeePay > pilih Pengaturan > Pilih Metode Pembayaran yang Terhubung > pilih Tambah kartu baru BRI Direct Debit.

Pilih salah satu dari 4 cara unutk menghubungkan kartu debit BRI dengan ShopeePay diatas, kemudian akan dibawa ke halaman "Tambah kartu BRI Direct Debit". Langkah selanjutnya adalah berikut:
  • Masukkan 4 angka terakhir dari nomor kartu debit BRI
  • Masukkan nomor handphone yang terdaftar pada Internet/SMS Banking BRI. Pilih Konfirmasi. 
  • Kawan-kawan akan menerima SMS dari BRI yang berisi OTP.Kemudian masukkan OTP pada kolom yang tersedia. Klik Lanjutkan
  • Setelah mendapatkan notifikasi berhasil, Klik Ok 
  • Kartu Debit BRI Anda telah terhubung dengan aplikasi Shopee.

Sebagai informasi 1 (satu) kartu BRI Direct Debit hanya dapat terhubung dengan 1 (satu) akun Shopee. Semenatar untuk 1 (satu) akun Shopee dapat menghubungkan maksimal 2 (dua) kartu BRI Direct Debit.
Kartu BRI Direct Debit yang didaftarkan melalui Shopee dapat langsung digunakan untuk ShopeePay, dan sebaliknya.

Cara Isi Saldo ShopeePay Menggunakan BRI Direct Debit


Setelah menghubungkan kartu debit BRI untuk Direct Debit, maka kawan-kawan sudah bisa melakukan isis saldo shopeepay menggunakan kartu debit BRI. Kawan-kawan dapat mengisi saldo ShopeePay menggunakan BRI Direct Debit dengan cara sebagai berikut:
  1. Log in ke aplikasi Shopee, pilih menu Saya, pilih ShopeePay.
  2. Kemudian pilih Isi Saldo. Akan ada beberapa pilihan dalam pengisian saldo Shopeepay, pilih BRI Direct Debit 
  3. Selanjutnya pilih kartu BRI Direct Debit yang akan digunakan, pilih Konfirmasi
  4. Masukkan nominal isi saldo sesuai yang diinginkan. Untuk diketahui minimum isi saldo ShopeePay menggunakan BRI Direct Debit adalah Rp 20.000 
  5. Klik Bayar.
  6. Periksa kembali nominal isi saldo, 
  7. Masukkan Kode OTP 
  8. Klik Lanjut 
  9. Pembayaran Berhasil, pilih OK
  10. Selanjutnya kawan-kawan akan diarahkan ke halaman rincian isi saldo.

Sebagai informasi mulai 1 Mei 2023, top up ShopeePay pakai BRI Direct Debit akan dikenakan biaya admin Rp1.000 dari sebelumnya gratis biaya admin.

Cara Melakukan Pembayaran Shopee Menggunakan BRI Direct Debit


Selain dapat melakukan isi saldo ShopeePay menggunakan BRI direct debit, kawan-kawan juga dapat langusng melakukan pembayaran di shopee menggunakan BRI direct debit. Cara untuk dapat melakukan pembayaran di shopee menggunakan BRI direct debit adalah sebagai berikut:
  1. Setelah melakukan transaksi, pilih Checkout 
  2. Pada metode pembayaran pilih BRI Direct Debit, pilih kartu BRI Direct Debit, pilih Konfirmasi 
  3. Periksa kembali pesanan apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan 
  4. Pilih Buat Pesanan.
  5. Kawan-kawan akan diarahkan ke halaman konfirmasi Shopee, periksa kembali nominal pembayaran, pilih Bayar, input OTP, pilih Lanjut
  6. Pembayaran Berhasil, pilih OK.
  7. Kawan-kawan akan diarahkan ke halaman Pesanan Saya, status pesanan berubah menjadi Dikemas.

Untuk pembayaran menggunakan BRI direct debit, tidak ada biaya tambahan yang dikenakan. Jika kawan-kawan melakukan pembatalan transaksi atas pembayaran menggunakan BRI Direct Debit, dana akan dikembalikan ke saldo ShopeePay dalam 1x24 jam sejak transaksi dibatalkan.

Cara Mengubah Batas Transaksi Harian BRI Direct Debit


Batas maksimum transaksi harian awal BRI Direct Debit kawan-kawan adalah sesuai dengan jenis kartu yang digunakan. Untuk Reguler adalah Rp 10.000.000, Gold Rp 20.000.000 dan Platinum Rp 50.000.000. Batas tersebut dapat diubah dengan batas yang lebih kecil dengan cara sebagai berikut:

Cara Pertama: Melalui menu Kartu/Rekening Bank

Login aplikasi Shopee > pilih menu Saya > klik logo Pengaturan Akun pada sebelah kanan atas > pilih Kartu/Rekening Bank > pilih kartu BRI Direct Debit yang ingin diubah.

Cara Kedua: Melalui menu Pengaturan Shopeepay

Log in ke aplikasi Shopee > pilih menu Saya > pilih ShopeePay > pilih Pengaturan > Pilih Metode Pembayaran yang Terhubung > pilih kartu BRI Direct Debit yang ingin diubah.

Pilih salah satu dari 2 (dua) cara diatas. Setelah masuk ke halaman detail kartu, ikuti langkah berikut:
  • Pilih Atur Batas Harian > masukkan nominal yang diinginkan > pilih Simpan.
  • Input OTP > pilih Lanjut > pilih Ok > Batas Harian BRI Direct Debit Anda telah berhasil diubah.

Batas harian yang diatur di platform Shopee hanya berlaku pada platform Shopee. Batas transaksi harian Anda pada toko online/offline selain Shopee tetap mengacu pada tipe kartu debit BRI milik kawan-kawan.

Cara Menghapus BRI Direct Debit dari Shopee/ShopeePay


Jika kawan-kawan ingin menghapus BRI direct debit dari akun shopee, caranya adalah sebagai berikut:

Cara Pertama: Melalui menu Kartu/Rekening Bank

Login aplikasi Shopee > pilih menu Saya > klik logo Pengaturan Akun pada sebelah kanan atas > pilih Kartu/Rekening Bank > pilih kartu BRI Direct Debit yang ingin dihapus.

Cara Kedua: Melalui menu Pengaturan Shopeepay

Log in ke aplikasi Shopee > pilih menu Saya > pilih ShopeePay > pilih Pengaturan > Pilih Metode Pembayaran yang Terhubung > pilih kartu BRI Direct Debit yang ingin dihapus.

Pilih salah satu dari 2 (dua) cara diatas. Setelah masuk ke halaman detail kartu, ikuti langkah berikut:
  • Pilih Hapus Kartu 
  • Masukkan password Shopee 
  • Piliih Lanjut 
  • Kartu BRI Direct Debit telah dihapus P
  • Pilih Ok.

Itulah tadi cara isi saldo shopeepay menggunakan BRI direct debit. Mulai syarat-syarat, cara menghubungkan kartu Debit BRI ke shopee, cara bayara Shopee menggunakan direct debit BRI sampai cara menghapus direct debit BRI.  

Tutorial ini dirangkum berdasarkan informasi pada halaman shoppe yang diakses pada 07/12/2021. Tutorial ini bisa berubah sesuai dengan kebijakan terbaru dari Shopee.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url