Cara Membuat Akun Dana dan Upgrade ke Akun Dana Premium

Sebelum dapat menggunakan DANA, banyak kawan-kawan yang mencari cara untuk daftar DANA dan juga cara untuk upgrade akun DANA. Cara untuk daftar akun DANA cukup mudah dan bisa dilakukan kapan dan dimana saja selama mempunyai smartphone (android / IOS )dan koneksi internet.

DANA merupakan salah satu dompet digital atau E-Wallet yang beroperasi di Indonesia yang didesain untuk menjadikan setiap transaksi non-tunai atau cashless dan non-kartu secara digital, baik online maupun offline dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya. 

Dengan DANA, kawan-kawan dapat bayar apapun semudah lewat sentuhan jari. Lewat DANA, kawan-kawan bisa melakukan transaksi apapun dengan praktis mulai dari pembayaran tagihan, pembelian tiket kereta api, transaksi barcode scan, kirim uang, pembelian pulsa, bayar tagihan hingga transaksi e-commerce.

Apakah DANA aman? Sampai saat ini DANA telah mendapat 4 lisensi dari BANK INDONESIA berupa soal izin penggunaan e-money, e-wallet, lembaga keuangan digital, dan juga transfer uang online. Jadi konsumen tidak perlu meragukan kredibilitas dan keamanan aplikasi ini. Untuk alasan keamanan, aplikasi DANA ini tidak bisa digunakan di perangkat jailbreak / root.

Bagaimana Cara Membuat / Registrasi Akun DANA?


Sebelum dapat menggunakan berbagai layanan DANA, kawan-kawan harus mengunduh dan install aplikasi DANA di Play Store bagi Android, AppStore bagi IOS dan juga kawan-kawan harus memiliki akun DANA terlebih dahulu. 
 
Setelah selesai mengunduh dan install aplikasi DANA langkah berikutnya adalah membuat akun DANA. Untuk melakukan pendaftaran atau registrasi atau membuat akun DANA, berikut adalah caranya:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Masukkan nomor handphone kawan-kawan yang masih aktif. Nomor ini nantinya akan menjadi ID DANA kawan-kawan.
  3. Pilih 'Lanjut'.
  4. Akan muncul pertanyaan untuk akses Izinkan Lokasi, dan beberapa akses lainnya. Pilih Izinkan.
  5. Akan muncul laman konfirmasi apakah nomor handphone yang dimasukkan sebelumnya sudah benar. Jika sudah benar pilih 'Oke Siap'.
  6. Masukkan kode token (OTP) yang dikirim DANA ke nomor handphone yang didaftarkan tadi.
  7. Buat PIN DANA dengan menggunakan 6 digit angka. Pastikan kawan-kawan mengingat PIN ini karena akan digunakan untuk login dan juga transaksi.
  8. Ulangi PIN DANA yang telah kawan-kawan buat untuk konfirmasi.
  9. Akun DANA sudah berhasil dibuat.
  10. Langkah terakhir, lengkapi profil akun DANA kawan-kawan dengan cara klik menu 'Saya' yang berada dipojok kanan bawah. Selanjutnya klik 'Lengkapi Akun Kamu'. Kawan-kawan tinggal melengkapi profil kawan-kawan seperti username, foto profil, menambahkan email, dan lain-lain.

Username yang dibuat ketika melengkapi profil di akun DANA adalah Nama atau ID yang digunakan pengguna DANA untuk berinteraksi dengan pengguna aplikasi DANA lainnya.

Satu akun DANA hanya bisa digunakan untuk satu device/ponsel. Jadi kawan-kawan tidak dapat membuat banyak akun DANA di satu ponsel.

Setelah berhasil membuat akun DANA, maka kawan-kawan sudah bisa menikmati berbagai layanan DANA seperti isi saldo DANA maksimal Rp2.000.000, pembayaran transaksi tagihan listrik, tagihan air, tagihan internet, Iuran BPJS, Pembelian Pulsa, Belanja online di aplikasi Bukalapak.com dan Lazada.com dan lain sebagainya.

Tetapi kawan-kawan belum dapat melakukan tarik tunai dan transfer uang ke Bank jika belum melakukan upgrade ke akun DANA Premium.

Cara Upgrade Menjadi Akun DANA Premium


Akun premium DANA adalah akun pengguna DANA yang telah melewati verifikasi dua-langkah, yaitu Verifikasi Biometrik dan Verifikasi Identitas. Dengan melakukan upgrade menjadi akun DANA Premium, kawan-kawan dapat melakukan transfer atau kirim uang ke rekening bank, tarik tunai saldo DANA lewat Alfamart, Alfamidi, DanDan, Lawson, Pegadaian dan juga ATM BCA. 

Selain itu dengan Dengan DANA Premium, limit saldo akun DANA kawan-kawan juga akan bertambah jadi Rp10.000.000. Yang lebih membuat tenang, setelah melakukan upgrade ke akun DANA Premium, kawan-kawan akan dapat fasilitas DANA Protection.

DANA Protection adalah salah satu solusi bagi kemanan transaksi digital. Fitur ini akan memberikan jaminan proteksi untuk kenyamanan serta keamanan dalam penggunaan DANA. DANA juga memberikan jaminan uang kembali jika terjadi penyalahgunaan akun atau ada kendala dalam transaksi. 

Lalu bagaimana menjadi akun DANA Premium ? Caranya hampir sama dengan cara upgrade ke OVO Premier ataupun cara upgrade ke GoPay Plus. Untuk upgrade ke akun DANA Premium, sebelumnya persiapkan kartu identitas atau e-KTP terlebih dahulu. Berikut adalah cara upgrade menjadi akun DANA Premium:

  1. Buka aplikasi DANA.
  2. Pilih menu 'Saya' yang berada dipojok kanan bawah pada laman awal aplikasi DANA.
  3. Pada halaman Akun Saya pilih menu 'Verifikasi Akun Anda'.
  4. Akan muncul informasi keuntungan jika kawan-kawan upgrade ke akun DANA premium, kemudian pilih 'Daftar Sekarang'.
  5. Muncul informasi agar kawan-kawan menyiapkan e-KTP fisik. Siapkan e-KTP dalam posisi yang jelas, terang dan tidak kena pantulan cahaya. Jika sudah siap pilih 'Mulai Yuk'.
  6. Selanjutnya ambil foto KTP langsung dari aplikasi DANA. Pastikan ketika mengambil foto e-KTP, posisi e-KTP tersebut berada didalam kotak, lalu pilih 'Lanjut'. Jika hasil foto kurang jelas atau KTP tidak terbaca maka pilih 'Ulangi', lalu foto kembali e-KTP yang disiapkan tadi.
  7. Langkah selanjutnya adalah verifikasi wajah dengan cara foto selfie. Lakukan verifikasi KTP dengan wajah yang terlihat jelas dan cahaya yang cukup. Jika sudah siap pilih 'Mulai'.
  8. Pindai wajah kawan-kawan pada area lingkaran yang tersedia di aplikasi DANA lalu kedipkan mata dua kali.
  9. Terakhir cek kembali apakah nomor KTP dan nama yang ditampilkan sudah sesuai, jika sudah benar pilih 'Kirim'.
  10. Akan muncul keterangan 'Datamu sudah dikirim'. 
  11. Tunggu proses pemeriksaan dokumen yang telah kawan-kawan kirim dan jika berhasil upgrade DANA Premium maka akan ada pemberitahuan bahwa proses verifikasi berhasil dan otomatis akun DANA kawan-kawan menjadi Premium.

Jika kawan-kawan gagal dalam melakukan registrasi atau upgrade ke akun DANA Premium, beberapa hal dibawah ini harus menjadi perhatian:
  • Pastikan KTP yang digunakan belum terdaftar di aplikasi DANA.
  • Satu KTP hanya berlaku untuk satu akun DANA.
  • Pastikan kualitas kamera dan pencahayaan dalam keadaan baik.
  • Pastikan jaringan internet bagus dan stabil 
  • Pastikan dokumen KTP yang digunakan jelas terbaca (tidak terdapat bagian yang pudar atau hilang).

Jika gagal upgrade ke akun DANA Premium, pastikan beberapa hal diatas sudah terpenuhi, baru kemudian bisa diulang kembali proses pengajuan upgrade akun DANA premium sampai berhasil.

Jika proses verifikasi berjalan lancar, dokumen yang diupload sudah sesuai dan dapat terbaca dengan jelas, biasanya tidak sampai 5 menit setelah dokumen untuk verifikasi ke DANA premium diterima pihak DANA, maka akan ada notifikasi bahwa proses upgrade ke DANA Premium berhasil 

Jika kawan-kawan ingin mengganti atau mengubah nomor handphone yang terdaftar di DANA setelah upgrade ke Premium, maka caranya adalah melalui menu 'Saya' > 'Pengaturan Profil' > 'Ubah Nomor Ponsel' > 'Ganti Nomor'.

Jika nomor handphone lama yang telah terdaftar di DANA masih aktif maka pilih 'Kirim kode OTP ke nomor HP yang lama'. Tetapi jika nomor sudah tidak aktif atau hilang maka pilih 'Saya sudah tidak pakai nomor HP yang lama' kemudian masukan PIN DANA. Setelah itu masukan nomor handphone yang baru, kode OTP yang terkirim ke nomor yang baru dan lalu ikuti petunjuk selanjutnya di aplikasi DANA sampai selesai.

Itulah tadi cara mudah dan terbaru untuk membuat akun DANA dan juga cara upgrade ke DANA Premium.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url