Cara Transfer Antar Bank Hanya Rp2.500 Menggunakan BNI Mobile Banking


BNI merupakan salah satu bank gelombang pertama yang terdaftar di sistem BI Fast. Sehingga transfer antar bank lewat mobile banking BNI menggunakan BI Fast dikenakan biaya transfer hanya Rp 2.500.

Keunggulan transfer menggunakan BI Fast adalah beroperasi tanpa henti, berlangsung seketika atau real time, mudah, aman, dan murah. Dengan layanan BI-Fast akan memungkinkan nasabah melakukan transfer tidak hanya menggunakan nomor rekening tujuan, tetapi juga bisa melalui nomor handphone atau alamat email tujuan transfer yang terdaftar di proxy BI Fast.

Sebagai suatu sistem, BI Fast bukanlah berupa aplikasi khusus, melainkan layanan yang langsung terintegrasi dan dapat diakses melalui aplikasi buatan industri perbankan. Beberapa mobile banking yang telah menggunakan layanan BI Fast, sehingga transfer antar bank dikenakan biaya admin sebesar Rp 2.500 diantaranya adalah BRIMO dari BRI, Livin' by Mandiri dan juga myBCA.

Cara Transfer Lewat BNI Mobile Banking Menggunakan BI Fast


Transfer antar bank menggunakan BNI mobile banking sekarang dikenakan biaya transfer yang cukup murah, yakni hanya sebesar Rp 2.500, dengan memanfaatkan layanan BI Fast. Tarif tersebut lebih murah, karena sebelum ada layanan BI Fast di BNI mobile banking, biaya transfer antar bank dikenakan biaya transfer sebesar Rp 6.500.

Layanan transfer antar bank dengan biaya Rp 2.500 tersebut bisa diakses lewat BNI Mobile Banking. Sebelum dapat menikmati layanan BI Fast tersebut, kawan-kawan nasabah BNI harus install dan juga sudah terdaftar di aplikasi BNI mobile banking.

Ada 2(dua) metode yang disediakan BNI untuk transfer menggunakan layanan BI Fast, yaitu transfer BI Fast dengan metode rekening bank dan transfer BI Fast dengan metode ID BI Fast.

1. Cara Transfer BI Fast Dengan Metode Rekening Bank di Aplikasi BNI Mobile Banking


Cara transfer antar bank menggunakan BNI mobile banking dengan layanan BI Fast yang pertama adalah menggunakan metode rekening bank. Maksudnya adalah tujuan transfer menggunakan nomor rekening Bank. 

Jadi transfer antar bank ini sama dengan sebelum ada layanan BI Fast, cuman yang membedakan adalah metode transfernya menggunakan transfer BI Fast, bukan transfer online. Berikut adalah cara transfer antar bank menggunakan layanan BI Fast di BNI Mobile Banking dengan metode rekening bank:

  1. Buka aplikasi BNI mobile banking.
  2. Login di aplikasi BNI mobile banking.
  3. Pada laman utama pilih menu 'Transfer'.
  4. Pada metode transfer pilih menu 'BI Fast'.
  5. Pilih metode transfer 'ke Rekening Bank'.
  6. Pilih bank tujuan transfer.
  7. Masukkan nomor rekening tujuan serta nominal transfer yang diinginkan. 
  8. Isi keterangan jika diperlukan.
  9. Pilih 'Selanjutnya'.
  10. Pada halaman konfirmasi, cek data yang ditampilkan seperti nomor rekening, nama penerima, bank tujuan dan juga nominal transfer. Jika sudah sesuai masukkan password transaksi dan pilih 'Selanjutnya'.
  11. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan bahwa proses transfer berhasil. Share bukti transfer dengan klik 'Share' atau kembali ke beranda untuk transaksi lainnya.

2. Cara Transfer BI Fast Dengan Metode ID BI Fast di Aplikasi BNI Mobile Banking


Untuk cara transfer BI Fast di aplikasi BNI mobile banking yang berikutnya adalah menggunakan metode ID BI Fast. ID BI Fast ini ada juga yang menyebutnya Proxy BI Fast.

ID BI Fast ini merupakan nomor handphone atau email yang terdaftar di BI Fast, yang nantinya dapat digunakan sebagai pengganti nomor rekening bank sebagai tujuan transfer. Nomor handphone atau email ini harus didaftarkan di layanan BI Fast di bank tempat pembukaan rekening. Misal nasabah BNI, maka ID BI Fast ini bisa didaftarkan di BNI. Satu email atau satu nomor handphone hanya bisa didaftarkan untuk 1 (satu) rekening.

Berikut adalah cara transfer antar bank menggunakan layanan BI Fast di BNI Mobile Banking dengan metode ID BI Fast:

  1. Buka aplikasi BNI mobile banking.
  2. Login di aplikasi BNI mobile banking.
  3. Pada laman utama pilih menu 'Transfer'.
  4. Pada metode transfer pilih menu 'BI Fast'.
  5. Pilih metode transfer ID BI Fast.
  6. Masukkan ID BI Fast yang berupa email atau nomor handphone yang terdaftar di BI Fast sebagai pengganti nomor rekening tujuan transfer.
  7. Isi keterangan jika diperlukan.
  8. Pilih 'Selanjutnya'.
  9. Pada halaman konfirmasi, cek data yang ditampilkan seperti nama penerima, bank tujuan dan juga nominal transfer. Jika sudah sesuai masukkan password transaksi dan pilih 'Selanjutnya'.
  10. Tunggu sebentar sampai muncul keterangan bahwa proses transfer berhasil. Share bukti transfer dengan klik 'Share' atau kembali ke beranda untuk transaksi lainnya.

Itulah tadi cara transfer antar bank menggunakan BNI mobile banking dengan layanan BI Fast dengan biaya transfer sebesar Rp 2.500. Transfer menggunakan BI Fast di BNI mobile banking ini selain bisa menggunakan nomor rekening sebagai tujuan transfer, juga bisa menggunakan email atau nomor handphone yang terdaftar di BI Fast sebagai tujuan transfer.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url