Cara Terbaru Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui ATM Bank BCA

Cara terbaru untuk bayar tagihan atau iuran BPJS Kesehatan melalui ATM bank BCA merupakan salah satu cara bayar iuran BPJS Kesehatan yang disediakan terutama untuk nasabah bank BCA.

Jumlah iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah berdasarkan kelas yang dipilih. Tarif BPJS Kesehatan tahun 2022 ini adalah sebagai berikut:
  • Untuk peserta BPJS kelas 1, iuran BPJS kesehatan yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp150.000. 
  • Untuk peserta BPJS Kesehatan kelas 2, iuran BPJS Kesehatan yang harus dibayarkan setiap bulannya adalah sebesar Rp100.000.
  • Untuk peserta BPJS Kesehatan kelas 3 l, iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya adalah sebesar Rp42.000. Untuk iuran kelas 3, Pemerintah menanggung Rp7.000 dari jumlah total iuran yang harus dibayarkan, dan peserta harus membayar sisanya, yaitu Rp35.000.

Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan Melalui ATM bank BCA


Untuk bayar iuran BPJS Kesehatan di atm BCA diperlukan nomor virtual account BPJS Kesehatan di bank BCA yaitu 88888 yang dilanjutkan dengan 11 digit terakhir nomor BPJS Kesehatan. 1 nomor virtual account ini untuk pembayaran secara kolektif bagi seluruh anggota keluarga.

Untuk biaya admin pembayaran iuran BPJS Kesehatan melalui ATM bank BCA ini adalah Rp2.500. Berikut adalah cara bayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM bank BCA:

  1. Kunjungi ATM BCA terdekat.
  2. Masukkan kartu debit/ ATM bank BCA ke mesin ATM bank BCA.
  3. Masukkan PIN ATM BCA.
  4. Pilih 'Transaksi Lainnya'
  5. Pilih 'Pembayaran'.
  6. Pilih 'Layar Berikut'. 
  7. Pilih 'BPJS'.
  8. Pilih 'Kesehatan'. 
  9. Masukkan nomor bayar yang berupa nomor virtual account atau VA BPJS Kesehatan di BCA yaitu 88888 + 11 digit terakhir nomor BPJS Kesehatan, lalu pilih 'Benar'.
  10. Pada halaman konfirmasi periksa detail transaksi yang ditampilkan di layar ATM, jika sudah benar pilih 'Ya'. 
  11. Tunggu sebentar sampai transaksi selesai dan akan keluar struk bukti pembayaran BPJS di ATM BCA.
  12. Sebelum meninggalkan mesin ATM, jangan lupa untuk mengambil kartu ATM BCA.

Selain dapat melakukan pembayaran BPJS Kesehatan melalui ATM bank BCA, kawan-kawan juga dapat membayar iuran BPJS Kesehatan melalui ATM bank BRI dan juga OVO.

Itulah tadi cara bayar tagihan atau iuran BPJS Kesehatan melalui ATM bank BCA dengan menggunakan virtual account (VA) BPJS Kesehatan di bank BCA dengan biaya admin sebesar Rp2.500.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url