Ketentuan Tarif Tiket Kereta Api Untuk Anak-Anak Terbaru Update 2022

Naik kereta api bersama anak-anak tentunya menjadi salah satu alternatif ketika kawan-kawan sedang berlibur ataupun juga sedang ingin pergi ke suatu daerah. Selain dapat mengenalkan salah satu moda transportasi darat, Kawan-kawan juga dapat menikmati pemandangan sepanjang perjalanan dengan buah hati.

Lalu bagaimana ketentuan tarik tiket kereta api untuk anak-anak? 
Apakah anak dibawah 3 tahun wajib beli tiket?
Apakah anak usia 2 tahun wajib beli tiket? 
Apakah anak usia 5 tahun wajib beli tiket?
Berapa harga tiket untuk anak kecil?
Anak usia berapa wajib beli tiket kereta api? 

Tentunya beberapa pertanyaan diatas dan berbagai pertanyaan lainnya tentang ketentuan tarif tiket untuk anak-anak menjadi sesuatu yang dicari oleh beberapa orang tua sebelum mengajak si kecil untuk naik kereta api.

Ketentuan Tentang Tarif Tiket Kereta Api Untuk Anak-Anak Terbaru 


Berdasarkan rilis dari PT Kereta Api di Facebook page-nya pada 20 Oktober 2022 disebutkan bawah anak-anak dibawah usia 3 tahun tidak diwajibkan untuk beli tiket kereta api. Jadi bagi Kawan-kawan yang membawa anak-anak usia 1 tahun, 2 tahun tidak diwajibkan untuk beli tiket kereta api. Tetapi karena tidak beli tiket, maka tidak berhak atau tidak mendapatkan tempat duduk sendiri.

Tetapi jika kawan-kawan ingin membelikan tiket sendiri untuk anak-anak dibawah 3 tahun, Kawan-kawan dapat menggunakan NIK anak-anak yang terdapat di kartu keluarga atau di Kartu Identitas Anak (KIA). Dengan membeli tiket tentunya anak-anak tersebut akan mendapatkan kursi atau tempat duduk sendiri.

Sementara untuk anak-anak mulai usia 3 (tiga) tahun, wajib membeli tiket kereta api sendiri dengan tempat duduk, dengan tarif penumpang dewasa (100% dari harga tiket). Jadi anak-anak usia 3 tahun, 4 tahun, 5 tahun dan seterusnya wajib untuk membeli tiket kereta api sendiri.

Nomor identitas yang dicantumkan pada waktu pemesanan tiket kereta api untuk anak-anak adalah Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang ada di kartu keluarga (KK) atau juga yang terdapat di Kartu Identitas Anak (KIA).

Apabila di dalam perjalanan ditemukan penumpang yang berusia 3-10 tahun yang tidak memiliki tiket dan bepergian dengan penumpang dewasa, maka dikenakan denda sebesar 100% dari tarif dewasa. Jadi, jangan lupa buat beliin tiket untuk si kecil, biar nggak kena denda saat di atas Kereta Api.

Kawan-kawan dapat melakukan pemesanan tiket kereta api melalui KAI Acces untuk Anak-Anak dengan usia mulai 3 tahun.

Itulah tadi ketentuan tarif kereta api untuk anak-anak terbaru update 2022. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Kawan-kawan semuanya.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url