Cara dan Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api Antarkota Melalui Aplikasi KAI Acces dan Stasiun


Jika karena ada urusan mendadak atau kepentingan lainnya, Kawan-kawan dapat melakukan pembatalan tiket kereta api antar kota secara online melalui aplikasi KAI Acces dan juga melalui loket stasiun yang ditunjuk.

Untuk pembatalan tiket kereta api antar kota ini, Kawan-kawan harus mengetahui syarat dan juga cara atau langkah-langkah membatalkan tiket kereta api baik secara online melalui aplikasi KAI Acces maupun di loket stasiun yang ditentukan oleh PT KAI, agar proses pembatalan atau refund tiket kereta api berjalan dengan lancar.

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Secara Online Melalui Aplikasi KAI Acces

Untuk pembelian tiket antar kota melalui KAI Acces, kawan-kawan dapat melakukan pembatalan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces. Jadi Kawan-kawan dapat melakukan pembatalan tiket kereta api dari rumah atau tempat kerja hanya dengan menggunakan handphone yang sudah terinstall aplikasi KAI Acces.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api Antar kota Melalu Aplikasi KAI Acces

Sebelum melakukan pembatalan tiket kereta api secara online di aplikasi KAI Acces, Kawan-kawan harus mengetahui persyaratannya agar proses pembatalan tiket kereta api di KAI Acces berjalan dengan lancar.

Berikut adalah syarat pembatalan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces:

  1. Pemohon pembatalan adalah penumpang yang bersangkutan atau salah satu penumpang yang data dirinya telah terdaftar pada aplikasi KAI Access serta menggunakan akun KAI Access pemohon. Jika lewat dari waktu tersebut maka pembatalan dilakukan di loket stasiun yang ditunjuk maksimal 30 menit sebelum keberangkatan.
  2. Pembatalan tiket melalui KAI Access dapat dilakukan selambat-lambatnya 3 jam sebelum keberangkatan Kereta Api.
  3. Kode booking yang dimiliki berstatus terbayar lunas serta belum dicetak sebagai boarding pass. 
  4. Untuk pembatalan tiket dikenakan potongan bea pembatalan sebesar 25% dari harga tiket dan di luar biaya pemesanan (jika ada).
  5. Pengembalian bea hanya melalui skema transfer bank atau e-Wallet. 
  6. Bilamana terdapat kesalahan input nama atau nomor rekening bank oleh pelanggan maka proses pembatalan akan ditolak secara sistem dan penumpang dapat melakukan pengambilan tunai  di loket stasiun yang ditentukan setelah mendapatkan pemberitahuan melalui SMS blast.
  7. Pembatalan secara online juga dapat dilakukan apabila pembelian sebelumnya melalui situs online selain aplikasi KAI Access dan kode booking dapat masuk ke menu My Trip dan nama yang terdapat di dalam tiket terdaftar sebagai user KAI Access.

Prosedur Pembatalan Tiket Kereta Api Antar kota Melalu Aplikasi KAI Acces

Setelah mengetahui syarat-syarat dalam melakukan pembatalan tiket kereta api secara online melalui aplikasi KAI Acces, Kawan-kawan dapat melakukan pembatalan tiket kereta api antar kota melalui aplikasi KAI Acces dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka dan login di aplikasi KAI Acces.
  2. Kemudian pilih menu 'Pembatalan' pada halaman utama aplikasi KAI Acces. 
  3. Pilih tiket kereta api yang ingin dibatalkan.
  4. Akan ditampilkan detail tiket, geser kebawah dan selanjutnya cari dan pilih 'Pembatalan'. 
  5. Pilih nama penumpang yang akan dibatalkan tiket kereta apinya. 
  6. Pilih Bank atau e-Wallet yang akan digunakan untuk pengembalian dana atau refund atas pembatalan tiket yang akan dilakukan.
  7. Masukkan nomor rekening bank atau nomor handphone yang terdaftar di e-Wallet yang dipilih dengan benar dan kemudian pilih 'Cek Akun'.
  8. Akan ditampilkan detail Bank/ e-wallet sebagai rekening penerima pengembalian dana atas pembatalan tiket kereta api di KAI Acces. Jika sudah benar maka pilih 'Lanjutkan'.
  9. Pada halaman Pembatalan periksa detail kontak dan juga baca dan centang Syarat & Ketentuan kemudian pilih 'Berikutnya' untuk proses pembatalan. 
  10. Pada halaman Konfirmasi Pembatalan periksa data-data yang ditampilkan dan jika sudah benar maka pilih 'Pembatalan Tiket'.
  11. Akan muncul notifikasi "Apakah anda ingin membatalkan tiket ini?", pilih 'Ya' jika ingin melanjutkan pembatalan tiket KA di KAI Acces. 
  12. Tunggu sebentar sampai muncul notifikasi bahwa "Anda telah sukses melakukan pembatalan".

Setelah berhasil melakukan pembatalan tiket kereta api melalui aplikasi KAI Acces, maka bea pembatalan tiket akan diberikan di hari ke-30 setelah permohonan pembatalan berhasil. 

Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Secara Melalui Loket Stasiun

Bagi Kawan-kawan yang tidak mempunyai aplikasi KAI Acces, bagaimana cara membatalkan tiket kereta api?

Kawan-kawan dapat melakukan pembatalan tiket kereta api melalui loket Stasiun yang telah ditunjuk oleh PT KAI. Karena tidak semua stasiun bisa melayani pembatalan tiket kereta api antar kota, maka Kawan-kawan harus mengetahui daftar stasiun yang bisa melayani pembatalan tiket kereta api antar kota.

Berikut adalah daftar stasiun yang melayani pembatalan tiket kereta api, yaitu:

  • Daop 1 Jakarta: Gambir, Pasar Senen, Jakarta Kota, Bogor Paledang dan Bekasi.
  • Daop 2 Bandung: Purwakarta, Bandung, Kiaracondong, Tasikmalaya dan Banjar.
  • Daop 3 Cirebon : Cirebon, Cirebon Prujakan, Jatibarang dan Brebes.
  • Daop 4 Semarang: Tegal, Pekalongan, Semarang Poncol, Semarang Tawang dan Cepu.
  • Daop 5 Purwokerto: Purwokerto, Kroya, Cilacap dan Kutoarjo.
  • Daop 6 Yogyakarta: Yogyakarta, Lempuyangan dan Solobalapan.
  • Daop 7 Madiun: Madiun, Kertosono, Kediri, Jombang dan Blitar.
  • Daop 8 Surabaya: Surabaya Gubeng, Surabaya Pasarturi, Sidoarjo, Malang, Mojokerto dan Bojonegoro.
  • Daop 9 Jember: Ketapang, Kalibaru, Jember, Probolinggo dan Pasuruan.
  • Divre I Sumatera Utara: Medan, Tebingtinggi, Siantar, Tanjungbalai, Kisaran dan Rantauprapat.
  • Divre II Sumatera Barat: Padang.
  • Divre III Palembang: Kertapati, Prabumulih dan Lubuklinggau.
  • Divre IV Tanjungkarang: Baturaja, Kotabumi dan Tanjungkarang.

Syarat Pembatalan Tiket Kereta Api Antar kota Melalu Loket Stasiun

Untuk pembatalan tiket kereta api melalui loket stasiun, juga tersedia persyaratan yang harus terpenuhi yaitu sebagai berikut:

  1. Dilakukan di loket stasiun online yang melayani pembatalan tiket.
  2. Proses pembatalan tiket kereta api harus sudah diproses oleh petugas loket, maksimal 30 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta api. Jika pembatalan tiket kereta api di loket stasiun dilakukan kurang dari 30 menit dari jadwal keberangkatan KA, maka tiket akan hangus dan tidak bisa dilakukan pengembalian dana.
  3. Akan dikenakan potongan bea pembatalan sebesar 25%.
  4. Melampirkan formulir pembatalan tiket yang telah diisi, boarding pass dan identitas penumpang.
  5. Jika pembatalan tiket dilakukan oleh orang lain yang tidak tercantum dalam tiket, wajib menyertakan surat kuasa bermaterai disertai identitas pemilik tiket dan penerima kuasa.
  6. Pengembalian dana dapat menggunakan transfer ke rekening bank/ e-Wallet dan juga tunai di stasiun online yang ditentukan.
  7. Bea pembatalan tiket akan diberikan di hari ke-30 setelah permohonan pembatalan tiket kereta api di loket stasiun.

Jika kawan-kawan sudah memenuhi persyaratan tersebut, dapat melakukan pembatalan tiket kereta api di loket stasiun yang melayani pembatalan tiket terdekat. Jangan lupa untuk membawa identitas asli dan juga fotokopi identitas penumpang. Jika Kawan-kawan mewakili untuk pembatalan tiket, harap siapkan surat kuasa bermaterai.

Di stasiun, kawan-kawan juga dapat melakukan cetak tiket kereta api melalui mesin check in mandiri.

Itulah tadi cara dalam melakukan pembatalan tiket kereta api baik melalui aplikasi KAI Acces ataupun melalui loket stasiun yang melayani pembatalan tiket. Semoga informasi tersebut bermanfaat buat Kawan-kawan semuanya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url